Konsep Taman TOGA Menarik Bikin Pekarangan Makin Cantik



Konsep Taman TOGA Menarik Bikin Pekarangan Makin Cantik


Memasuki masa new normal ini, rasanya banyak masyarakat yang mulai mengonsumsi obat herbal ya. Karena memang, khasiatnya cukup ampuh menangkal berbagai penyakit.

Namun, sering kali bahan-bahan obat herbal sulit didapat. Oleh sebab itu, yuk bikin taman TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Yah, semacam budidaya gitu, biar nggak ribet nyari obat kalau lagi sakit.

Tanaman obat ini biasanya terĸiri dari kunyit, kencur, jahe, daun sirih, temulawak, lidah buaya, dan masih banyak lagi jenis tanaman obat lainnya yang masing-masing memiliki fungsi untuk kesehatan.

Desain Taman TOGA Menarik Bikin Pekarangan Makin Cantik

Nah, dari pada di tanam seperti biasa dipekarangan rumah, mending lihat nih desain taman TOGA menarik yang bikin pekarangan makin cantik, antara lain

1. Taman TOGA Container Gardening

Taman TOGA Container Gardening
Taman TOGA Container Gardening (hgtv)

Konsep berikutnya adalah container gardening yang menanam dua atau lebih jenis tanaman dalam satu wadah. Menariknya lagi, selain menghenat ruang, konsep taman TOGA ini juga memerlukan pemahaman khusus terkait tanaman seperti apa yang dapat di jadikan satu dalam wadah, jadi nggak boleh sembarangan.

Sebagaimana jenis konsep sebelumnya, container gardening ini juga akan memberikan kesan rapi dan serasi pada tanaman, sehingga sedap dipandang.

2. Taman TOGA Trestles Walls

Taman TOGA Trestles Walls
Taman TOGA Tretles Walls (interiordesain.id)

Konsep taman TOGA kreatif lainnya ada Tretles Walls. Sesuai namanya, konsep ini memerlukan pot yang nantinya akan digantung membentuk susunan tangga kotak-kotak.

Kamu dapat membuat gantungannya dari besi atau kayu. Gunakan pot-pot ukuran kecil, supaya mudah digantung. Konsep ini bisa juga dipadukan dengan konsep continer gardening, agar lebih cantik.

3. Taman TOGA Recycle (Daur Ulang)

Taman TOGA Daur Ulang
Taman TOGA Daur Ulang (fisilisimo.com)

Next, ada konsep taman TOGA recycle, di mana konsep ini akan memanfaatkan berbagai material bekas yang disekitar. Seperti, velg mobil bekas, ban mobil bekas, botol bekas, tong bekas, dan lain-lain.

Material tersebut nantinya akan dijadikan wadah tanaman obat. Susunlah dengan rapi sesuai jenis tanaman dengan menggunakan papan kayu bekas.

4. Taman TOGA Vertikal

Taman TOGA Vertikal

Konsep taman TOGA berikut juga menghemat lahan dan tetap kreatif. Dengan menerapkan taman vertikal di area rumah. Manfaatkan dinding rumah terpapar sinar matahari secara langsung.

Selain itu, rumah akan terasa jauh lebih segar dan alami, karena terdapat TOGA. Kamu bisa mencoba menanam tanaman rambat seperti sirih.

5. Konsep Taman TOGA Bebatuan

Taman TOGA Bebatuan
Taman TOGA Bebatuan (pixabay)

Ciptakan taman TOGA di tengah bebatuan yang tampak seperti oasis di pekarangan ini bisa jadi ide yang sangat menarik, lho. Kreasikan dengan kolam ikan sederhana juga nggak ada salahnya.

Dengan menggunakan konsep ini, kamu bahkan nggak perlu melakukan banyak vegetasi, sehingga perawatan tanaman jadi lebih mudah.

6. Taman TOGA Garden House

Konsep Taman TOGA Garden House
Taman TOGA Garden House (pixabay)

Konsep taman TOGA lainnya adalah Garden House. Konsep taman ini bahkan bisa menampung  berbagai jenis tanaman obat. Garden House ini membutuhkan lahan yang cukup luas.

Buat kamu yang memiliki hal tersebut, pastinya nggak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Kamu bisa menyusun tanaman sesuai kelompoknya supaya terlihat rapi.

7. Taman TOGA Rooftop

Konsep Taman TOGA Rooftop
Taman TOGA Rooftop (pixabay)

Selanjutnya ada konsep taman rooftop. Konsep taman TOGA satu ini akan sangat bermanfaat buat kamu yang memiliki lahan terbatas. Bagian rooftop bisa disulap menjadi taman TOGA nan cantik, bukan sekadar buat jejemuran yah, hehe..

Konsep taman TOGA ini cocok diaplikasikan pada rumah beratap datar serta memerlukan media khusus agar dapat membentuk vegetasi baik di atas atap. Jadi, memiliki taman TOGA bukan lagi impian walau tanpa lahan.

Gimana, nih.. Udah penasaran kan pengen cobain salah satu dari  ke-7 konsep taman TOGA di atas? Saatnya tangan-tangan kreatif mulai bekerjaaa.. hehe.. Semoga bermanfaat yaa. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar