8 Tips Naik Pesawat bagi Pemula, Nomor 2 Sering Dilupakan

Pretty Black Cat

8 Tips Naik Pesawat bagi Pemula, Nomor 2 Sering Dilupakan



8 Tips Naik Pesawat bagi Pemula, Nomor 2 Sering Dilupakan, Traveloka

Pandemi COVID-19 membuat ruang mobilitas menjadi terbatas. Berbagai aktivitas termasuk perjalanan ke berbagai kota dan daerah tujuan menjadi terhambat. Apalagi menjelang tahun baru 2022, pasti banyak lokasi yang ingin disambangi sebagai rencana untuk berlibur.

Beberapa syarat perjalanan juga diberlakukan guna menekan angka penyebaran pandemi global yang satu ini. Termasuk di antaranya syarat penerbangan terbaru, informasi penting ini tentu saja harus diketahui terlebih dulu sebelum melakukan perjalanan.

Tapi, penting juga nih bagi kamu para pemula yang ingin melakukan perjalanan terutama dengan menggunakan pesawat, untuk mencatat tips berikut, jangan sampai terlewat ya. Yuk, simak ke-8 poinnya.

8 Tips Naik Pesawat bagi Pemula, Nomor 2 Sering Dilupakan

Menggunakan pesawat terbang, menjadi salah satu alternatif transportasi untuk sampai ke tempat tujuan. Salah satu alasan mengapa pesawat menjadi moda transportasi favorit adalah tingkat keamanannya yang tinggi. Mulai dari proses pengecekan sebelum keberangkatan hingga tiba di tempat tujuan.

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan pesawat untuk pergi ke sebuah tempat, tak perlu khawatir. Simak beberapa tips naik pesawat untuk pertama kalinya berikut ini.

1. Persiapkan dan Pastikan Kelengkapan Dokumen Sebelum Keberangkatan

Langkah awal sebelum kamu menaiki pesawat yakni, siapkan beberapa dokumen perjalanan seperti tiket pesawat, kelengkapan surat tes COVID-19, dan dokumen lainnya. Mempersiapkan dokumen sebelum jadwal keberangkatan, mempermudah kamu pada proses pengecekan di bandara.

Jangan sampai keberangkatanmu menggunakan pesawat menjadi batal, hanya karena dokumen yang dibutuhkan belum lengkap.

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan sebelum naik pesawat, yakni cek kembali jadwal keberangkatan. Terkesan sepele, namun masih banyak, lho, yang salah jadwal hanya kurang teliti dengan jadwal keberangkatan yang dimiliki.

Jadi persiapkan dan pastikan kelengkapan dokumen serta jadwal penerbangan kamu dengan cermat.

2. Bawalah Barang sesuai Ketentuan Maskapai

Naik pesawat untuk pertama kali memang sangat mengasyikkan. Namun jangan sampai antusiasme naik pesawat, membuat kamu lupa memerhatikan hal yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa setiap maskapai memiliki ketentuan dan peraturan tersendiri terkait kuota bagasi bagi para penumpangnya. Pada umumnya, seorang penumpang diberi jatah satu tas koper dengan bobot minimal tujuh kilogram dan satu tas tangan.

Kamu bisa memastikan apakah kamu mendapatkan kuota bagasi dari maskapai yang kamu gunakan. Hal ini untuk meminimalisir biaya tambahan akibat tidak adanya kuota bagasi yang disediakan.

Jadi, bawalah barang sesuai dengan kebutuhanmu selama melakukan perjalanan liburan.

3. Jangan Bawa Benda Tajam dan Berbahaya

Ketika naik pesawat, terdapat beberapa pantangan yang harus dipahami oleh para penumpang. Salah satu di antaranya yakni larangan membawa senjata tajam.

Benda-benda tajam dan segala benda berbau tajam dilarang untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Misalnya gunting, pisau, silet, dan durian.

Selain larangan membawa benda tajam dan benda berbau tajam, penumpang dilarang membawa powerbank dengan daya di atas 10.000 mAh, narkoba, dan cairan dengan volume lebih dari 100 ml.

Jadi pastikan jangan sampai kamu membawa barang terlarang yang telah disebutkan di atas, ya!

4. Tiba Lebih Awal dari Jam Keberangkatan

Datang lebih awal, akan mempermudah kamu untuk melakukan rangkaian check in di bandara. Selain itu, dengan datang lebih awal akan meminimalisir kemungkinan terjadinya antrian panjang dengan penumpang lainnya.

Tidak hanya itu, dengan datang lebih awal setidaknya dua jam sebelum keberangkatan akan mempermudah kamu dalam mendapatkan informasi penerbangan. Jadi, nggak ada salahnya jika kamu datang lebih awal dari jadwal keberangkatan yang telah ditentukan.

5. Cek Gate Keberangkatan

Setelah melakukan proses check-in, pastikan untuk mengetahui gate keberangkatan yang telah ditentukan. Kamu bisa mengecek gate keberangkatan pada boarding pass saat melakukan check-in.

Setelah mengetahui gate keberangkatan yang didapat, pastikan untuk berada di dekat gate tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terdapat perubahan jadwal penerbangan atau pun terdapat perubahan pada gate keberangkatan.

6. Siapkan Dokumen Sebelum Masuk Pesawat

Sebelum kamu masuk pesawat, ada baiknya siapkan dokumen seperti KTP dan boarding pass di tangan. Hal ini untuk mempermudah petugas dalam mengecek identitasmu. Setelah petugas mengecek identitas, maka kamu bisa masuk ke dalam pesawat.

Setelah berada di pesawat, kamu bisa memilih kursi sesuai dengan yang ada di boarding pass. Jangan ragu untuk meminta bantuan awak pesawat, jika kamu merasa kesulitan ketika mencari kursi yang kamu dapat.

7. Pahami Prosedur Keamanan Selama Penerbangan

Sebelum lepas landas, perhatikan prosedur keamanan dan keselamatan selama penerbangan berlangsung. Biasanya pramugari akan menjelaskan berbagai prosedur keamanan. Mulai dari penggunaan sabuk pengaman, hingga informasi terkait spot pintu darurat dalam pesawat.

Pastikan untuk memahami setiap detail informasi yang telah disampaikan. Dengan demikian, pengalamanmu ketika naik pesawat akan semakin nyaman dan menyenangkan.

8. Pahami Prosedur Pengambilan Barang di Bagasi

Setelah sampai di bandara tempat tujuan, langkah selanjutnya yakni mengambil barang di bagasi. Pastikan jangan sampai ada barang yang tertinggal atau tertukar dengan penumpang lain.

Perlu diingat bahwa ketika akan mengambil barang di bagasi, cek kembali nomor bagasi yang didapat saat check in di bandara keberangkatan. Pastikan pula untuk mengambil barang sesuai dengan nomor penerbangan.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Pengalaman pertama naik pesawat memang hal yang menyenangkan sekaligus menegangkan. Namun kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas agar perjalananmu aman dan nyaman.

Perjalanan naik pesawat akan lebih menyenangkan dengan pesan tiket di Traveloka. Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan, menjadikan perjalananmu semakin tak terlupakan. Tentunya jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta memerhatikan syarat penerbangan terbaru sesuai anjuran pemerintah.



Posting Komentar

8 Komentar

  1. Kalau bawa benda tajam sekalipun cuma gunting pasti disuruh di buang atau masukan ke bagasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bu. Aku pernah tuh, padahal ya gunting kuku.

      Hapus
  2. Jadi ingat pertama kali naik pesawat, deg-degan banget, sendirian pula, jadinya nanya sama sini, takut salah tujuan 😅

    BalasHapus
  3. Jadi inget pengalaman dulu. Pernah bawa wadah isinya bros dan peniti ke dalam tas ransel. Pas masuk x ray, jelaslah lah kena warning. Jadi bongkar-bongkar tas deh! 😅

    BalasHapus
  4. Bawa barang sesuai ketentuan maskapa yang nomor dua itu maksimal 7 kg ya? Di atas tertulis minimal :D Udah lama ga naik pesawat hehehe kangen juga. Paling bingung kalau bawa barang yang ada airnya hihihi seperti parfum dll.

    BalasHapus
  5. Penting nih mba. Apalagi buat yang pertama kali ya. Kalau aku jujur gak berani sendiri naik pesawat 😄

    BalasHapus
  6. Saya ga bayangkan kalau harus ke bandara Soekarno Hatta katanya gate banyak ya mbak, hehehe. Di Juanda saja kadang pegel karena jauh gatenya

    BalasHapus
  7. ah kalo ngomongin bawaan aku pernah tuh barang bawaan overload, sekitar 10 kg-an dah tas carrierku itu.. sementara dari maskapai cuma 7 kg wkwk pas waktunya nimbang-nimbang aku agak melipir biar ga kenaa haha

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.