Cara Memasak Rendang yang Empuk. Siapapun Wajib Tahu Nih!

Pretty Black Cat

Cara Memasak Rendang yang Empuk. Siapapun Wajib Tahu Nih!




 
Cara Memasak Rendang yang Empuk. Siapapun Wajib Tahu Nih!


Cara memasak rendang yang empuk seringkali dicari oleh banyak orang yang ingin memasak rendang, agar bukan hanya menciptakan cita rasa yang enak, tapi dagingnya empuk sehingga enak di makan.

Tahukah kamu, bahwa makanan Minang yang satu ini pernah menduduki peringkat pertama sebagai makanan terlezat di seluruh dunia, lho. Makanya nggak heran jika rendang sangatlah populer dan ikonik, 
bukan hanya di Indonesia, tetapi hingga luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Eropa dan Amerika.

Jika ingin membuat rendang, kamu harus tahu resep dan cara memasak rendang yang empuk untuk menghasilkan hidangan sempurna. Kamu perlu memperhatikan cara pengolahan daging, pengolahan bumbu rempah hingga cara memasaknya. Jika memasak rendang kurang tepat maka bisa menyebabkan daging terasa kering, keras dan gosong.

Cara Memasak Rendang yang Empuk

Sebelum membuat rendang, pastikan kamu menyiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memasak terlebih dahulu. Setelah itu, kamu perlu memperhatikan cara memasak rendang yang empuk berikut ini:

1. Pilih Bagian Daging Sapi yang Tepat

Perlu kamu ketahui bahwa khas masakan rendang yaitu dimasak dalam waktu yang lama supaya bumbunya meresap dengan baik dan merata ke dalam daging. Kamu bisa memilih bagian daging yang padat seperti paha, khususnya paha bagian luar. Oleh sebab itu, jika ingin membuat rendang sapi yang empuk dan pas, kamu harus pintar memilih bagian daging sapi yang tepat.

2. Lumuri Daging dengan Jahe Parut

Sebelum mengolah daging menjadi rendang, baiknya kamu melumuri daging dengan parutan jahe terlebih dahulu, setelah itu diamkan beberapa menit, dan olah. Selain jahe parut, kamu juga dapat melumuri daging menggunakan nanas parut untuk mendapatkan daging yang lebih empuk ketika diolah. Ini menjadi salah satu cara memasak rendang yang empuk yang dilakukan banyak orang.

3. Memotong Daging Searah dengan Serat Daging yang Panjang

Saat memasak rendang, pastikan kamu nggak memotong daging terlalu kecil atau terlalu besar, karena berpengaruh terhadap kematangan daging nantinya. Kamu perlu memotong daging dengan ukuran yang pas dan pastikan potong daging searah dengan serat daging yang panjang agar teksturnya nggak alot ketika dimasak. Dengan begitu daging rendang pun terasa empuk dan enak dikunyah.

4. Mengolah Daging dan Bumbu dengan Tepat

Jangan hanya fokus pada pengolahan daging agar empuk, tetapi juga harus tepat dalam mengolah bumbu, karena daging dan bumbu merupakan satu kesatuan dalam rendang. Untuk mendapatkan cita rasa yang enak dan maksimal, kamu bisa menyiapkan bumbu rendang dari bahan segar, sehingga masakan akan lebih fresh dan enak dimakan. Jangan lupa, kamu bisa menghaluskan bumbu dengan cara digiling dan hindari menggunakan blender. 

Setelah bumbu rendang halus, kamu bisa menuangkan santan ke dalamnya, lalu rebus bersama bumbu tersebut. Setelah mengental dan keluar minyak, barulah daging dimasukkan ke dalam dan dimasak hingga matang.

5. Masak Rendang dengan Api Kecil

Saat memasak rendang, alangkah baiknya kamu menggunakan api kecil saja selama beberapa jam, supaya bumbunya meresap dengan sempurna ke dalam daging dan daging jadi matang secara merata, sehingga empuk ketika dihidangkan. Jika kamu suka dengan rendang daging sapi yang kering, kamu bisa memasaknya agak lama yaitu sekitar 5-6 jam. Jika ingin rendang yang basah kamu bisa memasaknya sebentar saja sekitar 3-4 jam dengan api kecil. 

Itulah tadi beberapa cara memasak rendang yang empuk yang perlu kamu perhatikan. Dengan begitu, kamu bisa memasak dan menghidangkan rendang yang lezat dan enak dikunyah. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..


Posting Komentar

0 Komentar