Pahami Keuntungan Reksadana Saham dan Reksadana Campuran Agar Semakin Yakin Berinvestasi

Pretty Black Cat

Pahami Keuntungan Reksadana Saham dan Reksadana Campuran Agar Semakin Yakin Berinvestasi




Pahami Keuntungan Reksadana Saham dan Reksadana Campuran Agar Semakin Yakin Berinvestasi

Ada banyak sekali instrumen investasi yang tersedia bagi investor pemula atau bahkan investor profesional. Jika Anda masih muda dan terbilang pemula maka perlu memilih investasi yang aman. Salah satu pilihan instrumen investasi terbaik untuk pemula adalah Reksadana Saham. Tersedia juga Reksadana campuran yang menawarkan keuntungan menggiurkan.

Kedua jenis Reksadana tersebut sama-sama menarik. Akan tetapi Anda harus pahami betul keduanya agar yakin dalam berinvestasi.

Pengertian Reksadana

Sebelum Anda memulai untuk menginvestasikan uang ke reksadana campuran atau Reksadana saham, Anda perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Reksadana adalah sebuah instrumen investasi bagi para investor yang dananya akan diinvestasikan pada portofolio efek melalui manajer investasi.

Pilihan investasi reksadana sendiri terdiri dari 4 jenis yaitu Reksadana pasar uang, Reksadana pendapatan tetap, Reksadana campuran dan juga Reksadana Dana saham.

Di sini akan membahas tentang investasi reksadana yang sangat menguntungkan yaitu Reksadana campuran dan Reksadana saham.

Keuntungan Investasi Reksadana Campuran

Para investor yang ingin berinvestasi tentu akan sangat mempertimbangkan keuntungan yang didapatkan serta resiko dari investasi yang dijalani. Memilih reksadana campuran memang sangat menarik karena tercatat dari investasi ini bisa mencapai 36 sampai 71% hanya dalam waktu sekitar 3 tahun.

Diberi nama Reksadana campuran karena investasi ini bukan hanya memberikan modal untuk efek saja namun beberapa macam efek seperti, saham, obligasi dan juga deposito.

Di Indonesia memang jenis Reksadana ini masih kurang populer meskipun mampu memberikan keuntungan yang menarik. Uang yang diinvestasikan memang akan digunakan untuk efek campuran dan bukan hanya satu jenis saja. Jadi ketika Anda memutuskan untuk memilih investasi pada Reksadana jenis ini itu artinya telah berinvestasi pada tiga macam efek yaitu obligasi, saham, dan juga deposito sekaligus.

1. Cocok untuk Pemula

Investasi ini cocok untuk para investor pemula atau individu yang senang memilih investasi dalam jangka waktu sekitar 3 sampai 5 tahun. Resiko investasi ini juga tidak terlalu besar. Resiko akan tersebar sehingga apabila Anda gagal dalam satu aset maka bisa mendapatkan keuntungan pada yang lainnya.

2. Memberi Return Besar dengan Modal Kecil

Hal menarik lain yang ditawarkan oleh investasi reksadana campuran adalah Anda bisa mendapatkan timbal balik yang besar bahkan mencapai 71% hanya dalam waktu 3 tahun. Meskipun angka tersebut merupakan return terbesar yang pernah tercatat, akan tetapi Anda juga tetap mungkin untuk mendapatkan return pada angka sekitar tersebut.

3. Lebih aman

Jika dibandingkan dengan investasi Reksadana Saham, Reksadana campuran ini sangat rendah risiko. Apabila Anda mengalami kerugian pada satu aset maka nantinya tetap bisa mendapatkan keuntungan dari aset lain. Hal ini dikarenakan investasi campuran memanfaatkan modal untuk beberapa aset sekaligus.

Berbeda halnya jika Anda hanya menginvestasikan pada 1 jenis aset misalnya saja saham. Jika ternyata mengalami kerugian, Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan lain.

4. Lebih Untung Dibanding Rekasadana Pendapatan Tetap

Sedangkan bila dibandingkan dengan jenis Reksadana pendapatan tetap, keuntungan atau timbal balik yang didapatkan dari reksadana campuran juga akan lebih besar. Hal ini dikarenakan Reksadana pendapatan tetap merupakan investasi pada instrumen obligasi dengan resiko yang sangat kecil.

Anda yang berinvestasi pada obligasi atau Reksadana pendapatan tetap, timbal balik yang didapatkan dalam satu tahun hanya sekitar 15% saja. Sedangkan jika memilih investasi campuran, Anda bisa mendapatkan return mencapai 71% dalam 3 tahun.

Risiko Investasi Reksadana Campuran

Setiap investasi memiliki keuntungan dan resiko, begitu juga dengan Reksadana campuran dan Reksadana saham. Berikut ini adalah resiko yang harus dihadapi jika memilih investasi campuran ini:

1. Fluktuasi Pasar

Fluktuasi pasar harus selalu diwaspadai oleh para investor karena harga saham seringkali bergejolak dan tidak menentu. Akan tetapi jika Anda mampu menangani resikonya, maka akan tetap mampu mendapatkan keuntungan yang besar dan menghindari kerugian.

2. Manajer Investasi Kurang Profesional

Berinvestasi Reksadana campuran atau reksadana saham sebaiknya memilih manajer investasi yang profesional. Apabila ternyata manajer investasi kurang competent dikhawatirkan uang yang diinvestasikan justru akan mengalami kerugian.

Untuk menghindari hal seperti ini, Anda harus benar-benar menganalisis tempat investasi reksadana yang tepat. Bersama dengan digibank by DBS, Anda akan mendapatkan manajer investasi yang kompeten dan berpengalaman.

Digital Banking dari digibank by DBS ini menjadi solusi yang menarik bagi masyarakat modern karena memberikan banyak sekali kemudahan dalam bertransaksi bahkan berinvestasi.

Keuntungan Investasi Reksadana Bersama digibank by DBS

Melakukan investasi memang sebaiknya dilakukan secara serius agar dapat memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. Bersama dengan digibank by DBS, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan dalam investasi di antaranya:

1. Terdapat tiga pilihan Reksadana kategori kinerja terbaik, terpopuler dan juga scoring terbaik.

2. Tersedia 50 lebih pilihan produk Reksadana

Anda bisa memilih produk Reksadana paling sesuai dengan keinginan, salah satunya yaitu reksadana campuran. digibank by DBS dipilih oleh banyak investor karena di sana terdapat sajian lengkap investasi ala rumah makan Padang.

3. Pembelian dapat dilakukan secara fleksibel dan berkala

Lewat digital banking dari digibank by DBS Anda bisa melakukan pembelian saham atau investasi secara berkala. Hanya dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat melakukan investasi dari mana saja secara mudah dan praktis.

4. Anda bisa berinvestasi dengan modal minim mulai dari Rp100.000

Para pemula tentu akan sangat menyukai keunggulan dari investasi bersama digibank by DBS. Anda tidak harus mengeluarkan modal yang besar apabila ingin menghindari risiko kerugian. Apabila nantinya sudah terbiasa melakukan investasi dengan modal kecil, selanjutnya Anda tidak akan takut lagi jika ingin berinvestasi dengan modal besar.

5. Anda bisa daftar SID, jual- beli saham dan yang lainnya dengan mudah menggunakan aplikasi digibank by DBS.

Aplikasi digibank by DBS dapat diinstal di Smartphone, kemudian Anda bisa mendaftarkan diri untuk berinvestasi. Hanya dari genggaman saja Anda sudah bisa investasikan uang sehingga menjadi lebih menguntungkan.

Apabila Anda tertarik untuk melakukan investasi reksadana campuran atau bahkan Reksadana saham, Anda bisa membelinya melalui digibank by DBS. Cara investasi reksadana melalui digibank by DBS juga sangatlah mudah.

Berinvestasi Reksadana saham bersama dengan digibank by DBS membantu Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar dengan resiko yang minim. Anda akan mendapatkan manajer investasi yang handal serta memiliki akses selama 24 jam dengan menggunakan digibank app. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa follow Instagram @digibankid.



Posting Komentar

0 Komentar

Pembuatan Blog Murah!

Hobi nulis? Publikasikan tulisan pada personal blog dan hasilkan cuan dari blog mu sekarang!

Buat Blog di Sini !