Manfaat Bermain Origami dan Ragam Tips yang Bisa Diterapkan



Manfaat Bermain Origami dan Ragam Tips yang Bisa Diterapkan


Origami adalah seni melipat kertas asal Jepang yang telah ada selama berabad-abad. Seni ini telah berkembang menjadi berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit.

Origami dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk anak-anak maupun orang dewasa. Belakangan, saya dan anak begitu menyukai aktivitas ini, berkat menonton beberapa Channel YouTube khusus konten origami, seperti @123easypaper atau @hello_origami_

Manfaat Bermain Origami

Tidak hanya menyenangkan, ternyata ada banyak manfaat bermain origami yang harus kamu ketahui, nih, antara lain:

1. Meningkatkan Kreativitas

Origami adalah kegiatan yang mendorong kreativitas. Anak-anak dapat menggunakan imajinasinya untuk menciptakan berbagai bentuk dan gambar dengan kertas. Origami juga dapat membantu orang dewasa untuk melepaskan diri dari stres dan rutinitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Melipat origami membutuhkan keterampilan motorik halus yang baik. Kegiatan ini dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan tersebut, seperti koordinasi mata-tangan, konsentrasi, dan keseimbangan.

3. Meningkatkan Pemahaman Matematika

Origami dapat digunakan untuk mengajarkan konsep-konsep matematika dasar, seperti geometri, pecahan, dan proporsi. Misalnya, anak-anak dapat belajar tentang segitiga, persegi, dan lingkaran dengan membuat origami hewan atau benda.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Origami adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Kegiatan ini dapat membantu anak-anak untuk belajar bagaimana memusatkan perhatian pada satu hal.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika anak-anak berhasil membuat origami, mereka akan merasa bangga dengan hasil karyanya. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

6. Meningkatkan Keterampilan Memecahkan Masalah

Origami dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Ketika anak-anak mengalami kesulitan dalam membuat origami, mereka harus belajar bagaimana mengatasi masalah tersebut.

Origami merupakan kegiatan yang dapat dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, baik untuk perkembangan fisik maupun mental.

Ragam Tips Bermain Origami

Setelah tahu manfaatnya, berikut pula beberapa tips yang bisa diterapkan ketika bermain origami, yaitu:

1. Mulailah dengan Model yang Sederhana

Jangan mencoba untuk membuat model origami yang rumit jika kamu baru memulai. Mulailah dengan model yang sederhana dan tingkatkan kesulitannya seiring dengan bertambahnya keterampilan.

2. Gunakan Kertas yang Berkualitas

Gunakan kertas yang berkualitas untuk membuat origami yang lebih tahan lama dan mudah dilipat.

3. Berlatihlah Secara Teratur

Semakin sering kamu berlatih, maka semakin baik  pula kamu membuat origami.

4. Temukan Komunitas Origami

Jika kamu sangat tertarik dengan dunia origami, kamu juga bisa bergabung bersama komunitas origami sebagai wadah untuk belajar dari orang lain sekaligus berbagi hasil karya kamu.

Itulah tadi manfaat bermain origami dan tips-tips pentingnya. Selamat bermain dan membentuk berbagai macam benda dengan warna-warna yang menarik.



Posting Komentar

16 Komentar

  1. Seneng banget akutuh kalau bikin bentuk-bentuk apapun dengan kertas. Dulu pernah juga bikin bangau kertas kayak di Jepang2 itu kak. Sekarang malah blas dahblupa step2nya

    BalasHapus
  2. mba ky, spill dong bikin video slow motionnya gimana, kok kiyut banget sih! hihihi. btw anak-anak tuh suka banget main origami, aku sih yang paling suka terus di bikin hiasan gantung

    BalasHapus
  3. mba ky, spill dong bikin video slow motionnya gimana, kok kiyut banget sih! hihihi. btw anak-anak tuh suka banget main origami, aku sih yang paling suka terus di bikin hiasan gantung

    BalasHapus
  4. Sebenarnya, sejak saya di TK sudah diajarkan origami, Mbak. hanya dulu namanya tidak dijelaskan. Hanay dibilang pelajaran melipat hahaha. Dan sampai sekarang, saya masih ingat beberapa. seperti bentuk palang merah, boneka kertas, kamera. Dan sekarang memang semakin beragam modelnya.

    BalasHapus
  5. Beneeer banget kak. Belajar origami bagus buat anak2 karena bisa melatih motorik halus.
    Juga melatih kesabaran mereka.

    Kalau saya belum bisa nih bikin origami yang presisi sekaligus rapi dan artistik. Kudu sabarr banget emang ya.

    BalasHapus
  6. aku dulu juga seneng main origami.. sekarang mau ngajarin anak2 tapi kemampuan ku kok terbatas hehehe jadi kayaknya kudu liat youtube sebagai referensi aja

    BalasHapus
  7. ah anak keduaku nih yang lagi suka main origami. dia suka buka channel youtube dan mencoba sendiri. kadang ya cuma mengingat2 cara membuat apa yang pernah ia buat sebelumnya di sekolah.

    BalasHapus
  8. Ternyata membuat origami yang terlihat simpel malah memberikan banyak manfaat ya. Pengen deh ajarin ke anak juga.

    BalasHapus
  9. hahaha ini kayak anakku banget sih suka bangeeet main origami. Sampe tiap bulan pas kita belanja ke toko buku gitu dia minta beliin kertas origami yg macem2, ada yg motif batik, motif pattern macem2 dari berbagai negara, ikut mainn sih tapi ngga seexcited dia kwkkw

    BalasHapus
  10. Waktu SMU temen daku ada yang jago bikin origami.
    Gak nyangka, sebagus itu manfaat membuat origami terkait otak juga ya.

    BalasHapus
  11. Dulu waktu belajar bikin bangau dari origami terasa banget kayak healing gitu. Sekaligus melatih kesabaran

    BalasHapus
  12. Aku dulu suka bgt kalo ada pelajaran bermain kertas kayak gt. Pas dewasa baru tahu kalo seni melipat kertas disebut origami. Bahkan sampe ikut kursus bahasa Jepang krn penasaran dgn budaya mereka.

    Anehnya si kecilku malah ga suka bgt kl ada pelajaran origami kyk gini. Aku tuh males tangan kotor pah. Males bgt kl hrs ngrlipat2 kertas kyk gt. Duh njh anak susah bgt diajak bermajn seni. Haha. Tp kl disuruh main hp, juaranya dah. Tepok jidat dah aku tuh.

    BalasHapus
  13. Menyenangkan banget ya kalau bisa mainan kertas origami. Bisa mengubah kertas jadi banyak benda. Paksu nih yang jago. Saya bagian menikmati hasilnya aja. Wkwkwk

    BalasHapus
  14. Wah baru tahu aku, main origami banyak manfaatnya ya
    Uda begitu ada komunitasnya juga ya

    BalasHapus
  15. Saya dulu ga suka main origami tapi setelah dulu mencicip ngajar jadi guru TK dan kebetulan saudara guru PAUD jadi mulai menyukai origami dan ternyata seru juga

    BalasHapus
  16. Ternyata bermain origami juga punya banyak manfaat ya. Jadi tertarik mau bermain origami juga sama anak2. Eh tapi kudu belajar duluan nih. Thanks tipsnya ya dan boleh juga dong beli kertas origaminya dimana ya? Di toko orens ada nggak?

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!