8 Cara Merawat Mobil Agar Tetap Awet



8 Cara Merawat Mobil Agar Tetap Awet



Cara merawat mobil yang sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari salah satunya dengan mengecek mesin secara berkala, supaya performanya semakin baik. Kira-kira, apa lagi ya?

Cara merawat mobil dengan baik adalah hal terpenting bagi para pengendara yang sering mengalami masalah pada mesin mobil, terutama yang saat mobil sering dipakai, maka harus memahami bagaimana cara merawat mobil.

Untuk menghindari berbagai kendala saat mobil dipakai, sebagai pengendara juga wajib mengetahui cara merawat mobil agar tetap prima, sehingga kendaraan bisa selalu siap dipakai kemana pun. Salah satu caranya adalah dengan melindungi mobil dengan asuransi kendaraan dari Simas Insurtech.

Selain berjaga-jaga dengan fasilitas yang ditawarkan oleh asuransi, kamu bisa juga merawat mobil di rumah. Caranya juga tidak sesulit yang kamu bayangkan. Berikut ini beberapa cara merawat mobil sendiri di rumah agar tetap awet. 

Cara Merawat Mobil di Rumah

Cara mudah merawat mobil agar mesin mobil tetap bagus dan prima adalah dengan melakukan beberapa rutinitas cek kendaraan berkala pada kondisi mobil. Aktivitas ini terbilang sangat mudah dan sederhana karena bisa dilakukan di rumah.

Namun walaupun terlihat cukup mudah, yang perlu diperhatikan adalah konsisten agar kondisi mobil bisa dipantau secara mandiri. Berikut ini adalah uraian tentang bagaimana cara merawat mobil dirumah. 

1. Mengecek Kondisi Ban

Pastikan untuk selalu mengecek kondisi ban hal ini adalah syarat utama saat ingin berkendara baik jarak dekat maupun jauh. 

Periksa apakah ada benda-benda tajam atau batu kerikil yang menancap pada ban, hal-hal yang tampak remeh seperti ini harus selalu dihindari karena jika saja lalai, kerikil kecil bisa menyebabkan tapak ban lama-lama mengikis.

Cek juga tekanan angin pada ban, pastikan jika tekanan anginnya sesuai rekomendasi setelan awal agar kendaraan bisa melaju dengan nyaman dan aman. Tekanan angin yang stabil dan pas setidaknya bisa membuat umur ban lebih awet.

2. Rajin Memanaskan Mobil

Cara merawat mobil yang terbilang paling mudah adalah dengan memperhatikan mesin mobil, salah satunya adalah dengan rajin memanaskan mobil, tentunya pada jenis mobil apapun. Yang perlu dipahami, rajin yang dimaksud bukan berarti harus memanaskan mobil setiap hari, namun setidaknya harus memanaskan mobil dalam rentang waktu tertentu.

Misalnya, pada saat mobil jarang dipakai setidaknya mobil harus dipanaskan sekitar tiga kali dalam seminggu, atau jika terlalu malas minimal sekali dalam seminggu, hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas mesin mobil tetap prima.

3. Mengecek Cairan Radiator

Selain rajin mengecek kondisi mobil dengan memanaskan mesin secara berkala, cara merawat mobil di rumah juga bisa dengan memperhatikan cairan radiatornya, mengingat bahwa kondisi cairan radiator adalah salah satu komponen paling penting pada mobil.

Pengecekan berkala ini berguna untuk mengontrol agar kondisinya tidak overheat, karena keadaan ini bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Pengecekan cairan radiator yang rutin juga bisa membuat kondisi mobil tetap stabil dalam mendinginkan mesin mobil.

4. Cuci Mobil Secara Berkala

Cara merawat mobil yang paling mudah dan sederhana adalah dengan menjaga kebersihannya. Pastikan untuk rutin mencuci mobil, perawatan ini memang tampak sepele namun kondisi mobil yang bersih bisa memperpanjang umur mesin mobil.

Apabila tidak sempat mencucinya secara rutin, mobil juga bisa dibersihkan secara berkala pada setiap jangka waktu tertentu, pastikan untuk membersihkan dashboard mobil dari debu dan kotoran. Selain itu, cek dan bersihkan juga bagian jok mobil dan karpet dengan lap dan vacum cleaner.

Cara Merawat Mobil dengan Service Berkala

Merawat kondisi mobil, khususnya untuk mesin yang bermasalah saat dipakai adalah dengan melakukan servis secara berkala, dengan kesadaran untuk melakukan servis secara rutin pada mobil akan diketahui apa saja permasalahan yang ada pada mobil sehingga sering macet-macetan.

Service mobil secara berkala ini sangat penting karena menyangkut pada keselamatan pengendara, misalnya ketika ada salah satu komponen mobil yang rusak atau perlu diganti, dari pengecekan inilah bisa diketahui kondisi kendaraan yang perlu perhatian ekstra.

Berikut adalah beberapa komponen mobil yang perlu diperhatikan saat melakukan servis secara rutin.

1. Mengganti ban dan mengecek tekanan angin

Bagian paling penting untuk kenyamanan berkendara menggunakan mobil adalah saat semua ban dalam kondisi prima. Dari hal tersebut, mengecek kondisi ban pada saat melakukan servis merupakan hal krusial yang perlu diutamakan.

Apabila kondisi karet pelapis peleknya sudah tidak baik, maka ban harus segera diganti. Kondisi tersebut nantinya bisa menyebabkan mobil mudah tergelincir karena mengalami keadaan “aquaplaning”. Kondisi ban juga mencakup standarisasi tekanan udara dan pengecekan pada ketebalannya.

2. Rutin mengganti oli mobil

Mengganti oli mungkin sudah menjadi aktivitas wajib bagi para pemilik mobil, hal ini sangat krusial untuk dilakukan secara berkala pada saat mobil memang dipakai untuk keperluan sehari-hari.

Periksa kecukupan oli mesin dan pastikan untuk menggantinya setiap mobil digunakan dalam jarak tempuh mencapai 10.000 km atau sekitar enam bulan masa penggunaan.

3. Memantau kondisi minyak rem

Saat melakukan servis mobil, jangan lupa untuk memantau kondisi minyak rem agar tetap berada pada batas maksimum. Pengecekan ini bertujuan untuk menjaga agar kondisi rem bisa bekerja secara optimal saat dipakai sehari-hari.

Apabila minyak rem berada pada batas minimum, pada saat melakukan servis berkala minyak rem bisa langsung ditambah sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga untuk memeriksa minyak rem dalam kondisi baik dan tidak bocor.

4. Lakukan pemeriksaan menyeluruh pada lampu dan kabel

Hal yang paling penting tetapi sering dilewatkan saat merawat mobil yang sering macet-macetan adalah memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh terutama pada bagian lampu dan kabel.

Pastikan bahwa kondisi lampu mobil semuanya menyala dengan baik, perhatikan juga lampu rem dalam kondisi normal dan tidak mati untuk menghindari mobil ditabrak dari belakang saat mengurangi laju kendaraan. 

Juga pastikan semua kabel-kabel yang menghubungkan mesin mobil tidak ada yang putus atau dalam kondisi terkelupas karena sangat membahayakan pengendara.

Pentingnya Punya Asuransi Mobil

Cara merawat mobil bisa dilakukan melalui hal sederhana dengan melakukan pengecekan pribadi secara teratur di rumah, atau dengan melakukan servis mobil secara berkala di bengkel terdekat. 

Namun, biaya untuk melakukan servis mobil tentunya sangat menguras kantong. Belum lagi, saat mobil mengalami permasalahan tidak terduga seperti kecelakaan atau hal-hal buruk lain misalnya terjadi pencurian. 

Untuk melindungi mobil dari segala permasalahan tersebut kamu perlu mencari Asuransi Mobil yang tepat dan aman. Pilih asuransi yang bisa menjamin resiko atas kerugian dan kerusakan seperti benturan, tabrakan, dan resiko kecelakaan lainnya. 

Itulah beberapa cara merawat mobil yang sering bermasalah agar tetap awet. Sebagai pengendara yang baik selain memperhatikan kondisi mobil dengan perawatan dan servis rutin, jangan lupa untuk melindungi finansial dengan jaminan asuransi.



Posting Komentar

0 Komentar