Tips Berbenah Keuangan Pasca Lebaran, Terapkan, Yuk!



Tips Berbenah Keuangan Pasca Lebaran


Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Segala persiapan pun pasti sudah direncanakan dengan matang, mulai dari mudik, membuat kue, membeli baju baru, dan sebagainya, seakan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, dibalik persiapan tersebut, sudah terbayang pula ‘habis-habisan’nya saat menikmati momen Lebaran. Misalnya, menggelar jamuan makan untuk yang dikenal dengan istilah open house atau halal bilhalal, membagikan THR dan amplop, membeli baju baru, mengajak sanak saudara jalan-jalan, dan sebagainya.

Sebenarnya, tak masalah jika ingin menciptakan momen lebaran sesuai tradisi. Akan tetapi, jangan sampai terlalu terlena dengan euforia yang terjadi.

Sebelum terlambat, yuk mulai memikirkan caranya berbenah keuangan pasca Lebaran.

Tips Berbenah Keuangan Pasca Lebaran

Ada beberapa kesalahan yang kerap kali terjadi saat momen sebelum, saat, dan setelah lebaran usai, antara lain:

- Tidak menyusun perencanaan keuangan

- Melupakan mana kebutuhan dan keinginan

- Menggunakan dana darurat untuk kebutuhan ekstra saat Lebaran.

- Lupa menyisihkan THR untuk investasi dan asuransi.

Kalau sudah begitu, sesal kemudian tiada berguna. Makanya, sebelum kantong bolong apalagi amit-amit sampai harus terlilit utang, baiknya kamucatat dan ikuti beberapa tips berbenah keuangan pasca lebaran berikut ini:

1. Efisiensi Pengeluaran

Lakukan efisiensi pengeluaran belanja sebulan ke depan. Hitung kembali sisa uang yang tersisa, lalu bandingkan dengan waktu hingga gajian berikutnya. Pastikan kamu bisa memenuhi kebutuhan dengan uang yang dimiliki.

2. Mengurangi Kegiatan Konsumtif

Kurangi pengeluaran konsumtif seperti makan di luar, nonton bioskop, dan kegiatan lain yang sifatnya tidak wajib atau hanya untuk kesenangan semata. Semua bisa ditunda kok, supaya kondisi keuangan kamu bisa pulih pasca lebaran.

3. Hindari Menambah Utang

Selama kamu masih bisa memenuhi kebutuhan dengan uang tunai, hindari membayar dengan kartu kredit atau menambah utang baru. Hal ini sama saja dengan menambah beban keuanganmu pasca lebaran.

Ini saatnya kamu mulai menerapkan gaya hidup hemat, supaya hidup lebih tenang dan terbebas dari utang.

4. Alokasi Proteksi dan Investasi

Lupa menyisihkan sebagian THR untuk proteksi dan asuransi? Kamu bisa melakukannya segera setelah gajian berikutnya. Jika memungkinkan, lakukan top up asuransi atau investasi yang telah dimiliki. Dengan demikian kamj sudah mempersiapkan masa depan dengan manfaat yang optimal.

Ada banyak cara lain yang menyenangkan untuk menikmati momen kebersamaan drngan keluarga saat lebaran. Yang terpenting, kamu bukan harus bisa menempatkan diri di tengah keluarga nesar, akan tetapi juga dapat menyingkirkan gengsi guna bisa berbenah keuangan pasca lebaran. Semoga bermanfaat ya!



Posting Komentar

0 Komentar