Tips Memilih Cloud VPS Terbaik



Tips Memilih Cloud VPS Terbaik


Cloud VPS merupakan layanan private server dengan server khusus yang hanya digunakan oleh satu user tanpa harus berbagi dengan user lain. Setiap server pula tetap dapat di-boot ulang.

Umumnya melalui layanan ini, user dapat melakukan aktivitas selama 24 jam penuh, kapan saja dan di mana saja. Sebab, penggunaan akses root yang utama ada pada cloud VPS yang memungkinkan user menggunakannya pada sumber daya serta dapat diskalakan dan sudah tervirtualisasi.

Keunggulan Menggunakan Cloud VPS

Berikut beberapa keunggulan yang harus kamu ketahui saat menggunakan cloud VPS, antara lain:

- Skalabilitasnya jauh lebih mudah, CPU dan RAM dapat disesuaikan, sehingga lebih menekan pengeluaran.

- Sumber daya yang dimiliki hanya untuk satu user, dan tidak terbagi kepada yang lain.

- Dapat diakses kapan pun dan di mana pun serta tidak begitu berisiko dikarenakan virus atau pun malware

- Keamanan terjamin sebab data yang tersimpan pada cloud menggunakan fitur keamanan Single Sign-On maupun Two-Factor Authentication.

- Harga lebih terjangkau daripada layanan lainnya dengan sistem pay-per-use dan user dapat memilih sember daya sesuau kebutuhan.

Tips Memilih Cloud VPS Terbaik

Tips Memilih Cloud VPS Terbaik


Setelah mengetahui keunggulan cloud VPS, selanjutnya adalah mengetahui tips memilih cloud VPS terbaik, yaitu:

1. Menentukan Tujuan

Sebelum mantap memilih cloud VPS, terlebih dahulu kamu harus menentukan tujuan penggunaannya. Misalnya, menyimpan data, menjalankan website bisnis, dan sebagainya.

2. Mencari Informasi Lengkap

Tujuan sudah ditetapkan, selanjutnya kamu harus mencari informasi lengkap tentang layanan cloud VPS terbaik. Kamu bisa mencarinya melalui internet atau sosial media.

3. Perhatikan Sistem Operasinya

Sistem operasi menjadi faktor penting yang harus diketahui. Karena, terdapat beberapa provider yang menyediakan satu OS saja, seperti Linux atau Windows.

4. Perhatikan Kapasitas CPU dan RAM

Poin ini dirasa cukup penting, supaya semua data pada situs web tersimpan dengan baik. Biasanya, kapasitas RAM 4GB sudah sangat sesuai untuk menjalankan beberapa situs sekaligus.

5. Kapasitas Bandwidth

Selain kapasitas CPU dan RAM, kapasitas bandwidth akan sangat berpengaruh pada kecepatan akses VPS. Batas penggunaan bandwidth sendiri biasanya ditentukan oleh penyedia layanan yang diatur setuap bulannya. Apabila telah mencapai limit, maka kecepatannya akan melambat.

6. Penyimpanan

Dalam cloud VPS terdapat penyimpanan SSD, sehingga menghasilkan kecepatan yang lebih optimal. 

7. Konfigurasi yang Tersedia

Dalam cloud VPS, terdapat dua jenis konfigurasi yang tersedia, yakni:

~ Managed, di mana segala bentuk konfigurasi, instalasi dan maintenance akan ditangani penyedia layanan, sehingga user tidak perlu repot mengaturnya.

~ Unmanaged, di mana maintenance dan instalasinya dilakukan oleh user. Nantinya, penyedia layanan akan memberikan akses masuknya saja.

8. Tim Support 24 Jam

Tak dipungkiri, cloud VPS juga terkadang bermasalah. Solusinya adalah dengan berkonsultasi langsung dengan tim support penyedia layanan yang buka selama 24 jam.

9. Lokasi Data Center

Data Center merupakan sebuah ruangan tempat menyimpan semua data yang dikumpulkan. Lokasi data center sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan VPS.

Misalnya, kamu berada di wilayah Indonesia, maka carilah lokasi VPS Indonesia pula, supaya kecepatan dan kinerja layanan makin prima.

10. Jaminan Uptime

Pada fitur ini, akan diketahui seberapa bisa diandalkannya sebuah layanan VPS. Misalnya, jaminan tidak akan down 99,99% saat VPS berjalan.

Makin tinggi uptime yang diberikan, maka user akan mendapatkan layanan VPS dengan lebih baik.

11. Biaya Sewa dapat Disesuaikan

Saat hendak menggunakan cloud server, faktor utama yang banyak dipertimbangkan ialah biaya sewanya. Jadi, pastikan saja bahwa sumber daya yang dipilih sudah sesuai dengan performa VPS yang akan berjalan.

Itu lah tadi penjelasan cloud VPS, keunggulan hingga tips memilih cloud VPS terbaik. Pastikan memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu ya. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar