Arti BPA Free dan Pentingnya Bagi Kesehatan



Arti BPA free


Istilah BPA free memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Akan tetapi, masih saja ada yang belum mengetahui arti BPA free itu sendiri.

BPA free sangat dianjurkan dokter anak, bahwa label satu ini harus dimiliki setiap alat makan dan minum yang digunakan anak. Lantas, apa sih BPA free itu?

Arti BPA Free

BPA free merupakan sebuah label yang menandakan suatu produk bebas zat kimia yaitu bisphenol-A. Di mana zat tersebut banyak terkandung dalam produk berbahan plastik polikarbonat (biasanya pada botol susu bayi dan botol minum anak), resin epoksi, yang juga terkandung di makanan kaleng. 

Kesemua bahan tersebut akan membuat makanan lebih awet, serta tidak mudah bocor. Sebuah penelitian pun menyebutkan bahwa, BPA free mudah diserap oleh makanan dan minuman.

Masalah kesehatan dalam jangka pendek akan tampak apabila zat kimia tersebut masuk ke dalam tubuh. Maka, sangat akan sangat berbahaya pada janin, orang dewasa mau pun anak-anak.

Pentingnya Memilih Kemasan BPA Free?

Hormon endokrin, akan terganggu apabila BPA masuk ke dalam tubuh, di mana nantinya dengan cepat dapat merusak sistem kerja produksi, keseimbangan, transportasi, fungsi sekresi serta pembuangan hormon alami pada tubuh.

BPA memiliki cara kerja tersendiri yang mirip dengan zat estrogen, sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, antara lain:

1. Terganggunya Fungsi Reproduksi

Telah dilakukan banyak penelitian, bahwa beberapa orang yang abai dan sering menggunakan wadah tanpa terdapat label BPA free, maka akan berpengaruh pada kerusakan hormon endokrin, kelenjar pituitari dan hipotalamus.

Sementara dalam jangka panjang, kondisi yang demikian dapat menyebabkan gangguan ovulasi, pubertas hingga infertilitas. Terutama pada wanita, fungsi reproduksi yang terganggu akibat BPA yakni berupa keluarnya sel telur yang tidak sempurna.

Sedangkan pada pria, akan menyebabkan kelainan nafsu seks, disfungsi ereksi, impotensi hingga ejakulasi dini.

2. Terganggunya Otak pada Janin

BPA yang serupa dengan estrogen, membuat beralihnya DNA pada janin. Hal ini akan menyebabkan risiko kelainan otak pada bayi ketika lahir.

3. Penyakit Kardiovaskuler

Sedikitnya saja BPA yang terkonsumsi tubuh, dapat terserang kardiovaskuler, yakni penyakit jantung koroner, hipertensi, arteri periferal dan angina.

4. Obesitas dan Diabetes Tipe 2

Menyebabkan resitensi insulin, wadah tanpa BPA free juga menjadi pemicu diabetes tipe 2. Selain itu, beberapa penelitian pun mengklaim bahwa tanpa label ini meningkatkan obesitas.

5. Munculnya Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Penyakit kanker pun tak luput dari pemakaian wadah dan alat makan tanpa berlabel BPA free. Jenis kanker yang dimaksud yakni kanker rahim, kanker payudara dan kanker prostat.

Penelitian pun mengungkap, kemoterapi terhadap kanker akan terhambat ketika kerap menggunakan alat makan dan wadah berbahan BPA.

Rekomendasi Air Murni BPA Free

Tahukah kamu? Bahwa 70% tubuh manusia terdiri dari air, lho. Sedangkan bagian sel darah dan otak sekitar 80% airnya. Air memiliki peranan penting terhadap hidup manusia, sebagaimana oksigen.

Selain itu, air berfungsi sebagai penyebar nutrisi menuju seluruh tubuh, pelumas persendian, sebagai penstabil suhu tubuh, mampu membersihkan sisa-sisa zat kimia tak berguna.

Oleh karena tubuh kita mengeluarkan banyak cairan, bahkan bisa mencapai dua liter berupa urine dan keringat disetiap harinya, maka dari itu manusia dianjurkan untuk mengonsumsi air kurang lebih 8 gelas air perhari sebagai pengganti sekaligus penambah cairan dalam tubuh.

Sebagai air minum dalam kemasan, air murni Cleo yang berasal dari sumber air yang telah diproses secara hyper membrane filter 0.0001 mikron, dan melalui proses filter lainnya.

Dengan begitu, tidak akan ada kandungan mineral anorganik dan mikroorganisme yang sangat berbahaya pada tubuh. Sekitar 8 ppm oksigen yang terkandung dalam air murni Cleo. Takaran ini sangat cukup untuk menstabilkan dan menyeimbangkan sekaligus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, Sehingga, kualitas airnya sudah terjamin, karena bebas dari terkontaminasi zat BPA serta zat-zat kimia yang berbahaya lainnya.

Nah, sudah tahu kan arti BPA free dan kenapa kita perlu memastikan seluruh alat makan dan minum harus berlable BPA free? Semoga bermanfaat. Sampai jumpa..





Posting Komentar

2 Komentar

  1. sekarang aku sudah banyak memakai produk dengan label BPA Free agar lebih aman :D

    BalasHapus
  2. Banyak juga ya bahaya BPA ini.. apalagi kemungkinan efeknya baru terdeteksi dalam jangka panjang, jadi mesti hati-hati kalau mau beli peralatan masak atau makan yang terbuat dari plastik.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.