Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami, Mudah Dilakukan di Rumah!



Sinusitis

Sinusitis merupakan kondisi peradangan pada rongga hidung. Cara mengobati sinusitis sangat lah mudah, bahkan seringnya dapat pulih dengan sendirinya.

Sinusitis sering dipicu masalah alergi atau udara dingin. Cara mengobati sinusitis secara alami juga sering dilakukan. Namun, pada sinusitis kronis dapat menyerang selama berminggu-minggu, karena terjadinya infeksi pada rongga hidung.

Rongga kecil berudara terletak di belakang tulang pipi dan dahi bisa terasa sakit ketika sinus menyerang. Kondisi ini terjadi karena, tekanan pada rongga sinus. Selaput lendirnya akan membengkak dan menghambat sehingga menumpuk cairan untuk keluar.

Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

Umumnya, sinusitis dapat sembuh dengan sendirinya dalam 2–3 minggu. Kamu bisa meredakan gejalanya, dengan beberapa penanganan sinusitis secara alami yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

1. Konsumsi Jus Buah dan Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak asupan cairan dipercaya mampu mengencerkan lendir dan memudahkannya keluar dari rongga sinus yang membengkak.

Selain itu, kurangi mengonsumsi kafein dan alkohol, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Alkohol bahkan dapat memperbesar bengkak pada sinus.

2. Lakukan Irigasi Nasal

Irigasi nasal atau bilas hidung, dapat membersihkan sinus dari lendir dan kotoran yang mengiritasi sinus, sehingga mampu mengurangi pembengkakan.

Berikut cara membilas hidung untuk mengatasi sinusitis:

- Sediakan 1 L air hangat suam-suam kuku
- Larutkan 1 sdm garam bersama ½ sdt baking soda
- Simpan dalam botol atau wadah kedap udara dalam keadaan bersih
- Mulailah membersihkan hidung (bisa dalam kamar mandi atau wastafel) dengan memiringkan kepala dan memasukan larutan tersebut, tuang perlahan hingga cairan keluar melalui sisi lubang hidung satunya

Cara ini cukup dilakukan satu kali. Gejala sinus pun bisa hilang dengan sendirinya.

3. Menjaga Kelembapan Udara

Pada ruangan yang sering digunakan, seperti kamar tidur, pasanglah alat pelembap udara atau humidifier, agar udara dalam ruangan dapat terjaga kelembapannya dan mengurangi radang pada sinus.

4. Menghirup Uap Hangat atau Kompres

Untuk melakukan cara ini, kamu dapat mempersiapkan air hangat dalam mangkuk, dan hirup selagi hangat, atau dengan menggunakan handuk untuk mengompres seluruh wajah, namun tekan di area hidung. Lakukan cara mengobati sinusitis secara alami ini sebanyak 3x sehari.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selain dengan menghirup air hangat, kamu juga bisa memakan makanan hangat dan berkuah, seperti sup ayam. Protein yang terkandung dalam sup ayam, dapat membentuk antioksidan dan antiradang yang membantu meredakan gejala sinus dan flu.

Kamu juga bisa menambahkan bahan rempah antibakteri seperti bawang putih, bawang bombai, atau jahe.

6. Lancarkan Sirkulasi Udara

Udara yang pengap dapat memperburuk kondisi sinus. Maka dari itu, biasakan untuk membuka jendela di pagi hari atau berjemur di bawah matahari pada pukul 8-10 pagi.

7. Konsumsi Obat Tanpa Resep

Jika sinus menimbulkan rasa sakit, kamu dapat meminum paracetamol atau ibuprofen sebagai pereda rasa nyeri.

Sementara untuk mengurangi pembengkakan dan penumpukan lendir, kamu bisa meminum jenis obat dekongestan.

Demikian lah cara mengobati sinusitis secara alami yang mudah dilakukan di rumah. Jaga selalu kebersihan rumah dan menerapkan pola hidup sehat, dapat mencegah gejala sinusitis.

Jika sinusitis tak kunjung sembuh, segeralah periksakan diri ke dokter, supaya dapat ditangani lebih lanjut. Semoga bermanfaat!


Posting Komentar

0 Komentar