5 Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi, Catat Dulu Aja!



 

Tips memulai bisnis, kedai kopi, tips sukses berbisnis

Data Kementerian Pertanian mengungkapkan, konsumsi kopi di Indonesia terus meningkat, yakni diprediksi mencapai 370 ton pada tahun 2021. Potensi yang besar untuk mendirikan bisnis kedai kopi. Modalnya memang besar, tapi Anda bisa menggunakan modal pinjaman. Meski ada bunga pinjaman bank yang harus dibayarkan, tetapi usaha kopi tersebut sangat menjanjikan. 

Hal ini bisa dilihat bagaimana kopi telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia. Tak perlu risau soal pinjaman, karena Anda bisa melunasinya dari keuntungan bisnis kopi yang menjanjikan tersebut. 

5 Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi, Catat Dulu Aja!

Daripada menunggu lama untuk mengumpulkan modal bisnis kedai kopi, Anda bisa memanfaatkan dana pinjaman dan pilih yang bunga pinjaman bank tersebut rendah. Jika tertarik mencoba membangun bisnis kopi ini, simak tipsnya berikut ini.

1. Menentukan modal 

Modal memang seringkali menjadi kendala ketika membangun bisnis. Banyak yang memilih menunda bisnis dan bahkan gagal merintisnya karena keterbatasan modal tersebut. Namun, Anda tidak perlu risau karena kini telah banyak penyedia jasa pinjaman dengan tawaran suku bunga pinjaman bank yang bervariasi. 

Anda bisa menggunakan dana pinjaman berupa KTA karena tidak ada syarat jaminan untuk mengajukannya. Lalu, pilih KTA yang memberikan bunga pinjaman bank dengan nilai minimum agar tidak membebani Anda. 

2. Menetapkan target konsumen

Mendirikan bisnis tanpa tahu target konsumen akan menjadi masalah karena produk yang dijual bisa tidak laku akibat tepat sasaran penjualannya. Meski bisnis kopi tersebut banyak disukai berbagai kalangan, namun Anda juga perlu tahu tujuan market usaha tersebut. 

Bisnis kedai kopi ini bisa difokuskan untuk kalangan menengah ke atas, menengah ke bawah, atau seluruh kalangan dengan tanpa batasan usia. Penentuan target market atau konsumen ini penting agar Anda bisa tahu strategi yang cocok diterapkan dengan target market tersebut.

Misalnya, jika targetnya kalangan muda bisa dibuat suasana kedai kopinya yang instagramable, estetik, dan sebagainya sesuai minat konsumen. Melalui dana KTA dengan bunga pinjaman bank yang rendah, Anda bisa mendesain konsep kedai kopi sesuai target market tersebut. 

3. Cari lokasi yang tepat dan strategis

Target market dan modal sudah ada, tapi penempatan lokasi kurang strategis tentu bisa menghambat perkembangan bisnis kedai kopi tersebut. Lokasi yang strategis, yakni berada pada area yang banyak dikunjungi, dekat perkantoran, dan dekat pinggir jalan. 

Selain lokasi yang strategis, perhatikan pula biaya sewa, kondisi bangunan, akses menuju kedai tersebut, dan hal kecil lainnya. Ini sangatlah penting agar budget yang Anda keluarkan sesuai dengan apa yang didapat. Biasanya lokasi yang strategis dan tepat akan meningkatkan harga sewa, namun Anda bisa gunakan pinjaman yang disertai bunga pinjaman bank minimum tersebut. 

4. Rekrut karyawan profesional

Ketika berbisnis kedai kopi, Anda tidak harus menjadi ahli peracik kopi karena bisa merekrut karyawan. Batasan modal bukan jadi masalah merekrut tenaga kerja karena ada dana KTA dengan bunga pinjaman bank untuk membayar gaji awal karyawan. 

Dalam merekrut karyawan, sebaiknya pilih dan hire mereka yang memang sudah berpengalaman sebagai barista atau waiter. Selain itu, karyawan merupakan cerminan pelayanan bisnis pada konsumen sehingga memiliki attitude yang baik juga jadi penilaian wajib.

5. Promosi bisnis

Promosi merupakan hal terpenting dalam bisnis untuk mengenalkan produk dan mendapat konsumen pertama. Promosi juga bisa dilakukan secara online maupun offline. Secara online, manfaatkan saja sosial media dengan membuat akun official lalu melakukan branding sehingga mendorong engagement customer. 

Secara offline, Anda bisa mengoptimalkan pemanfaatan dana pinjaman yang diperoleh dengan suku bunga pinjaman bank rendah tersebut untuk membuat pamflet, banner, atau memberikan diskon tertentu. Misalnya, diskon buy 1 get 2 dengan syarat wajib follow dan share akun sosial media kedai kopi atau minta mereka yang datang untuk upload foto kedai anda di sosial media masing-masing.

Modal Bisnis Aman Menggunakan DBS KTA

Pinjaman KTA memang banyak diminati karena nasabah bisa memperoleh dana tanpa harus menyerahkan jaminan apapun. Anda bisa memilih kredit dengan bunga pinjaman bank paling rendah. 

Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dan selektif dalam memilih bank atau platform penyedia jasa pinjaman KTA. Pilihlah KTA yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti DBS KTA. 

Pinjaman dari DBS KTA tidak hanya aman dan terpercaya, tetapi juga menawarkan suku bunga pinjaman bank yang tetap. Selain itu, produk DBS KTA ini memiliki beberapa kemudahan bagi nasabahnya seperti berikut ini.

- Batas pinjaman mencapai 300 juta

Tak perlu bingung soal modal bisnis kedai kopi yang besar karena DBS KTA menyediakan dana pinjaman hingga 300 juta. Dana sebanyak tersebut bisa Anda gunakan untuk membangun kedai yang kekinian, alat peracik kopi yang berkualitas, dan lainnya sehingga dapat menjadi bisnis yang bersaing.

- Bunga kredit tetap mulai dari 0,88% per bulan

Bunga pinjaman bank yang diberikan DBS KTA merupakan bunga flat. Besar bunganya mulai dari 0,88% per bulan.

- Maksimal pencicilan selama 36 bulan

Bukan hanya bunga kredit yang rendah, kemudahan lain yang ditawarkan DBS KTA adalah batas pencicilan maksimal selama 36 bulan. Periode yang lama untuk melunasi pinjaman dalam jumlah besar. 

Dengan berbagai keunggulan yang diberikan tersebut, maka DBS KTA ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan modal usaha. Selain bunga pinjaman bank yang rendah, Anda bisa memperoleh dana pinjaman secara cepat dan mudah sehingga cocok pula untuk kebutuhan yang mendesak dalam jumlah besar.



Posting Komentar

7 Komentar

  1. kalau minjem kta untuk usaha sih insya allah ya bisa balik modal dengan perhitungan yang matang dan siap resikonya...

    BalasHapus
  2. saya punya DBS juga, baru tahu ternyata bisa buat pinjaman juga buat usaha ya, kabar baik buat yang mau buka usaha ini mah

    BalasHapus
  3. bisnis kedai kopi sekarang emang lagi digandurungi ya Mbak, secara di Warkop gitu orang bisa meeting, kerja tugas sekolah/kampus, kerja juga dan bisa santai ya.
    dengan DBS KTA bisa bantu ya wujudin mimpi yang ingin punya bisnis kedai kopi nih :)

    Diah Alsa

    BalasHapus
  4. Makin aman dan lancar kalau bisnis ada yang modalin apalagi yang punya modal nggak buru buru pengen balik cepet modalnya

    BalasHapus
  5. Saya peminum kopi, ingin berbisnis kopi juga. Tapi yaaaa baru sebatas ingin. Gak ada modal. Baca ini lumayan rada tersemangati lah ya, catat aja dulu. Hahaha

    BalasHapus
  6. Semua poinnya memang betul, Kak. Terutama menentukan target konsumen itu penting, jangan asal buka tapi belum tahu gambaran marketnya padahal pasar inilah yang kita garap sebagai penyumbang cuan. Produk bagus kalau tak ada pelanggan ya berbahaya. Ditambah promosi usaha yang tepat, kedai kopi bisa berjaya lebih-lebih lokasinya strategis. Kalau soal modal sih bisa banyak caranya. Mantul!

    BalasHapus
  7. dari dulu pengen buka kedai kopi. ehh yang kesampaiam malah bikin boba wikwk. pas itu boba lagi ngehits sih.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.