Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Menstruasi Sejak Dini

Pretty Black Cat

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Menstruasi Sejak Dini



 

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini

Halo para perempuans.. Diumur berapa nih kalian tahu tentang Hari Kebersihan Menstruasi atau Menstrual Hygiene Day? Atau yang simple aja deh, sejak kapan kalian tahu tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi? Artinya, mulai tahu harus menjaga betul area intim kita.. Coba komen di bawah yaa..

Jujur, saya sendiri baru beberapa hari lalu tahu kalau ada peringatan Menstrual Hygiene Day, di mana hari tersebut jatuh pada tanggal 28 Mei setiap tahunnya. Peringatan Menstrual Hygiene Day sepertinya memang patut diingat ya. Karena sudah sepantasnya kaum perempuan menjaga kebersihan daerah kewanitaannya dengan sebaik mungkin.

Lantas, sejauh mana kaum perempuan harus mengetahui tentang kebersihan saat menstruasi? Sudahkah perempuan menjaga dengan benar organ kewanitaaannya saat menstruasi?

Pemaparan dari para ahli tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi di bawah bersama dengan data-data yang ada, akan membuka mata kita dan lebih menyadarkan pentingnya memahami Manajemen Kebersihan Menstruasi. Yuk, baca artikel ini sampai habis yaa..

Menstrual Hygiene Day, Sehat dan Bersih Saat Menstruasi

Dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi atau Menstrual Hygiene Day pada tanggal 28 Mei 2021 lalu, Betadine mengadakan webinar seru, bersama dengan para pembicaranya, antara lain:

- dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid, perwakilan dari Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jakarta 

- Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH, anggota pengurus besar Perkumpulan Obsetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)

- Anna Surti Ariani, S.PSi, M.Si, seorang psikolog

- Adi Prabowo - FemCare Product All

- Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia

Masing-masing nara sumber memberikan pemaparan dengan data-data yang mungkin sama sekali belum diketahui banyak kaum perempuan dalam urusan Manajemen Kebersihan Menstruasi.

Tapi sebelum melanjutkan, ada satu hal unik nih tentang sejarah penetapan Menstrual Hygiene Day pada tanggal 28 Mei, yaitu bermakna 28 hari siklus bulanan menstruasi yang dialami perempuan selama rata-rata 5 hari dijalani. Pasti kamu baru tahu ya? Saya juga, kok, hihi..

Apa Itu Menstruasi?

Mayoritas kaum perempuan mungkin hanya sekadar mengetahui bahwa menstruasi itu adalah keluarnya 'darah' dari area intim perempuan. Itulah makna sederhana dari menstruasi. Padahal, definisi komplit menstruasi adalah sebuah kondisi yang normal dialami setiap perempuan, yakni keluarnya 'darah' dari organ intim perempuan selama 5-7 hari dengan periode setiap 28 ,21, atau 35 hari.

Menstruasi juga pertanda bahwa sel telur telah matang dan siap dibuahi. Dengan kata lain, siap bereproduksi untuk memiliki anak. Darah menstruasi sebenarnya adalah lapisan dalam rongga rahim, yang berfungsi sebagai tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi, yang kemudian berkembang menjadi janin.

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini
Paparan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

Tidak cukup hanya dengan memahami apa itu menstruasi, tetapi juga harus mengetahui betul bagaimana menerapkan manajemen dalam kebersihan area intim saat menstruasi. 

Menurut Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH, berikut adalah hal penting yang harus kaum perempuan ketahui lebih dalam tentang kebersihan saat menstruasi, yakni:

• Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.

• Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi

• Memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga

Ketidakrutinan membersihkan area intim saat menstruasi atau malas mengganti pembalut, tentu saja akan berakibat buruk bagi kesehatan miss V, Seperti infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur, hingga peningkatan risiko kanker serviks.

Mirisnya, kesadaran kaum perempuan masih sangat minim, mulai dari bingung harus melakukan apa saat pertama kali menstruasi, tidak mencuci tangan saat mengganti pembalut, bahkan ada pula yang mengganti pembalut 2 kali sehari, padahal idealnya mengganti pembalut itu minimal 4 jam sekali, agar terhindar dari berbagai masalah infeksi pada miss V.

Cara Menjaga Kebersihan Masa Menstruasi


Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini
Paparan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH

Wahai kaum perempuan, mohon dicatat ya cara menjaga kebersihan saat menstruasi. Mohon untuk mengabaikan mitos-mitos yang terlanjur beredar di masyarakat atau bahkan lingkungan keluarga. Karena memang beberapa mitos yang beredar cukup meresahkan, dan malah membuat kebersihan tersebut semakin terabaikan.

Pentingnya Peran Ibu dan Edukasi Usia Dini

Ibu, selalu saja menjadi ujung tombak segala pengetahuan dan pendekatan. Melalui ibu harusnya anak perempuan bisa lebih memahami apa itu menstruasi. Mengapa terkadang seorang ibu atau orang terdekat enggan atau sulit menyampaikan persoalan menstruasi?

Seringnya orang menganggap tabu masalah menstruasi sehingga bingung harus memulai dari mana pembicaraan mengenai menstruasi. Selain itu, kurangnya pengetahuan ibu, yang menyebabkan anak perempuannya pun menjadi ragu untuk percaya apa yang dijelaskan sang ibu. Padahal, 90% anak perempuan akan percaya kepada orangtua dan guru sebagai sumber informasi (DITPSD 2017).

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini
Paparan Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si.

Lantas, apa yang terjadi jika persoalan menstruasi tidak disampaikan? Pastinya sikap anak akan berubah menjadi takut, cemas, bahkan marah, serta ketidaksiapan menghadapi menarke dan juga kesalahpahaman yang didapat.

Berbagai persiapan juga harus dihadapi ibu ya. Seperti pertanyaan-pertanyaan seputar menstruasi yang sering kali ditanyakan anak. Misalnya, apa tanda-tanda menstruasi? Berapa lama terjadinya? Kenapa perempuan harus menstruasi? Dan pertanyaan lainnya.

Untuk itu, mbak Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., merangkum hal-hal umum yang sering dibicarakan saat sebelum dan sesudah menstruasi, perhatikan gambar berikut:

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini
Paparan Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si.

Mbak Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. juga memaparkan tips bicara menstruasi dengan cara terbaik, yaitu:

1. Peran ibu sangat diharapkan, karena melalui ibu lah anak perempuannya bisa lebih percaya, asalkan pengetahuan sang ibu tentang menstruasi juga akurat, dan bukan malah membesar-besarkan mitos menstruasi yang beredar di masyarakat.

2. Bicara bahwa menstruasi bukan hal tabu, melainkan hal yang harus dipahami secara bersama-sama, supaya tidak ada lagi kesalahpahaman atau rasa mengabaikan satu sama lain, terutama kaum perempuan.

3. Lakukan berulang kali, karena hal semacam ini memang harus dipahami secara perlahan bagi anak perempuan.

4. Berpikir positif, karena sering kali isu-isu pubertas membuat para remaja merasa sensitif.

5. Banyak bertanya dan berdiskusi, karena dengan bertanya dan mencari informasi seputar informasi menstruasi akan lebih baik daripada hanya menerka-nerka pengetahuan yang masih minim dimiliki. Ibu bisa berbagi pengalaman pribadi secara positif.

6. Jelaskan secara kongkrit jangan setengah-setengah, misalnya dengan alat peraga atau memperlihatkan bagaimana cara memakai pembalut, dsb.

7. Jelaskan juga ke anak laki-laki, supaya lebih mengerti dan memahami perempuan. Hal ini termasuk penting, karena menghindari bullying yang terjadi apabila anak perempuan sedang menstruasi.

Dukungan Pemerintah Dalam Manajemen Kebersihan Menstruasi

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini

Melihat berbagai fakta-fakta di atas yang dipaparkan dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid, masalah ini seharusnya memang bukan tanggung jawab keluarga saja, namun juga pentingnya peran pemerintah dalam mendukung kaum perempuan agar teredukasi masalah menstruasi dengan lebih baik.

Sejalan dengan penjelasan-penjelasan sebelumnya bahwa Manajemen Kebersihan Menstruasi merupakan pengeloaan kebersihan dan kesehatan yang harus diperhatikan. Beberapa program pun dibuat untuk membantu mendukung kesehatan reproduksi remaja, antara lain:

UKS

Usaha Kesehatan Sekolah, di mana pihak sekolah bekerjasama dengan puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Posyandu Remaja

Pos Pelayanan Terpadu Remaja merupakan wadah pos kesehatan remaja yang memfasilitasi masalah remaja pada masa pubertas.

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Menstruasi Sejak DiniMenstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Menstruasi Sejak Dini

Aku Bangga Aku Tahu

Penyuluhan rutin yang diadakan ke sekolah terkait kesehatan reproduksi remaja serta penyakit infeksi menular seksual.

Vaksinasi HPV

Pelaksanaan Program Bulan Imunisasi Anak Sekolah mulai dari kelas 5 dan 6 untuk mengurangi risiko kanker serviks.

Menstrual Hygiene Day pada webinar ini seakan memberikan kesadaran yang lebih kepada diri saya sendiri tentang pentingnya menjaga kerbersihan saat menstruasi, memanajemen kebersihan area intim saat menstruasi dengan sangat baik. 

Dan dengan dibukanya data-data di atas oleh para pembicara, rasanya memang butuh kesabaran untuk mengedukasi kaum remaja perempuan dan juga sebagai ibu sudah semestinya turut andil dalam mengedukasi anak-anak perempuannya untuk mengenalkan apa itu menstruasi.

Manajemen Kebersihan Menstruasi memang harusnya sejak dini diajarkan ya. Semoga semua pihak, bukan hanya ibu, bisa siap menjadi sumber informasi untuk MKM.

Mari Menjaga Kesehatan & Kebersihan Area Kewanitaan dengan Betadine

Ibu Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia, mengatakan bahwa Mundipharma Indonesia bertujuan dan terus berkomitmen untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini adalah perempuan yang diwajibkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya.

Mundipharma Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi guna mendukung kampanye khusus perempuan ini. Selain itu, Mundipharma Indonesia juga turut membagikan buku saku yang bertajuk "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Hal ini disampaikan langsung oleh Mas Adi Prabowo saat pembukaan webinar lalu.

Melalui kegiatan edukasi ini, diharapkan agar seluruh perempuan Indonesia baik usia remaja maupun dewasa, semakin memahami bagaimana cara memanajemen kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya saat menstruasi yang perlu diketahui sedini mungkin.

Mundipharma Indonesia dan BETADINE® Feminine Care tengah serius dalam mengkampanyekan persoalan Manajemen Kerbersihan Menstruasi, serta gencar-gencarnya mengajak perempuan Indonesia supaya lebih mengetahui dan mengerti secara ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan miss V.

Salah satu yang digaungkan adalah dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan pH miss V serta saat menstruasi, sehingga terhindar dari segala jenis infeksi.  Dengan ini, BETADINE® Feminine Care menyediakan dengan lengkap rangkaian produk berkualitas tinggi khusus area kewanitaan. Mulai dari pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik, pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik, pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator, sehingga mudah digunakan. Tersedia pula produk tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 

Menstrual Hygiene Day, Pentingnya Edukasi Sejak Dini

Betadine begitu peduli terhadap kesehatan kebersihan area intim perempuan. Untuk itu jangan lupa agar selalu sedia Betadine, supaya kesehatan miss V selalu terjaga. Untuk pembelian produk Betadine bisa cek di e-commerce https://shopee.co.id/betadineofficial atau di https://www.tokopedia.com/betadineofficial?source=universe&st=product.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan berbagi informasi yaa.. Sampai jumpaa..


Pict: canva



Posting Komentar

45 Komentar

  1. Cukup terkejut lihat datanya, ternyata masih banyak yang tidak sadar akan kebersihan area kewanitaannya ya.

    Semoga dgn dukungan dari banyak pihak, dan siap menjadi sumber informasi yang akurat, kesadaran kaum perempuan akan MKM pasti meningkat.

    BalasHapus
  2. Sekarang ini, udah bukan hal yang tabu lagi yaa ngomongin menstruasi pada anak, justru malah lebih baik diinformasikan sejak dini agar anak lebih sadar dan tahu tentang hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bener mbak. dengan pemahaman sederhana aja supaya anak bisa cepat ngerti.

      Hapus
  3. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya mbak, jadi nambah pengetahuan seputar MKM.

      Hapus
  4. Wah, kalau saya cukup tahu sekilas saja kali yaa kak. Kalau tahu sampai mendalam edukasinya bisa horor ntar. Anak zaman sekarang sepertinya cepat banget yaa kak masa pubertasnya? Dulu saya SMP, sunat, dll. Sekarang anak SD udah pubertas. Apakah mungkin karena faktor pikiran yang dipaksa dewasa karena masih kecil sudah diperkenalkan pacaran dll? Heran loh saya, masih kecil-kecil, tapi sudah tumbuh. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. pengetahuan ini juga penting buat laki-laki, lho. supaya bisa melindungi, ya setidaknya nggak ngebully lah. kalo masalah dipaksa dewasa ya tergantung orang tuanya juga sih atau pergaulan sekitarnya gimana, kan lingkungan orang beda-beda.

      Hapus
  5. Tulisan yang lengkap untuk dijadikan referensi buat anak saya nih

    BalasHapus
  6. seneng banget deh ikutan webinar ini, materinya lengkap dan nambah wawasan banget tentang menstruasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, pengetahuan yang penting banget diedukasi sejak dini, ya..

      Hapus
  7. Bingung juga di tanya gini. Kayanya sih pas udah gede juga. Aku dulu ngerasa banget kurangnya ilmu tentang ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sama mbak, aku juga nih telat edukasinya, huhu..

      Hapus
  8. senangnya bisa ikutan webinar ini, jadi bisa bedain mana mitos, mana fakta ya :) luar biasa nih ilmunya, semoga bisa kita informasikan ke siapapun yang membutuhkan :)

    BalasHapus
  9. Pada akhirnya membersihkan arwa intim saat masa menstruasi datang memberi dampak positif juga untuk kesehatan kaum perempuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, setuju. MKM memang satu paket deh kak.

      Hapus
  10. Happy sih sekarang campaign atau seminar2 tentang reproduksi banyak dilakukan. Jadi diharapkan semua orang dari remaja sampai ibunya tetedukasi. Membangun kesiapan anak pas mens, pergaulan sehat, dan penyakit2 gini sungguh insightful :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak Wid. MKM bukan jadi hal tabu lagi bukan diketahui.

      Hapus
  11. semoga banyak yang sharing-sharing tentang kebersihan menstruasi. agar tidak tabu lagi untuk membicarakannya. baca tulisan ini jadi ngingetin diri untuk mengganti pembalut sesuai dengan anjuran kesehatan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener dong Vie.. Manfaat banget dah ni zoominarnya buat perempuans..

      Hapus
  12. Mengedukasi skali ya, jdi inget jaman skula dlu edukasi ttg menstruasi tuh cma sekadar dri sales produk pembalut yg datang ke skolahan aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. bener nih mbak, kalo sekarang mah udah bisa tau dari mana-mana ya.

      Hapus
  13. informasinya lengkap buat anak keduaku nanti. kesehatan kewanitaan memang sangat penting untuk diperhatikan. thanks for sharing mbak

    BalasHapus
  14. Mantap nih mba kyy, aku baca ini jadi makin pengen vaksin hpv dehh :((

    BalasHapus
  15. Apalagi orang2 yg tinggal di pedalaman yang minim pengetahuan dan masih menganggap tabu kalau bahas masalah mens ini pada anak laki-laki yaa mba..
    Padahal dgn jaman sekarang yang serba teknologi, pemahaman tentang mens ini sangat diutamakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, dukungan pemerintah untuk lebih mensosialisasikan MKM juga perlu buat warga pedalaman.

      Hapus
  16. cara zoominar kemarin managemen kesehatan dan kebersihan diri ini keren banget asli, banyak yang bisa kupelajari dan berbenah lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun gitu mbak Nyi. jadi sadar kalo ganti pembalut itu 4 jam sekali bukan 2 hari sekali, hihi..

      Hapus
  17. Beruntung ya emak dan anak gadis zaman now.. edukasi terkait hal2 penting, termasuk menstruasi sudah menjamur. Jadi semakin berwawasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yak bener mbak, bener banget.

      Hapus
  18. Ini keren webinar menstrual hygine daynya, para perempuan jadi bisa lebih aware dengan kebersihan selama masa mentruasi, sementara remaja jadi lebih siap menghadapi masa menstruasinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups mbak. makanya orang tua harus siap juga nih buat kasih edukasi ke anak.

      Hapus
  19. terima kasih untuk informasinya kak. sangat bemanfaat sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali sudah mampir.

      Hapus
  20. MKM baiknya memang perlu di ajakan sejak dini ya mbak, supaya terdapat kesalingan juga antara laki-laki dan perempuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul. ini wajib jadi pengetahuan bukan untuk kaum perempuan aja, tapi juga lelaki.

      Hapus
  21. Sebagai generasi muda, rasanya sangat miris sekali melihat data-data di atas. Sungguh sangat disayangkan jika pemerintah masih mengesampingkan masalah ini. Semoga bisa lebih suppot lagi ya baik dari oeang-orang terdekat maupun pemerintah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaps.. setuju sekali nih. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  22. Pentingnya mengedukasi MKM sejak dini ya kak, izin share dan save ya kak buat sodara temen dan keluarga, hehe.. tengqyu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, silakan dishare sebanyak-banyaknya. terima kasih kembali.

      Hapus
  23. pertama dapet aku smp, kelas 1 kayanya. lupa lagi, hehehe. waktu itu syok sih, langsung curhat sama ibu, hehehe. sekarang aku udah lama gak dapet karena pake KB, rasanya agak lupa juga kaya gimana, hehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.