Saatnya Milenial Melek Finansial Bersama Bank Sampoerna



Sultan Dadakan Bali, Sampoerna Mobile Banking, Bank Sampoerna


Sebagai anak zaman now, kaum milenial dan Gen Z pada nyadar nggak sih kalau menurut survei Go Banking Rates, gaya hidup milenial tuh jauh lebih boros, karena, kebanyakan milenial doyan banget nongkrong dan minum kopi. Artinya, mereka cenderung konsumtif dalam mengelola keuangan.

Berdasarkan "kelakuan" tersebut, kemudian muncullah istilah FOMO (Fear Of Missing Out) dan YOLO (You Only Live Once). Kedua istilah ini diyakini sangat memengaruhi gaya hidup milenial hingga menyebabkan risiko finansial lebih besar kedepannya, seperti susah menabung dan berinvestasi. Hal ini justru jauh berbeda dengan generasi sebelumnya yang dinilai lebih konservatif dan idealis.

Selain FOMO dan YOLO, ada pula istilah latte factor, yaitu hal-hal kecil yang selalu atau rutin dibelanjakan, padahal sebenarnya tidak begitu penting. Bahkan, pengeluaran ini bisa lebih besar dibandingkan pengeluaran wajib bulanan. Keadaan ini pula sangat memengaruhi keseimbangan cash flow yang berdampak pada stabilitas finansial milenial dan Gen Z, sehingga sulit untuk menabung.

Para milenial dan Gen Z sesungguhnya bisa keluar dari zona latte factor dengan cara menyeimbangkan sekaligus menyiasati pengeluaran untuk gaya hidup dan menentukan tujuan pengeluaran itu sendiri. Dengan konsisten menerapkan hal tersebut, maka mereka akan bisa memikirkan masa depannya.

Saatnya Milenial Melek Finansial Bersama Bank Sampoerna

Sampoerna Mobile Saving

Terkait munculnya istilah-istilah yang memengaruhi pola hidup kaum milenial dan Gen Z, Bank Sampoerna ingin mengajak mereka agar menyadari sekaligus mampu mengelola keuangan secara lebih matang dan sejahtera (financial well-being).

Hah, Sampoerna punya bank? Iya, dong!

Bahkan, Bank Sampoerna menciptakan Sampoerna Mobile Banking (SMB) yang kini hadir sebagai layanan perbankan digital Bank Sampoerna yang akan membantu milenial dan Gen Z melek finansial sehingga mampu mencapai kedewasaan untuk mengelola keuangan melalui fitur Sampoerna Mobile Saving.

Layanan ini telah hadir sepenuhnya untuk menjadi solusi bagi nasabah yang ingin selalu beradaptasi pada perubahan digital sekaligus yang memiliki gaya hidup dinamis. Dengan hadirnya teknologi termasuk pada fitur Sampoerna Mobile Banking inilah, maka milenial dan Gen Z dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi sehari-hari, namun juga dapat mengelola keuangan dengan lebih matang dan sejahtera.

Sampoerna Mobile Banking juga hadir penuh secara online, termasuk pembukaan rekening, transfer antar bank, bebas biaya admin bulanan, transaksi pembelian dan pembayaran anti ribet, top-up e-wallet, transaksi belanja melalui QRIS, serta melakukan penarikan tunai gratis maksimal 30 kali per bulan di ATM mana saja, dan berkesempatan memenangkan undian berhadiah setiap bulan sepanjang tahun dan setiap tiga bulan sekali dengan total hadiah Rp3 Miliar.

Satu lagi yang nggak perlu dikhawatirkan adalah, sistem keamanan SMB yang terjamin dan diawasi OJK, sekaligus memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi, jadi #LEBIHYAKIN untuk segera mencapai tujuan finansial yang lebih baik.

Talk Show Sultan Dadakan Bali

Acara Sultan Dadakan telah lebih dulu diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Tangerang, Medan, Pekanbaru, Makassar dan Bali pada 28 Oktober 2023 lalu. Berlokasi di Amphitheater, Living World Bali, acara Sultan Dadakan Bali hadir untuk memberikan edukasi literasi keuangan kepada warga Denpasar, Bali dan sekitarnya, sekaligus pengundian pemenang kepada nasabah yang beruntung.

Saya dan beberapa Blogger Bali bersama teman-teman influencer dan awak media, juga merasa beruntung sekali bisa hadir di acara Sultan Dadakan Bali. Dipandu sukses oleh Gadis, talk show ini pun dihadiri oleh empat narasumber keren, yaitu, Ringo Nugraha Winata selaku Funding Business Division Head Bank Sahabat Sampoerna, Henky Suryaputra selaku Finance & Business Planning Director of PT. Bank Sahabat Sampoerna, Oktavia Laksmi Wardani selaku Lending & Fintech Product and Partnership Division Head of PT. Bank Sahabat Sampoerna, dan Ealsya S Prosa sebagai Lifestyle Content Creator.

I Gede Wisuda Pura selaku Branch Manager Bank Sampoerna KC Denpasar, Sultan Dadakan Bali
I Gede Wisuda Pura - Branch Manager Bank Sampoerna KC Denpasar

Sebelum ngobrol dengan keempat narasumber, I Gede Wisuda Pura selaku Branch Manager Bank Sampoerna KC Denpasar menyampaikan bahwa gelaran acara Sultan Dadakan Bali ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi SMB cabang Denpasar, sekaligus meningkatkan brand awareness produk-produknya. Selain itu, bli Wisuda juga meyakini, bahwa warga Bali dapat termotivasi untuk memanfaatkan beragam fitur SMB secara maksimal.

Bank Sampoerna area Bali sendiri berlokasi di Pertokoan Sudirman Agung, Jl. P.B. Sudirman, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Silakan langsung datang untuk informasi lebih lanjut ya.

Talk show sore seru di mulai dari bapak Ringo yang membahas soal perilaku kaum milenial dan Gen Z yang lebih konsumtif sehingga sangat sulit untuk save income. Padahal seharusnya, mereka bisa saving income minimal 30 persen atau sesuai dengan pengalaman pak Ringo dengan berinvestasi membeli rumah kecil-kecilan, sehingga di usia 28 tahun, beliau sudah memiliki beberapa rumah sebagai investasi sejak dini.

Beliau juga menyampaikan bahwa pendapatan yang diterima secara variable sebisa mungkin memiliki komitmen untuk disimpan. Artinya, variable income harus disimpan 100 persen.

Terkait pembahasan tersebut, bapak Henky pun melanjutkan, bahwa Bank Sampoerna hadir sebagai bentuk kepedulian kepada milenial dan Gen Z agar bisa lebih mengontrol perilaku boros sehingga sulit menabung. Selain itu, Bank Sampoerna juga turut berkontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan dan kesejahteraan keuangan yang merupakan elemen penting sebagai stabilitas ekonomi individu, nasional dan global.

Lebih dalam tentang Bank Sampoerna, yang ternyata memiliki bunga jauh lebih besar bahkan bisa mencapai 3 persen, serta bunga deposito hampir 6 persen. Satu lagi yang membanggakan adalah, Bank Sampoerna mendukung UMKM untuk bisa lebih memperluas jangkauan usaha yang dijalani.

Talk Show Sultan Dadakan Bali, Bank Sampoerna, Sampoerna Mobile Saving
Talk Show Sultan Dadakan Bali

Lanjut bersama mbak Oktavia yang menjelaskan bahwa SMB hadir dengan fitur-fitur yang menarik, sehingga membuat para nasabah lebih yakin untuk menabung dan menata masa depan lebih baik lagi. Dan yang terpenting bisa terhindar dari pengaruh FOMO, YOLO, dan latte factor.

Bukan cuma mudah untuk menabung dan bertransaksi, para nasabah juga akan mencapai kesejahteraan finansial dan tujuan keuangan masa depan, karena berkesempatan menjadi pemenang undian sepanjang tahun sebesar total Rp3 miliar.

Selanjutnya ada mbak Ealsya yang bisa dibilang memiliki pengalaman bergaul dengan orang-orang yang mengedepankan FOMO, YOLO, bahkan terjebak latte factor. Terlebih pada milenial dan Gen Z yang mudah terpengaruh sana sini, itulah kenapa goals mereka nggak pernah tercapai, karena kebanyakan nongkrong dan mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

Mbak Ealsya pun menambahkan, ada beberapa cara sebagai siasat untuk bisa menabung sekaligus keep up dengan lifestyle yakni berinvestasi dengan sesuatu yang jelas, seperti emas. Selain itu, segeralah mengubah circle serta mengubah kebiasaan menjadi cuan, misalnya menjadi seorang content creator.

Keseruan Acara Sultan Dadakan Bali

Selain talk show tentang edukasi literasi keuangan bersama narasumber yang kompeten di bidangnya, di sisi lain panggung terdapat pula berbagai macam booth dengan kegiatan yang bisa pengunjung ikuti, seperti 360 Photobooth, SMB Activation Booth, dan juga F&B Tenants.

Sultan Dadakan Bali

Setelah itu, hadir pula penampilan keren dari Bali Fire Dance yang membuat malam semakin memanas. Berlanjut ke acara Sultan Dadakan Bali yang makin menegangkan, karena waktunya pengundian 136 hadiah dengan total Rp300 juta dan doorprize dengan hadiah utama Rp10 juta, khusus untuk warga Bali yang saat itu juga sudah mendaftar sebagai nasabah SMB.

Pemenang Undian Rp10 Juta Sultan Dadakan Bali
Pemenang Doorprize Rp10 Juta Sultan Dadakan Bali dari Kabupaten Klungkung


Pemenang Undian Rp100 Juta Sultan Dadakan Bali
Pemenang Undian Grand Prize Rp100 Juta Sampoerna Mobile Saving

Pengundian dilakukan di atas panggung dan disaksikan oleh tiga orang saksi termasuk ada bapak polisi. Masing-masing hadiah pun diserahkan secara simbolis, kecuali untuk warga Bali yang telah hadir dan mendaftarkan diri sebagai nasabah Bank Sampoerna.

Sebagai penutup acara Sultan Dadakan Bali yang juga paling ditunggu-tunggu para anak senja yaitu penampilan guest star Fourtwnty dan makin bergoyang bersama Not-So-Koplo.

Liputan Blogger Sultan Dadakan Bali
Para Pengunjung Amphitheater Living World Denpasar Bali

Dengan hadirnya Bank Sampoerna bersama dengan Sampoerna Mobile Banking, kaum milenial dan Gen Z nggak perlu khawatir lagi untuk menyeimbangkan gaya hidup nongkrongnya sekaligus bisa konsisten menabung. Sebagai cara terbaik dalam mengelola keuangan di masa mendatang melalui Sampoerna Mobile Saving, dan siapkan dirimu untuk meraih hadiah di sepanjang tahun. Selamat menabuuung!



Posting Komentar

16 Komentar

  1. Oh, ka Rizky dom Bali kah?
    Aiih, seru banget bisa hadir ke acara Sultan Dadakan Bali.
    Anak gen Z beneran uda melek literasi keuangan banget siih.. Mereka tau gimana menghasilkan uang dan cara berinvestasi juga menabung yang tepat.

    BalasHapus
  2. Banyak hadiah undiannya. bikin nasabah bisa jadi sultan dadakan ya karena hadiahnya juga engga main2

    BalasHapus
  3. Wah udah di Bali ya, memang oke acara finansial seperti ini.
    Apapun istilahnya tentang gaya hidup, yang penting bisa nih kita mengelola lifestyle yang sehat...sehat tubuh, sehat kantong juga biar tabungan terus bertambah, bukan malah bikin nyerah

    BalasHapus
  4. Wah seru nih acaranya, konsepnya edutainment ya, selain bicara tentang edukasi finansial juga ada hiburannya, menyenangkan

    BalasHapus
  5. Semenjak digitalisasi, sekarang banyak sekali pilihan bank yang bisa anak muda gunakan, termasuk generasi Z. Dan tentu, melek finansial menjadi tujuannya supaya gak mudah menghamburkan uang

    BalasHapus
  6. Kapan lalu juga ada acara pembukaan booth Sampoerna Mobile Banking di Surabaya. Keren banget ya acara di Bali, bisa jadi Sultan Dadakan lo

    BalasHapus
  7. Wah seruu ternyata sekarang udah ada banknya juga Sampoerna aih keren sekali, pengen buka juga jadinyaa wkwkwk soalnya bberapa kali mbankingku eror, capek breeeh benerinnya. pgn pindah bank

    BalasHapus
  8. Acara Talk Shaw Sultan Dadakan di Bali ini bagus banget. Mengajak Gen-Z biar lebih hati-hati soal keuangan. Jangan jadi orang konsumtif. Kalau ada modal, penting banget emang buat inveat di property. Kecil gak.masalah.

    BalasHapus
  9. Bank Sampoerna keren banget bisa menggelar event keren seperti ini. Event yang mampu menarik antusiasme warga sekitar.

    BalasHapus
  10. Betul banget, saya termasuk generasi milenial yang tidak melek finansial. Meski bukan karena boros, tapi memang selain dari keluarga yang tidak mampu, orang tua juga tidak paham soal ini. Makanya sekarang secara mandiri mulai belajar melek finansial.

    BalasHapus
  11. Wah seneng bgt bnyk milenial hingga Gen Z yg udh melek finansial. Jd ga akan bnyk lg tuh yg tertipu investasi bodong atau manfaatin pinjol yg menekan konsumen.

    Smg dgn kehadiran Bank Sampoerna ini mkn menjadikan masyarakat lbh mengerti ttg literasi finansial, termasuk semangat utk berinvestasi demi masa depan yg lbh cerah nanti.

    BalasHapus
  12. mba ky, aku baru tahu loh ada Bank Sampoerna, hihihihi.kemana aja ya selama ini. aku jadi pengen tahu lebih detail deh benefitnya nabung di bank sampoerna

    BalasHapus
  13. mba ky, aku baru tahu loh ada Bank Sampoerna, hihihihi.kemana aja ya selama ini. aku jadi pengen tahu lebih detail deh benefitnya nabung di bank sampoerna

    BalasHapus
  14. baru tau aku kalo Sampoerna punya bank juga hehehe,, dan satu lagi bank yang sangat mendukung Gen Z untuk mengelola keuangan lebih lagi

    BalasHapus
  15. waah asik banget itu.. kopdar iya, cari ilmu pun iya juga :)) eh kita kapan ya meetup nya, haha xD

    BalasHapus
  16. Wah, seru banget
    Bisa jadi sultan dadakan berkat Bank Sampoerna ini ya mbak
    Mau dong jadi sultan dadakan

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!