Masalah Sampah Plastik di Sekolah yang Harus Diketahui



Masalah Sampah Plastik di Sekolah


Sampah plastik adalah masalah yang semakin meningkat di seluruh dunia, termasuk di sekolah. Sampah plastik dapat berasal dari berbagai sumber, seperti kemasan makanan dan minuman, peralatan sekolah, dan produk kebersihan.

Sampah plastik di sekolah dapat berdampak negatif pada lingkungan, kesehatan, dan keselamatan siswa. Sampah plastik dapat terurai menjadi partikel-partikel kecil yang dapat mencemari tanah, air, dan udara.

Partikel-partikel ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan dan minuman, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker, gangguan hormon, dan masalah reproduksi. Sampah plastik juga dapat menjadi ancaman bagi keselamatan siswa. Sampah plastik dapat menyebabkan tersandung, terpeleset, dan bahkan cedera serius.

Berbagai Masalah Sampah Plastik di Sekolah

Permasalahan sampah memang tidak pernah ada habisnya, terlebih di area sekolah. Berikut adalah beberapa masalah sampah plastik di sekolah yang patut diketahui, yaitu:

1. Jumlah sampah plastik yang dihasilkan sangat besar

Sampah plastik merupakan jenis sampah yang paling banyak dihasilkan di sekolah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan kemasan plastik yang berlebihan, seperti kemasan makanan dan minuman, peralatan sekolah, dan produk kebersihan.

2. Sampah plastik sulit terurai

Sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai, yaitu ratusan hingga ribuan tahun. Selama waktu tersebut, sampah plastik dapat mencemari lingkungan dan membahayakan kesehatan.

3. Sampah plastik dapat menjadi tempat berkembang biak kuman

Sampah Plastik Tempat Berkembangbiak Kuman


Sampah plastik yang basah dan lembap dapat menjadi tempat berkembang biak kuman. Hal ini dapat menyebabkan penyebaran penyakit, seperti diare, kolera, dan tipus.

Upaya Mengurangi Masalah Sampah Plastik di Sekolah

Untuk mengatasi masalah sampah plastik di sekolah, diperlukan upaya dari berbagai pihak, termasuk sekolah, siswa, dan orang tua. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di sekolah:

- Memberikan edukasi kepada siswa tentang bahaya sampah plastik

Edukasi tentang bahaya sampah plastik dapat diberikan kepada siswa melalui berbagai kegiatan, seperti pembelajaran di kelas, penyuluhan, dan kampanye bijak menggunakan sampah plastik.

- Mendorong siswa untuk membawa wadah sendiri

Siswa dapat didorong untuk membawa wadah sendiri untuk makanan, minuman, dan peralatan sekolah. Hal ini dapat mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai.

- Menyediakan tempat sampah yang memadai

Tempat sampah yang memadai dapat membantu siswa membuang sampah plastik dengan tepat.

- Melakukan daur ulang sampah plastik

Sampah plastik umumnya dapat di daur ulang menjadi produk-produk baru, seperti tas, ember, dan pot bunga. Hal ini dapat mengurangi masalah sampah plastik di sekolah maupun di tempat umum.

Manfaat Mengurangi Sampah Plastik di Sekolah

Setelah mengetahui dan memahami masalah sampah plastik di sekolah serta upaya-upaya yang penting dilakukan, berikut adalah beberapa manfaat mengurangi sampah plastik di sekolah:

1. Menjaga lingkungan

Sampah plastik adalah masalah lingkungan yang serius. Sampah plastik dapat mencemari tanah, air, dan udara, dan dapat membahayakan satwa liar. Dengan mengurangi penggunaan plastik di sekolah, kita dapat membantu mengurangi polusi plastik dan melindungi lingkungan.

2. Menghemat sumber daya alam

Pembuatan plastik membutuhkan banyak sumber daya alam, seperti minyak bumi, air, dan energi. Dengan mengurangi penggunaan plastik, kita dapat menghemat sumber daya alam ini untuk generasi mendatang.


3. Meningkatkan kesadaran lingkungan

Kebersihan Area Sekolah


Mengurangi sampah plastik di sekolah adalah salah satu cara merawat lingkungan yang sangat bagus diajarkan kepada siswa. Siswa yang belajar tentang dampak sampah plastik akan lebih cenderung untuk mengambil tindakan mengurangi penggunaan plastik di masa depan.

4. Menciptakan budaya lingkungan

Ketika sekolah memiliki budaya lingkungan yang kuat, maka siswa, guru, dan staf lainnya akan lebih cenderung untuk bertindak secara ramah lingkungan. Ini dapat mengarah pada komunitas yang lebih berkelanjutan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan kesehatan dan keselamatan

Sampah plastik dapat menjadi bahaya bagi kesehatan dan keselamatan. Misalnya, beberapa hewan akan terjebak karena mengira sampah plastik adalah makanannya, sampah plastik juga dapat menjadi tempat berkembangbiak nyamuk, bahkan menjadi sarang hewan pengerat seperti tikus.

Dengan mengetahui masalah sampah plastik di sekolah, menerapkan upaya-upaya terbaik serta memahami manfaat yang didapat seperti tersebut di atas, sangat besar harapan masalah sampah plastik di area sekolah ini dapat dikurangi bahkan dihilangkan, supaya lingkungan sekolah dapat menjadi lebih bersih dan sehat. Semoga bermanfaat.


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator



Posting Komentar

19 Komentar

  1. masalah sampah plastik memang masih jadi momok tersendiri bahkan di level global loh, nah kmrn tuh aku lumayan tercerahkan pas dinas kanor, jadi ternyata ada sistem pengelolaan sampah yg dimanfaatin buat jd bahan bakar dan bahan dasar semen, termasuk di dlmnya sampah plastik

    BalasHapus
  2. Sampah plastik masih menjadi masalah serius dalam menjaga lingkungan. Makanya penting banget memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk anak-anak di sekolah. Sekarang sudah banyak minimarket yang stop memberikan kantong plastik kepada konsumen.

    BalasHapus
  3. Menyediakan tempat sampah yang memadai adalah langkah awal. Lalu edukasi soal sampah plastik dan gimana proses daur ulang dan produk apa saja yang bisa dihasilkan dari daur ulang tersebut menjadi langkah berikutnya. Kemungkinan bisa membantu banget sih mengurangi masalah sampah plastik.

    BalasHapus
  4. Bahaya sampah plastik ini gak hanya dalam jangka panjang terhadap bumi yang sulit terurai aja ya, tapi juga pengaruh terhadap kesehatan tubuh, apalagi di sekolah. Wuah kudu ditangani dengan tepat ini

    BalasHapus
  5. Sampah plastik emang jadi problem ya dan kalau gak ditertibkan bisa numpuk. Di sekolah juga wajib didisiplinkan jadi anak2 gak asal buang sampah plastik. Dan mereka dahbbiasa untuk bawa wadah sendiri.

    BalasHapus
  6. Masalah sampah plastik memang masalah yang besar. Apalagi di sekolah bungkus makanan dari plastik semua. Memang perlu upaya lebih masif terkait edukasi

    BalasHapus
  7. Masalah sampah plastik di Sekolah ini harus jadi perhatian bersama ya mbak
    Harus diatasi biar g mencemari lingkungan

    BalasHapus
  8. Mantap sekali berbagai cara untuk mewujudkan lingkungan bersih di sekitar ya. Memang harusnya dimulai dari rumah untuk kegiatannya agar anak terbiasa

    BalasHapus
  9. Lihat tong sampah di atas sangat mengerikan, ya. Memang benar untuk mengatasi masalah sampah plastik ini memang perlu edukasi dan sosialisasi tak hanya pada siswa saja, juga yang berjualan di kantin.

    BalasHapus
  10. Di sekolah daerah saya, sudah mulai memanfaatkan sampah plastik jadi hiasan atau karya ecobrik. Ini sosialisasinya lama banget. Dari jaman saya masih sekolah, baru bisa semangat di tahun-tahun ini.

    BalasHapus
  11. Penting bgt tuh kak menjaga kelestarian lingkungan sejak dini. Meski hny urusan plastik, sang anak harus diedukasi utk tdk membuang sampah seenaknya. Apalagi sampah plastik tuh susah utk terurai shg bikin masalah lingkungan.

    Hal2 kecil spt ini yg hrs digalakkan ke anak usia dini biar lingkungan kita ttp ledtari. Yg dimulai dr edukasi soal sampah plastik ini.

    BalasHapus
  12. Anak-anak di sekolah adalah salah satu target yang memang harus diberi edukasi tentang sampah plastik ini dengan harapan mereka kelak menjadi generasi penerus bangsa yang peka terhadap isu lingkungan lainnya

    BalasHapus
  13. Sampah plastik terutama di lingkungan sekolah itu lumayan sulit diatasi ya. Harus ada kesadaran penuh dari murid-muridnya untuk selalu membawa bekal dan mengurangi jajan agar mengurangi penggunaan plastik.

    BalasHapus
  14. iya nih masih banyak ya yang belum aware tentang dampak sampah plastik ini. apalagi kadang suka keselnya tuh yang buang sampah dari mobil langsung aja asal lempar gitu

    BalasHapus
  15. pengurangan dan penggolongan sampah plastik di sekolah harus diterapkan sebisa mungkin. karena hal ini akan menciptakan budaya dan habit yang baik sehingga bisa diterapkan siswa dimana pun nanti mereka berada.

    BalasHapus
  16. aku seneng sih sekolah sekarang lebih aware sama masalah sampah dan alhamdulillah di sekolah anakku juga punya program terkait hal ini salah satunya bawa misting dan botol minum dari rumah

    BalasHapus
  17. Kalo emang terbiasa buat buang sampah ditempatnya pasti bakal nggak enak kalo buang sampah sembarangan apalagi soal plastik

    BalasHapus
  18. Gak kebayang berapa sampah yang kita hasilkan setiap hari terutama sampah organik dan sampah plastik. Tapi aku optimis, karena kini semakin banyak masyarakat yang sadar akan masalah sampah, sehingga mengedukasi keluarga dengan baik. Hal-hal kecil seperti membawa tumbler dan kotak makan dari rumah serta mengajari anak-anak untuk pilah sampah, sudah sedemikian masif.

    Harapannya sampah bisa kita kelola dengan baik dan tidak meresahkan lingkungan.

    BalasHapus
  19. Bener kak, sampah plastik di sekolah itu paling banyak deh soalnya anak-anak jajan di pedagang kaki lima. Setuju banget kalau anak-anak juga diedukasi supaya bawa kotak buat jajan

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!