5 Hal yang Perlu Diperiksa Sebelum Deal Beli Mobil Bekas



 

5 Hal yang Perlu Diperiksa Sebelum Deal Beli Mobil Bekas

Bagi sebagian orang, beli mobil bekas adalah salah satu solusi tepat ketika memiliki budget terbatas tapi tetap ingin punya mobil bagus. Karena saat ini, terdapat banyak sekali pilihan mobil bekas dengan kualitas terbaik yang bisa anda dapatkan.

Mobil bekas umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Dan salah satu kelebihan lainnya mengapa banyak orang memilih mobil bekas adalah setiap tahun ada kemungkinan bahwa pajak tahunannya bisa berkurang.

5 Hal yang Perlu Diperiksa Sebelum Deal Beli Mobil Bekas

Beli mobil bekas, maka sebelum deal harus benar-benar melakukan pengecekan pada keseluruhan mobil. Hal apa saja yang penting untuk diperiksa?

1. Melakukan Survei

Saat beli mobil bekas, yang pertama maka harus melakukan survei terlebih dahulu. Anda bisa lakukan survei ke dealer offline ataupun dealer online yang terpercaya. Dengan survei, maka anda bisa lebih tahu kualitas dari mobil bekas yang akan dibeli.

Untuk membeli mobil bekas yang wilayahnya masih satu kota dengan anda, maka akan lebih baik jika anda melakukan pemeriksaan langsung selain mengetahui atau memeriksa mobil bekas dari website. Untuk mengurangi tindakan penipuan pada kondisi mobil, survei langsung ke tempat ini sangat berguna agar bisa meminimalisir hal tersebut.

2. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Hal kedua yang juga penting saat beli mobil bekas adalah melakukan pengecekan pada bagian bodi atau eksterior mobil. Bagian body mobil akan lebih baik jika masih berfungsi seperti sedia kala. Lalu perhatikan dengan seksama, apakah mobil tersebut sudah mengalami perbaikan atau kualitas cat ulang yang sekiranya tidak merata.

Selain itu Anda juga perlu melakukan pengecekan pada bagian ruang mesin  dan kolong mobil. Anda bisa mengecek dengan membuka kap mesin dan perhatikan apakah bagian mesinnya terawat atau tidak.

Lakukan juga pengecekan pada bagian aki apakah sudah mengalami soak atau tidak, yang bisa ditandai dari lampu mobil yang nyala tapi tidak maksimal terangnya. Pengecekan juga bisa anda lakukan pada bagian ban mobil karena ketika mengalami suspensi maka bisa menyebabkan bahaya bagi penumpang dan pengemudi. Perhatikan pula bagian penting lainnya seperti misalnya rem mobil apakah sudah pernah mengalami pergantian atau tidak.

3. Cek Aksesoris Mobil 

Pemeriksaan kondisi mobil belum berhenti pada bagian bodi dan eksteriornya saja. Saat beli mobil bekas, maka perlu jika diketahui kondisi dari kelengkapan aksesoris mobil sampai interiornya. Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian AC, switch lampu hingga sistem audio apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Sementara untuk bagian keamanan seperti sabuk pengaman juga perlu diperhatikan fungsinya. Kemudian beralih  ke bagian interior lainnya yang juga perlu diperiksa adalah bagian jok apakah masih nyaman, dashboard mobil hingga ketahui apakah interior mobil mengalami bau dan lihat ada indikasi pernah terkena banjir atau tidak.

4. Performa Mesin Mobil

Beli mobil bekas tentu membuat Anda harus jeli dan waspada. Anda juga harus peka terhadap performa mesin mobil sehingga bisa harus melakukan pengecekan pada bagian mesin. Anda harus periksa secara keseluruhan mulai dari komponen oli. Oli sering mengalami kebocoran, sehingga pemeriksaan utama disarankan pada bagian ini.

Jika melakukan pengecekan langsung pada showroom, maka anda bisa melakukan test drive untuk benar-benar mengetahui bagaimana performa dari mobil tersebut. Saat melakukan test drive maka anda harus perhatikan bagaimana laju dari kendaraan, kondisi rem, kondisi tarikan gas, bagian transmisi sampai per mobil.

5. Cek Kelengkapan Dokumen Dan Riwayat Service

Kedua hal ini tidak boleh terlupakan saat ingin beli mobil bekas. Yang pertama Anda harus memeriksa kelengkapan surat-surat mobil dengan teliti. Anda harus bisa memastikan bahwa BPKB dan STNK yang diberikan adalah asli. Karena saat ini, ada ada banyak beredar surat-surat BPKB dan STNK palsu yang dibuat untuk mobil curian agar laku dengan harga yang tinggi.

Pastikan pula saat memeriksa BPKB dan STNK, apakah  tertera nama asli pemiliknya atau bukan. Karena dengan begini akan mempermudah anda untuk melakukan balik nama di kemudian hari dan juga administrasi lainnya.

Lalu penting juga untuk mengecek riwayat servis kendaraan saat beli mobil bekas. Pasalnya, mengetahui riwayat perawatan mobil akan membuat anda lebih mudah untuk memutuskan apakah ingin membeli mobil tersebut atau tidak.

Perawatan secara berkala yang dilakukan oleh si pemilik mobil sebelumnya tentu akan membuat anda yang akan mengincar mobil tersebut merasa lebih nyaman. Maka dari itu, perhatikan catatan atau buku servis apakah terdokumentasi dengan baik atau tidak. Catatan buku service akan membuat Anda mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan, banjir dan masalah yang lain.

Kredit Mobil Bekas Dengan Maybank Finance

Untuk yang ingin beli mobil bekas tapi belum punya dana cukup, Maybank Finance punya solusi kredit mobil bekas untuk anda. Maybank Finance memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin kredit mobil bekas dengan kelebihan yaitu suku bunga 8, 50% pertahun, standar pembiayaan sampai 4 tahun dengan suku bunga flat.

Untuk proses persetujuan dari kredit mobil bekas yang anda ajukan juga terbilang cukup cepat yaitu hanya dalam 7 hari saja. Anda juga tidak perlu khawatir, karena Maybank Finance melayani pelanggan selama 24 jam dengan kerahasiaan data pelanggan terjamin dan Anda bisa memilih kredit mobil untuk banyak jenis kendaraan. Mulai dari Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki hingga mobil mewah seperti BMW juga ada sistem kreditnya.

Jadi itu tadi beberapa apa hal penting yang harus anda ketahui sebelum deal saat beli mobil bekas. Untuk yang ingin mendapatkan mobil bekas berkualitas tapi belum punya modal, ingat untuk melakukan kredit hanya pada Maybank Finance.




Posting Komentar

1 Komentar

  1. Ada jasa buat cek mobil bekas yang mau kita beli gak ya?

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Promo Tour Bali Murah