Bahagia Bersama JNE untuk Dukung UMKM Bangkit

Pretty Black Cat

Bahagia Bersama JNE untuk Dukung UMKM Bangkit




Bahagia Bersama JNE untuk Dukung UMKM Bangkit

Bahagia Bersama JNE untuk dukung UMKM bangkit, kalian pasti setuju dong sama judul artikel ini? Yups, rasanya memang dunia UMKM seakan tak bernyawa sejak pandemi masuk ke Indonesia. Berbagai peraturan pun sempat dicanangkan pemerintah supaya terhindar dari penularan virus.

Dua tahun berlalu, namun Covid masih saja menjadi ancaman. Apalagi sekarang, ada varian baru virusnya, haduuh, kayak nggak ada habisnya gitu. Jadi, makin terhambat nggak sih perkembangan dan kemajuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM?

Lantas, apa ya yang harus dilakukan para pelaku UMKM supaya tetap bertahan? Yuk, baca artikel ini sampai habisbisbis..

Solusi Bagi UMKM Agar Tetap Produktif

Masa pandemi ini memang sedikit banyaknya membuat pelaku UMKM harus banyak berbenah, nggak hanya dari sisi ekonomi aja, tapi juga mindset hingga mental agar bisa tetap bertahan di tengah ketidakpastian ini.

Jadi, UMKM harus gimana nih? Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan UMKM, antara lain:

1. Inovasi Produk

Mulailah untuk meningkatkan, memperbaiki, dan mengembangkan produk dengan berinovasi lebih, agar menarik, unik dan menjadi paling dicari.

2. Pemasaran Digital

UMKM nggak boleh ketinggalan sama strategi satu ini nih. Peasaran digital bisa jadi sangat membantu penjualan produk lokal dengan lebih maksimal. Melalui platform online, strategi digitalisasi ini akan memudahkan dalam memberikan berbagai informasi sekaligus berinteraksi dengan para konsumen. Selain itu juga tentu aja lebih memperluas pasar serta meningkatkan penjualan.

Langkahnya bisa dengan mempromosikan produknya melalui media sosial. Jangan lupa untuk memperhatikan segala sesuatunya sebelum memposting foto produk. Seperti, kualitas foto dan tampilannya agar terlihat semakin menarik.

3. Berkolaborasi dengan Pelaku Usaha Lain

Mungkin cara ini bisa jadi nggak sempat terpikirkan oleh pelaku UMKM. Berkolaborasi dengan sesama pelaku usaha ternyata bisa sangat membantu, lho. Cara ini juga meminimalisir bugeting serta semakin menjaga cita rasa dan keunikan produk, sekaligus menjaga hubungan baik dengan konsumen.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Tim Ekspedisi

Yups, kalau sudah kecemplung dalam pemasaran online, pastinya UMKM membutuhkan jasa ekspedisi terbaik untuk menghantarkan pesanan konsumen tepat waktu. Untuk itu, menjadi sangat perlu ya menjalin hubungan baik dan saling membantu juga.

Bahagia Bersama JNE untuk Dukung UMKM Bangkit

Menyambung dari poin terakhir, UMKM kerap kali membutuhkan jasa ekspedisi untuk senantiasa menghantarkan banyak pesanan kepada konsumen tercinta. Untuk itu, JNE dengan sangat senang hati turut mendukung perkembangan UMKM di masa sulit ini dengan menawarkan berbagai macam kemudahan untuk pelaku UMKM.

Saya sebagai salah satu konsumen yang doyan sekali belanja online di toko yang khusus menjual berbagai macam produk lokal, sangat terbantu dan bahagia sekali, karena apa? Karena pesanan saya selalu sampai dalam keadaan baik, aman dan no penyok-penyok, hehe..

Cuma segitu aja nih dukungan JNE untuk UMKM? Oh, tentu tidak!

Sebagai mitra kerja JNE, UMKM juga mendapatkan layanan istimewa nih dari JNE, yaitu, layanan e-fulfillment dan sistem warehousing, supaya seluruh pengiriman bisa lebih efisien. Layanan e-fulfillment bahkan dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk menitipkan stok barang di gudang JNE dan kemudian dikelola secara online dan tinggal meneruskan ke konsumen.

Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat fokus dalam pengembangan produk serta meningkatkan penjualan. Mereka juga nggak perlu lagi mengelola gudang sebagai tempat stok barang. No ribet-ribet club, deh!

JNE Content Competition 2021

Bahagia Bersama JNE untuk Dukung UMKM Bangkit, JNE Content Competition 2021

Kalau tadi saya sudah bahas solusi UMKM agar tetap produktif dan dukungan JNE terhadap kesinambungan UMKM, sekarang saatnya giliran kita nih yang tunjukkan dukungan untuk UMKM di JNE Content Competition 2021 yang bisa diikuti jurnalis, karyawan JNE dan masyarakat umum.

Apa aja sih yang dilombakan? Siapa aja sih jurinya? Dan seheboh apa sih hadiahnya?

Ada 4 kategori lomba beserta juri sesuai kategorinya:

- Writing Competition

Juri: Kang Maman Suherman (penulis) dan Paulus Tri Agung Kristanto (wakil redaksi harian kompas

- Video Competition

Juri: Eddy Hasby (Videographer & Visual Jurnalis Kompas) dan Anggun Adi (Film Maker & Content Creator)

- Photo Competition

Juri: Barry Kusuma (Photographer & Videographer) dan Arbain Rambey (Photographer Professional)

- Design Competition

Juri: Muhammad Misrad (Mice Cartoon) (Kartunis Harian Rakyat Merdeka & Mingguan Kompas) dan Wahyu Aditya (Founder & Creative Director HelloMotion)

Dengan total hadiah yang disediakan senilai ratusan juta rupiah. Yuk ah, biar nggak penasaran, apa aja syarat dan ketentuan masing-masing kategorinya, langsung aja cek di portal JNE Content Competition 2021 ya.

Selamat berlomba, semoga beruntung dan jangan lupa untuk terus mendukung produk lokal dengan berbelanja di UMKM. Sampai jumpaa..



Ref:
https://bit.ly/3e273or
https://bit.ly/3yEuPQD
https://bit.ly/3e1NUCX


Posting Komentar

0 Komentar