Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Versi Android dan iOS



Aplikasi Laporan Keuangan


Aplikasi laporan keuangan saat ini memang sangat dibutuhkan, karena membantu memudahkan pekerjaan, bahkan dapat diaplikasikan secara otomatis dengan memanfaatkan fitur yang disediakan.

Penggunaan aplikasi laporan keuangan dipercaya mampu meminimalisir kesalahan dan dapat mengelola keuangan secara lebih maksimal. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan pencatatan laporan keuangan secara manual yang rentan terjadinya kecurangan.

Tidak sedikit juga perusahaan yang masih menggunakan sistem pencatatan manual dengan menggunakan kertas. Pencatatan secara manual rentan terhadap kesalahan yang dapat mengakibatkan pengelolaan keuangan yang tidak maksimal, lebih parahnya lagi potensi terjadinya kecurangan.

Perkembangan teknologi pada aplikasi keuangan sekarang ini bahkan tak hanya bisa dilakukan dilayar desktop, akan tetapi juga pada smartphone, baik Android maupun iOS.

Setiap aplikasi keuangan pun menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing. Aplikasi laporan keuangan ini dapat diartikan sebagai sebuah program komputer yang dapat memproses data transaksi dan kemudian menjadi laporan keuangan yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis sebagai output-nya.

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Android dan iOS

Berikut delapan rekomendasi aplikasi laporan keuangan yang tersedia dalam versi Android dan iOS yang bisa kamu gunakan untuk mengelola laporan keuangan pada segala bentuk bisnis, antara lain:

1. Mekari Jurnal

Aplikasi laporan keuangan pertama datang dari Indonesia, yaitu Mekari Jurnal. Jurnal menawarkan solusi dari berbagai isu yang biasanya terjadi pada bisnis, terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Beberapa fitur yang dimiliki Jurnal seperti pembuatan faktur, manajemen anggaran, manajemen stok barang, dasbor contoh laporan keuangan, cash link, dan sebagainya yang memungkinkan pemilik bisnis baru maupun seorang profesional untuk lebih mudah melakukan pengelolaan keuangan.

Fitur-fitur tersebut memiliki berbagai keuntungan yang beragam, misalnya seperti fitur “cash link” dimana kamu dapat melakukan proses rekonsiliasi bank lebih mudah karena mutasi rekening bank (feeds) kamu dapat ditarik secara otomatis ke Jurnal setiap harinya.

Pada fitur “laporan”, kamu dapat membuat berbagai jenis laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis secara otomatis dan tentu saja akan mengefektifkan waktu kerja kamu.

Selain itu, dengan adanya fitur “laporan” ini kamu dapat menyesuaikan bentuk dan dengan syarat yang ditentukan perusahaan atau bisnis kamu serta melakukan download atau mencetak laporan keuangan dengan lebih mudah.

2. Xero Accounting Software

Kamu dapat memantau faktur yang belum belum dibayar, saldo rekening bank, keuntungan dan kerugian, arus kas, rekonsiliasi bank dan tagihan dengan Xero Accounting Software hanya dari smartphone android kamu.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi laporan keuangan ini adalah adanya dashboard laporan bisnis yang memudahkan kamu memantau semua transaksi dan cash flow bisnis dimana saja dengan lebih mudah melalui smartphone.

3. QuickBooks

Aplikasi laporan keuangan di Android lainnya adalah QuickBooks dari Intuit Inc. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang baru memulai suatu bisnis dan belum banyak memahami tentang pengelolaan keuangan namun tentu saja dalam sebuah bisnis pengelolaan keuangan merupakan hal yang wajib.

Beberapa fitur pada QuickBooks memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola cash flow, membuat invoice, mengelola pembayaran dan penjualan secara otomatis. Oleh karena itu, laporan keuangan yang akurat bisa kamu dapatkan hanya dengan smartphone kamu saja.

4. Book Keeper

Selanjutnya adalah Book Keeper dari Just App Pvt, Ltd, aplikasi berbasis Android ini diperuntukan bagi bisnis kecil hingga menengah untuk memudahkan pengelolaan dan membuat laporan keuangan yang akurat dengan lebih mudah.

Financial reports merupakan salah satu fitur unggulan dari aplikasi Book Keeper ini, dengan fitur tersebut kamu dimungkinkan untuk melakukan analisis keuangan yang mendalam tentang bisnis kamu dengan laporan yang komprehensif.

5. FreshBook

FreshBook memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat membantu kamu dalam melakukan pengelolaan keuangan seperti fitur invoicing, expenses, time tracking, accounting, payment dan reports dapat membantu bisnis kamu baik itu bisnis besar maupun bisnis yang baru merintis.

Fitur mobile juga memungkinkan kamu untuk bekerja dimana saja dan kapan saja hanya dengan smartphone android yang kamu miliki, dengan kemudahan dalam melakukan pencatatan ini tentu akan berpengaruh terhadap laporan keuangan bisnis yang lebih akurat.

6. Sage Accounting

Berikutnya ada Sage Accounting yang juga menawarkan aplikasi pelaporan keuangan dengan tampilan dashboard yang sederhana. Software berbasis cloud ini menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan pembayaran bisnis, tagihan, dan penggajian.

Keunggulan dari aplikasi berbasis Android dan iOS app ini yaitu manajemen laporan keuangan yang lebih fleksibel dan sederhana. Kamu bisa dengan cepat mengelompokkan detail penting keuangan disertai dasbor dan visualisasi khusus yang tersedia memudahkan para stakeholder dalam melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan.

Sage Accounting juga memiliki fitur buku besar inovatif yang dapat meringkas transaksi, biaya operasional, dan anggaran. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengakses serta membuat laporan secara cepat tanpa harus melakukan input secara manual.

7. ZipBooks

ZipBooks adalah aplikasi akuntansi yang pertama kali ditemukan pada tahun 2015 dengan basis perusahaan di American Fork Utah. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi cloud  berbasis dan juga kompatibel dengan sistem operasi Windows, macOS, iOS, dan Android.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah memudahkan penggunanya dalam menyajikan catatan keuangan yang rapi untuk bisnis kamu. Selain itu, ZipBooks juga memiliki fitur seperti pelacakan transaksi sehingga proses evaluasi bisnis jadi lebih praktis.

Laporan keuangan yang disajikan pada aplikasi ini menyajikan ringkasan performa bisnis dan kondisi keuangan perusahaan secara akurat. Berbagai aspek laporan yang disediakan oleh ZipBooks, antara lain seperti overdue account receivables, balance sheet, income statement, tax invoice, dan sebagainya.

8. Odoo

Rekomendasi aplikasi laporan keuangan yang terakhir adalah Odoo. Aplikasi manajemen bisnis ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, termasuk, pengelolaan CRM, e-commerce, penagihan, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, hingga manajemen stok.

Kamu bisa membuat laporan lebih dinamis sesuai dengan referensi yang diinginkan. Jenis laporan keuangan yang di-generate seperti laporan pendapatan, arus kas, hingga neraca saldo. Dengan begitu, kamu bisa memantau performa bisnis hingga melakukan analisis keuangan dengan lebih efektif dan efisien.

Dari kedelapan aplikasi laporan keuangan di atas, diharapkan bisa membantu segala bentuk aktivitas pengelolaan keuangan bisnis kamu. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar