Strategi Optimasi Penjualan Via Digital, Check!




Strategi Optimasi Penjualan Via Digital

Ngomongin tentang digital marketing nih, pada tahu nggak sih apa itu digital marketing? Kira-kira apa saja ya fungsi digital marketing? Yuk, langsung saja kita bahas secara singkat tentang digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing atau pemasaran secara digital, bisa diartikan sebagai sebuah upaya pemasaran dalam bidang apapun dengan menggunakan internet. Berbagai strategi marketing dilakukan untuk menjangkau calon pelanggan yang menggunakan internet.

Digital marketing memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan yang menghabiskan waktunya di media online. Ada bermacam cara untuk calon pelanggan mendapatkan informasi atau promo dari usaha yang sedang dijalani, yaitu website, blog, media sosial, dsb.

Melalui iklan, brosur online, kamu bisa menawarkan produk yang dijual dengan memanfaatkan digital marketing. Biasanya, tidak butuh waktu lama untuk menarik perhatian calon pelanggan untuk mengunjungi media online yang sudah kamu buat.

Seorang digital marketers terbaik, dialah yang memiliki sebuah keunikan dalam menggambarkan setiap kampanye digital marketing yang mendukung segala jasa penawarannya, seperti periklanan, desain grafis, jasa pembuatan website, jasa SEO optimasi, serta jasa social media management.

Tingkatkan Awareness dengan Social Media Ads

Zaman sekarang, bisnis itu lebih mudah diakses cukup lewat media sosial. Karena, menurut data Statista, pengguna media sosial di Indonesia sendiri sudah mencapai lebih dari 2 milyar pengguna aktif perbulannya. Makanya, tak heran jika kebanyakan bisnis berkembang pesat karena promosinya melalui media sosial. Hal ini akan sangat mudah untuk menargetkan pasar.

Untuk meningkatkan bisnis secara nyata, tidak cukup dengan memiliki media sosial saja, tetapi tidak dimanfaatkan dengan maksimal untuk menjangkau calon pelanggan. Salah satu usaha yang harus dilakukan dan menerapkan konsep digital marketing adalah dengan menjaga intensitas postingan secara rutin dan terus menerus. Selain itu, memiliki kualitas konten yang menarik dan tidak sembarangan. Membuat desain yang menarik juga salah satu daya tarik yang penting untuk mencapai target pasar yang diinginkan.

Berikutnya adalah, turut meningkatkan engagement produk melalui social media ads. Cara ini dipercaya sangat ampuh untuk menarik calon pelanggan sesuai target pasar dan meningkatkan brand awareness bisnis yang dikelola. Sama halnya seperti memasang iklan di tv. Otomatis produk yang diiklankan nantinya akan muncul di media sosial sesuai dengan waktu yang dipilih.

Pengembangan Strategi yang Baik

Mengenalkan produk atau layanan secara lengkap, ini adalah sebuah langkah penting dalam membuat konten marketing. Hal ini bisa dikembangkan bukan hanya dari media sosial saja, namun juga perlu adanya website sebagai wajah detail dari sebuah bisnis. Mayoritas calon pelanggan akan lebih puas dan tertarik jika melihat ulasan, video lengkap produk, atau artikel lengkap tentang detail suatu produk. Cara ini tentu saja akan menambah nilai plus dari sebuah bisnis.

Tidak hanya membuat website, isi dari website itu sendiri juga harus berbobot. Seperti menulis artikel-artikel yang menarik sesuai dengan produk dan jasa yang ditawarkan. Hal ini akan membuat calon pelanggan merasa lebih yakin untuk membeli atau menggunakan jasa yang dikelola. Desain website juga harus menarik dan unik, agar calon pelanggan betah berlama-lama mengunjungi website bisnis kamu, karena kesan pertama sangatlah penting.

Manfaatkan SEO Website

Untuk memunculkan website bisnis atau website personal kamu di halaman satu google, tentunya diperlukan strategi SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi pada mesin pencari. Pengaruh untuk website kamu dikunjungi oleh pengguna internet akan lebih besar daripada muncul di halaman berikutnya. Memanfaatkan Google Adsword juga tidak ada salahnya, untuk lebih mempercepat atau mempertahankan posisi di halaman satu google.

Dari beberapa tips di atas, untuk membangun sistem dalam digital marketing tidak lah mudah. Sebenarnya, kamu bisa mengelolanya sendiri, asalkan mengerti dasar tentang digital marketing itu tadi. Kalaupun nggak mau ribet mengurusnya sendiri, ada beberapa jasa digital marketing yang bisa mengatasi keribetan untuk mengelola segala aktivitas digital marketing kamu.

Semoga bermanfaat. Silakan berbagi ke media sosial.


Gif: tenor.com



Posting Komentar

23 Komentar

  1. digital marketing saat ini lagi digalakkan dikantorku untuk support marketing. Sejak pandemi cara berpromosi memang sedikit berbeda dengan waktu ketika sebelum covid.
    sekarang ini banyak banget ya jasa digital marketing yang bener bener bisa membantu suatu bisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener-bener. Bahkan lowongan pekerjaan pun kebanyakan nyari talent yang ahli digital, mengikuti zaman memang, kalo nggak ada covid mungkin nggak gini ya mbak, hehe..

      Hapus
  2. saya sih sampai sekarang beloom paham masalah SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk, serahkan sama ebadi :D

      Hapus
  3. Banyak banget emang manfaatnya digital marketing, ngga cuma buat pengusaha yaaa. Buat personal branding juga oke banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps.. bener mbak Ji, setuju..! Harus bisa ngikutin perkembangan zaman yak, hehe..

      Hapus
  4. jadi ebadi ini bisa bantu UMKM yang mau jualan di sosmed gitu ya mbak? buat digital marketingnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes! Betul sekali mbak Ina. Yuk, yuk, langsung kepoin kontaknya :D

      Hapus
  5. Setuju banget mbak! Sekarang digital marketing ini penting banget termasuk untuk memberikan postingan yang menarik dan unik. Makasih banyak ya mbak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Anda, sama-sama melek digital, tapi harus punya keunikan masing-masing buat brandingnya :D

      Terima kasih kembali kak :D

      Hapus
  6. Ini membantu skali ya, biar hemat waktu ga perlu pusing mikirin algoritma digital dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Iya biar saja ebadi yang urus semua :D

      kok jadi ngiklan gini yak, haha..

      Hapus
  7. Yang punya bisnis dan butuh di crawl google di page and top one mesti nih kerja sama bareng ebadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyak, bisa bisa bisa, bisa di atur sama ebadi :D

      Hapus
  8. Dulu saya sempat berpikir, "apa aja sih yang dijual sama mereka yang punya bisnis digital marketing?" Setelah masuk ke dunia blogger, ouh baru paham seluk beluk layanannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa.. kurang lebih jasa satu sama jasa yang lain saling bertautan, jadi tetep nyambung gitu, intinya semua kerjasamalah :D

      Hapus
  9. Kalau lihat layanan yg disedian Ebadi, emang guna banget ya kak buat yg mau build website dengan cara bener dan terima jadi. Nggak repot, nggak ribet, langsung optimal tinggal jualan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneeerr.. Ini buat mereka yang pemula bahkan yang udah punya nama, cocoklah buat siapa aja juga :D

      Hapus
  10. Beneran nih kalo nggak kuat belajar seo serahin aja ke ahlinya yaaa. Daku belajar seo aja kmrn ngos2an banget, pengen angkat tangan dan serahin ke suami pun ga paham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. lambaikan tangan pada kamera jadinya ya mbak. Udah kayak lari keliling lapangan 5 puteran nggak ngos-ngosannya? hihi..

      Hapus
  11. memang penting banget sekarang buat setiap usaha mempunyai website sendiri. Cuma kalau buat manage sendiri memang pasti kerepotan, Mau pasang iklan di google Ads juga lumayan. Jadi lebih baik diserahkan ke yang memang mengerti ya. Apalagi layanannya juga ada termasuk diantaranya mengelola konten media sosial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh Ren, bener banget. Harus dimanfaakan sebaik-baiknya jasa-jasa seperti ini :D

      Hapus
  12. Lagi masih belajar tentang seo. Susah juga ya haha

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!