Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO, Terapkan, Yuk!



Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO, Terapin, Yuk!


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bertanggung jawab untuk mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan seluruh umat manusia. WHO didirikan pada tahun 1948 dan bermarkas di Jenewa, Swiss.

WHO memiliki misi untuk "mencapai kesehatan tertinggi yang dapat dicapai oleh semua orang, di mana pun mereka berada." WHO bekerja untuk mencapai misi ini dengan fokus pada empat bidang utama, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, dan kesehatan global.

Berfokus pada salah satu bidang yaitu kesehatan, menurut WHO, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga yang dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan, dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya.

Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Menurut WHO

Sebagai manusia, kita harus bisa menjaga diri dan lingkungan sekitar agar tetap bersih dan sehat. Lantas, bagaimana sih cara hidup bersih dan sehat yang benar? Berikut adalah beberapa contoh perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO:

1. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri

Memulai hidup bersih dari diri sendiri, seperti mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, minimal mandi dua kali sehari, menggosok gigi dua kali sehari, menggunakan toilet yang bersih, dan sebagainya.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Setelah melakukan kebersihan diri, perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO selanjutnya adalah, membiasakan pada kebersihan lingkungan kita. Seperti membuang sampah pada tempatnya agar tidak mencemari lingkungan, mencuci tangan sebelum makan, menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, dan sebagainya.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Kesehatan tidak hanya datang dari lingkungan yang bersih, tetapi juga melalui tubuh yang sehat. Oleh karenanya, kita juga harus menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Olahraga Secara Teratur

Mendatangkan tubuh yang sehat pula tidak cukup hanya dengan menjaga asupan yang bergizi, namun juga harus diimbangi dengan berolahraga secara teratur. Kamu bisa memulainya dari olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki atau bersepeda.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup ternyata juga termasuk perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO, seperti tidur selama 7-8 jam setiap malam, sehingga saat bangun bisa kembali segar.

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan memang dirasa sangat penting, karena dapat mencegah berbagai penyakit, seperti diare, malaria, demam berdarah, hingga penyakit jantung. PHBS juga dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat, sehingga hidup menjadi lebih bermakna.

Untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, perlu adanya kesadaran dan komitmen dari setiap individu, keluarga, dan masyarakat. Selain itu, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya juga perlu berperan aktif dalam mendukung termasuk senantiasa mensosialisasikan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Semoga bermanfaat!


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi,
Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator


Posting Komentar

11 Komentar

  1. waduh aku keseringan begadang nih.. mungkin sudah saatnya untuk membiasakan diri tidur 7 - 8 jam sehari biar gak keseringan ngantuk di pagi hari

    BalasHapus
  2. Perilaku hidup bersih dan sehat memang penting banget, selain untuk menjaga kesehatan, kebersihan merupakan sebagian dari iman ya

    BalasHapus
  3. Masih PR nih tentang olah raga secara teratur, padahal sadar banget penting biar tubuh kita sehat dengan olah raga ini. Harus remanage lagi nih waktu dan kesungguhan buat gerak tubuh

    BalasHapus
  4. Kalau lingkungan bersih, hidup pun nyaman dan jadi menular nih ke dalam rumah untuk perilaku hidup bersihnya diterapkan secara rutin ya

    BalasHapus
  5. Olahraga dan makan makanan bergizi ya memang tidak pernah ketinggalan saat memulai perilaku hidup bersih dan sehat

    BalasHapus
  6. Makasih, Kak infonya. Perilaku hidup bersih dan sehat menurut WHO ini memang harus banyak disosialisasikan agar masyarakat tahu, yang dimaksud bersih dan sehat itu seperti apa

    BalasHapus
  7. Sebenarnya gampang aja ya cara bikin hidup sehat..cuman kita aja yang kurang disiplin. Baik olahraga, makanan bergizi atau istirahat yang cukup. Serta jangan lupa hindari/minimalisir stres.

    BalasHapus
  8. Menjaga kebersihan, makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, istirahat yang cukup itu memang ngaruh banget. Cuma, masih banyak yang abai. Sekarang pandemi sudah berlalu, banyak yang menjaga keberyenggak seperti pas pandemi. huftt

    BalasHapus
  9. Kenapa yaa kalo aku justru istirahatnya malah berlebih huuhu sebel bangett, udah mengusahakan jg untuk olahraga rutin tp tetep aja gituu rasanya gampang banget capek dan burn out :(( keknya ada yg kurang sehat nih di aku

    BalasHapus
  10. olahraga sama tidur nih yang masih ngaco. tapi sekarang olahraga lumayan terbantu setelah member badminton hahaha. tinggal tidur aja nih yang mesti dibetulin

    BalasHapus
  11. Menjaga kesehatan harus dilakukan memang. Apalagi penyakit saat ini itu ada aja dan aneh aneh. Jadi semaksimal mungkin menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!