Tips Memilih Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat, Anti Ribet!



Tips memilih bengkel mobil terdekat, bengkel mobil terdekat, ganti oil mobil


Tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat yang berkualitas dan terpercaya, sudah pasti merupakan hal yang penting bagi pemilik kendaraan. Pasalnya, meski banyak bengkel yang mudah kita jumpai, tidak semuanya bekerja dengan sepenuh hati. Artinya, masih saja ada oknum bengkel nakal yang memanfaatkan situasi.

Tips Memilih Bengkel Ganti Oli Mobil Terdekat

Anti ribet club, berikut ini tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat, catat yaah..

1. Bisa Kamu Jadikan Panduan

Oli merupakan salah satu indikator penting yang memerlukan penggantian secara berkala. Tidak hanya berfungsi sebagai pelumas komponen untuk meminimalisir terjadinya gesekan, oli juga berperan mendinginkan dan membersihkan mesin.

Jadi pelumas tersebut akan mendorong kotoran yang berasal dari sisa karbon dioksida atau partikel logam. Sebagai antisipasi supaya tidak berkunjung ke bengkel yang asal kerja saja, kamu perlu mengetahui beberapa tips mendapatkan bengkel berkualitas yang terpercaya berikut ini.

2. Lokasi dan Jam Operasional yang Fleksibel

Beberapa bengkel mobil terdekat dari lokasi saya tinggal memang mudah ditemukan. Akan tetapi, tidak semuanya memiliki waktu operasional kerja yang fleksibel. Setidaknya, lokasi bengkel yang strategis dan mudah dijangkau tidak akan menyulitkan kamu mendatanginya. Jam operasional bengkel yang fleksibel akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu. Jadi, kita bisa mudah menggunakan jasanya sesuai kebutuhan.

Pemilik kendaraan yang hanya memiliki waktu senggang di hari Minggu atau hari libur sudah pasti sangat diuntungkan dengan bengkel yang tetap membuka pelayanan di hari tersebut. Kerusakan mobil yang bisa terjadi sewaktu-waktu akan mendapat penanganan yang lebih cepat.

3. Digarap oleh Teknisi yang Profesional

Tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat berikutnya adalah pastikan servis kendaraan ditangani oleh teknisi yang berpengalaman dan profesional. Umumnya, mereka memiliki sertifikat dan pengetahuan otomotif yang lebih terperinci.

4. Memiliki Standar Operasional yang Jelas

Seorang teknisi profesional sudah pasti mempunyai standar operasional yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Secara otomatis merekalah yang berperan penting memecahkan setiap permasalahan terkait kendaraan roda empat milik kamu. Semua pengerjaan akan dilakukan dengan sigap tanpa bertele-tele. Saran terbaik juga tak segan-segan disampaikan pada pemilik kendaraan.

5. Pilihlah Bengkel Resmi

Langkah memilih bengkel resmi yang mudah dan cepat adalah dengan aktif mencari berita otomotif melalui internet dan media sosial. Di era digital saat ini tentu semakin mudah mencari informasi tersebut.

Bengkel kendaraan resmi menyediakan suku cadang, teknisi profesional, serta pelayanan yang prima. Bengkel resmi biasanya juga menyediakan layanan servis bergaransi hingga 30 hari setelah pengerjaan.

6. Pilihan Oli Banyak dan Lengkap

Hal ini akan sangat menguntungkan bagi pemilik kendaraan yang memiliki mobil lebih dari satu. Berbeda brand pabrikan, sudah pasti berbeda pula komponen dan oli yang digunakan. Mengingat oli adalah sesuatu yang vital, jadi jangan sembarangan memilih oli.

Oli tersebut harus sesuai dengan rekomendasi dari pabrik pembuatnya. Tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat berikutnya adalah pastikan kamu memilih bengkel yang menyediakan oli jenis terlengkap.

7. Keaslian Spare Part

Salah satu indikator penting agar performa mobil selalu prima adalah penggunaan suku cadang asli. Secara tak langsung akan menghemat pengeluaran kamu karena mobil jarang mengalami kerusakan. Usahakan kamu selalu menggunakan spare part asli meskipun harganya pasti lebih mahal dari komponen biasa.

8. Biaya Ganti Oli dan Perbaikan

Tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat juga tak luput dari harga yang dipasang. Lakukan pengecekan seputar harga dan biaya penggantian oli sesuai kualitas yang diberikan. Hal yang lazim jika ingin memperoleh sesuatu dengan harga terjangkau.

Namun, apalah arti sebuah harga dibandingkan kualitas dan pelayanan terbaik yang akan kamu dapatkan. Perawatan dan servis yang tepat akan membuat kendaraan yang kamu miliki panjang umur dan tetap memiliki performa prima.

9. Rekomendasi dari Teman

Informasi mengenai kinerja suatu bengkel juga bisa kamu peroleh melalui teman, saudara, atau bahkan kenalan yang sudah menggunakan jasa bengkel tersebut. Galilah informasi lebih dalam alasan mengapa bengkel tersebut menjadi pilihan mereka. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam memilih bengkel mobil yang berkualitas.

10. Ganti Oli Secara Berkala

Selain tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat, pemilik kendaraan juga tidak boleh lengah melakukan penggantian oli transmisi. Terkait hal tersebut pemilik juga perlu mengetahui bahwa meski volume oli transmisi kendaraan masih banyak, namun sudah tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut adalah ciri-ciri oli transmisi mobil harus diganti yang dapat kamu jadikan sebagai panduan, antara lain:

- Gantilah oli transmisi saat oper gigi terasa berat.

- Kamu mendengar dengungan yang berasal dari sistem transmisi.

- Lampu check engine kendaraan menyala. Hal ini merupakan pertanda untuk pemilik kendaraan agar melakukan pengecekan secara keseluruhan.

- Warna oli berubah menjadi hitam pekat.

- Tercium aroma bau terbakar dari mesin kendaraan.

- Mencapai jarak tempuh yang telah direkomendasikan.

- Lakukan pengecekan pada buku panduan manual kendaraan.

Selain tips memilih bengkel ganti oli mobil terdekat, kamu juga bisa memanfaatkan sebuah platform untuk melakukan booking service kendaraan. Hal ini merupakan solusi tepat bagi kamu yang masih sering kebingungan memilih bengkel mobil terdekat dan terpercaya. Pastikan kendaraan kamu ditangani oleh bengkel yang tepat ya.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Aku gaptek soal mesin, untuk ganti oli aja banyak yang harus diperhatikan ya. Noted ini mba, makasih sharingnya

    BalasHapus
  2. wah perlu banet nih buat tau, sebelum punya mobil sendiri ya, hehe.. apalagi buat para emak-emak nih, biar gak asal naikin aja :)

    BalasHapus
  3. Lengkap banget nih.. Insya Allah kalo punya mobil sendiri bisa urus printilanny mandiri juga termasuk urusan ganti oli hehehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.