Cara Mengajarkan Anak Berhitung Cepat, Mudah dan Menyenangkan



Cara Mengajarkan Anak Berhitung yang Mudah dan Menyenangkan


Mengajarkan anak berhitung memang tidak mudah. Terlebih dahulu orang tua harus mengajarkan angka saat anak memasuki usia minimal 1 tahun. Setelahnya, barulah anak bisa diajarkan berbagai simbol perhitungan dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Melansir dari situs Penn State Extension, anak-anak akan mempelajari angka saat mereka benar-benar siap dari segi perkembangan. Tidak bisa dipaksakan, akan tetapi orang tua harus tetap menstimulasinya, setidaknya sebelum ia memasuki usia sekolah.

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Melansir dari situs National Council of Teacher of Matematics, mengajarkan anak berhitung adalah standar utama dalam pengenalan matematika kepada anak, minimal diusia dua tahun. Selain itu, anak akan mudah belajar apa pun ketika ia sudah mampu berbicara.

Pentingnya mengetahui cara mengajarkan anak berhitung, karena perhitungan merupakan ide konseptual utama dari segala konsep bilangan yang lain. Anak-anak akan mempelajari apa pun dengan cara menghafalkannya, termasuk berhitung.

Berikut beberapa cara mudah mengajarkan anak berhitung dengan cara yang menyenangkan, yaitu:

1. Berhitung Menggunakan Jari

Berhitung dengan Jari

Cara berhitung paling sederhana dan sangat dasar adalah dengan menggunakan jari. Metode ini dirasa cukup membantu untuk mengajarkan anak berhitung khususnya pada usia dini.

Hal ini pun telah dibuktikan melalui sebuah studi oleh Lang Chen dan Jo Boaler, seorang  Profesor Matematika, di mana mereka mengungkapkan bahwa jari merupakan alat bantu visual yang efektif dan alami untuk belajar matematika.

Melalui stimulasi multisensori, ketika menggunakan jari untuk berhitung, maka anak akan mendapatkan banyak manfaat karena menggunakan gaya belajar visual dan kinestetik.

Selain itu, manfaat lain yang akan dirasakan anak saat berhitung menggunakan jari adalah somatosensori pada area otak akan aktif ketika anak merespon dengan menggerakkan jari-jemarinya. Somatosensori akan semakin aktif ketika anak melihat soal-soal matematika yang semakin sulit.

Cara ini memang merupakan dasar orang tua dalam mengajarkan anak berhitung. Akan tetapi, jangan terlalu memaksa anak, lakukan langkah ini dengan perlahan sembari memberi contoh kepada anak agar ia bisa menirunya.

2. Berhitung dengan Membaca Buku

Behitung dengan Membaca Buku


Mengenalkan anak pada buku baca bergambar diusia dini sangat penting sebagai stimulasi pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Membangun minat baca anak memang harus di mulai sejak dini, supaya pengetahuannya pun semakin meningkat.

Selain itu, membaca buku juga mampu meningkatkan bonding orang tua dengan anak, lho. Sehingga terjalin kedekatan yang kuat dan sehat. Anak juga akan lebih cepat berbicara dan mengetahui banyak kosa kata dari buku yang dibaca.

Nah, buku ternyata juga bisa menjadi sarana untuk mengajarkan anak berhitung. Orang tua dapat mengajak anak menghitung benda-benda yang ada pada buku baca bergambarnya. Misalnya, menghitung jumlah bunga, pohon, hewan, dan sebagainya.

3. Berhitung Menggunakan Warna

Berhitung dengan Warna

Cara mengajarkan anak berhitung selanjutnya adalah dengan menggunakan warna. Diusia dini, pengenalan warna kepada anak termasuk pengetahuan dasar yang harus diajarkan.

Orang tua bisa memanfaatkan warna-warna di sekitar untuk kemudian dihitung bersama anak. Atau, coba dengan cara menggambar angka dan ajak anak untuk mewarnai angka tersebut.

Bisa juga dengan meminta anak untuk menggambar sesuatu dengan jumlah tertentu. Dengan mencoba berbagai cara tersebut, maka anak tidak cepat bosan dan lebih mudah belajar.

4. Berhitung Sambil Bernyanyi

Cara Mengajarkan Anak Berhitung yang Mudah dan Menyenangkan,

Siapa pun pasti senang bernyanyi, tak terkecuali anak-anak. Kamu nggak perlu punya suara bagus untuk bernyanyi, yang penting bisa bernyanyi.

Orang tua juga bisa mengkolaborasikan cara berhitung dengan jari atau dengan warna sambil bernyanyi dan melakukan sedikit gerakan agar lebih menarik. Menggunakan lagu-lagu anak Indonesia juga lebih bagus dengan mengganti liriknya agar lebih sesuai.

5. Berhitung dengan Bermain Games

Berhitung dengan Bermain Games

Cara berhitung satu ini juga tak kalah menarik dan sangat mudah untuk diikuti anak-anak, yakni dengan bermain game. Di era digital ini, sudah banyak sekali pilihan game online maupun offline.

Kamu bisa melakukan pencarian di Google atau melalui aplikasi permainan edukasi untuk anak. Terdapat banyak jenis permainan, mulai dari yang paling dasar yaitu menyusun angka seperti Sudoku.

Atau, kamu bisa memlih jenis game yang lebih menantang anak untuk bisa berhitung lebih cepat, langsung saja kunjungi situs mortgagecalculator.org/money-games/. Biasa disebut money games, situs keren ini menyediakan berbagai jenis games tentang keuangan untuk anak, lho. Salah satunya adalah Supermarket Numbers.

Cara bermain Supermarket Numbers:

1. Mulailah dengan masuk ke situs mortgagecalculator.org/money-games/

2. Pilih kategori di bagian atas dan klik 'Money Games'

Cara Mengajarkan Anak Berhitung Cepat, Mudah dan Menyenangkan

3. Scroll down hingga menemukan 'Supermarket Numbers', lalu klik

4. Setelah muncul tampilan home, langsung saja klik 'Play' untuk mulai bermain

5. Klik angka dalam kotak, dan sesuaikan dengan hasil yang ada di bawah kata 'Goal'

Cara Mengajarkan Anak Berhitung Cepat, Mudah dan Menyenangkan

6. Angka yang kamu klik akan muncul di bawah kata 'Count' dan otomatis akan hilang ketika kamu berhasil menjumlahnya

7. Kamu memiliki waktu 02:07 menit untuk menghitung hingga troli mencapai batas akhir. Berusahalah untuk menghitung dengan cepat, karena akan semakin banyak angka yang turun secara acak. Dan jika berhasil menyelesaikan sebelum waktu habis, maka kamu akan mendapatkan 'Time Bonus'

Cara Mengajarkan Anak Berhitung Cepat, Mudah dan Menyenangkan


8. Selesaikanlah level 1 - 10, siap-siap menghitung cepat, karena semakin tinggi levelnya akan semakin tinggi pula tingkat kesulitannya

9. Selamat bermain dan semangat berhitung, anak-anak!

Nah, dari kelima cara berhitung di atas, cara mana nih yang sudah kamu coba atau yang paling menarik menurut kamu? Tetap konsisten mengajarkannya ya, karena dengan berhitung, anak akan memahami dengan cepat berbagai perhitungan keuangan nantinya. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

0 Komentar