Makanan Khas Lombok, Penggemar Pedas Wajib Cobain!



Makanan Khas Lombok

Makanan khas Lombok yang ke semuanya saya suka ini memang seleranya pencinta makanan pedas nih.. Apalagi kalau udah saatnya saya, suami dan anak berkunjung ke rumah adik dan kakak saya di Lombok, makanan khas Lombok ini wajib sekali masuk perut, hehe..

Selain terkenal dengan pemandangan alamnya, makanan khas Lomboknya juga patut diicip-icip, karena memang masing-masing jenisnya memiliki rasa yang khas dari bumbunya yang kerasaaa sekali, pedasnya juga nampol, daaan benukannya itu lho yang menggugah selera.

Hayuklah kita goda nafsu makan kita haaii..

Makanan Khas Lombok, Penggemar Pedas Wajib Cobain!

1. Nasi Puyung

Makanan Khas Lombok Nasi Puyung


Nasi puyung ini nggak pernah lupa saya icip-icip kalau lagi main ke Lombok Tengah, di rumah kembaran saya. Karena memang, nasi puyung ini adalah makanan kampung masyarakat Lombok Tengah.

Jadi, nasi puyung ini isinya nasi putih dan ayam suwir pedas, ini sih isian yang selalu saya pesan ya, hihi.. Bisa juga dengan lauk pauk lengkap seperti kentang goreng kering, kacang kedelai goreng dan telur.

2. Pelecing Kangkung

Makanan Khas Lombok Pelecing Kangkung


Makanan khas Lombok satu ini juga nggak kalah lezat, lho. Pelecing kangkung juga biasanya menjadi pelengkap menu makanan khas Lombok lainnya. Bahan-bahan bumbunya pun saya rasa sangat mudah untuk dibuat di rumah.

Cara memasak pelecing kangkung juga gampang sekaliiii.. Goreng serentak cabai rawit, tomat, dan terasi, tambahkan garam secukupnya dan ulek, dan peras dengan jeruk limau. Cuci bersih kangkung, lebih endol lagi pakai kangkung khas Lombok yang punya batang lebih besar dan lebih gurih kalau dimasak dari kangkung biasa.

Setelah itu, rebus kangkung dalam keadaan utuh, sekitar 5-10 menit, dan belah masing-masing kangkung, jadi bukan diiris ya. Kemudian, campurkan ulekan sambal dengan kangkung, kalau orang Jawa bilang, dicarup, hehe..

3. Beberuk Terong

Makanan Khas Lombok Beberuk Terong


Makanan pedas khas Lombok satu ini terbilang unik, kenapa? Karena, sensasi pedas dan segar dari terong gelatik sebagai bahan utamanya, berpadu dengan kacang panjang, tomat, potong dadu. Tambahkan cabai, terasi, sedikit kencur, goreng dengan sedikit minyak.

Setelah matang, lalu campurkan dengan bahan-bahan yang sudah dipotong. Sedap disantap dengan nasi hangat, dan menu pelengkap lainnya.

4. Bebalung

Makanan Khas Lombok Bebalung


Sesuai namanya, makanan khas Lombok kali ini terbuat dari bahan dasar balung atau tulang iga sapi. Lebih dari itu, Bebalung juga dianggap sebagai makanan penambah vitalitas karena arti kata dari bebalung dalam bahasa Sasak yang berarti tenaga. Bebalung paling nikmat disantap saat kuahnya masih panas, semakin sempurna jika makanan satu ini didampingi nasi putih dan sambal.

5. Ayam Rarang

Makanan Khas Lombok Ayam Rarang


Masih selera pedas, makanan khas Lombok ayam rarang berasal dari suku Sasak. Berbahan utama ayam kampung yang terlebih dimasak dan goreng, kemudian baluri dengan bumbu halus berupa cabai rawit, cabai keriting, duo bawang, terasi, kemiri, garam, gula pasir, dan penyedap rasa.

6. Sate Bulayak

Makanan Khas Lombok Sate Bulayak


Sate bulayak mungkin terlihat seperti sate pada umumnya yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi. Namun, yang membuatnya unik adalah, lontong yang disajikan dililit menggunakan daun aren atau enau. Sajikan bersama bumbu kacang yang dicampur santan kental, gula merah dan perasan jeruk nipis. Aduh, ini sampai kebayang lho rasa lezat dan segarnya.

7. Sayur Ares

Makanan Khas Lombok Sayur Ares


Sayur ares, biasa dihidangkan saat ada hajatan. Bahan utamanya pelepah pisang muda dan daging sapi, bersama kuah santan. Bumbunya juga mengandung rasa pedas yang bikin segar dan gurih. Pastinya cocok ya dengan lidah orang Indonesia.

Kamu tahu, setelah saya menulis makanan khas Lombok ini, saya jadi semakin rindu ke Lombok, nih, hehe.. Kamu juga pasti penasaran kan pengen cobain? Ayo main ke Lombok bareng, hihi.. 



Posting Komentar

2 Komentar

  1. Menunya menggiurkan sekali Mbk jadi pengen nyobain, kata orang destinasi Lombok emang aduhai indah, nah menunya tak kalah enak nih

    BalasHapus
  2. Belum. Pernah ke Lombok mba Riz, jadi pengen diriku heheheh.
    Pengen plecing nya sama ayam seglondongnya. Enak banget itu

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.