Ajarkan Anak Doa-doa Besar Saat Ramadhan, Yuk!

Pretty Black Cat

Ajarkan Anak Doa-doa Besar Saat Ramadhan, Yuk!



Ajarkan Anak Doa-doa Besar Saat Ramadhan, Yuk!

Berdoa diwaktu Ramadhan memang dipercaya adalah saat terbaik (mustajab) untuk Allah mengabulkan permintaan hambaNya. Karena dengan berdoa kita diberikan kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, meminta ridha dan memohon ampun padaNya.

Namun, jangan hanya berdoa untuk diri sendiri saja, alangkah baiknya jika kita juga berdoa untuk orang lain. Dan kemudian, mari dengan senang hati ajarkan kepada pada anak-anak kita agar mereka memahami dan senantiasa meminta segala hal baik hanya kepada Rabbnya..

Yuk, ajarkan anak-anak kita doa-doa besar saat Ramadhan. Baca artikel ini sampai habis yaa..

1. Menyantuni Anak Yatim

Bulan Ramadhan biasanya identik dengan berbagi kepada anak yatim. Nah, jadikan momen ini sebagai waktu untuk berdoa, sekaligus mengajarkan kepada anak-anak kita untuk senantiasa berbagi kepada anak yatim.

"Allahummar zuqni fiihi rahmatal aytaam wa ith'aamat tha'aam wa ifsyaas salaam shuhbatal kiraam bithoulika yaa maljal aamiliin."

Artinya: "Ya Allah.. Berilah aku rezeki berupa kasih sayang terhadap anak yatim dan pemberian makan dan penyebaran salam dan pergaulan dengan orang-orang mulia, dengan kemuliaan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap."

2. Membangun Perpustakaan di Pelosok Negeri

Ajarkan kepada anak untuk bersikap peduli terhadap sesama, terutama kepada anak-anak di pelosok negeri yang masih memiliki keterbatasan dalam mencari ilmu serta mendapatkan buku-buku pelajaran. Untuk menunjukkan kepeduliannya, ajak anak untuk berbagi buku. Lalu, pandu anak untuk berdoa supaya kelak bisa berbagi lebih banyak buku kepada anak-anak di pelosok negeri.

3. Beribadah Haji Bersama-sama

Sebagai orang tua, ajarkanlah kepada anak tentang Rukun Islam, agar anak dapat mengenal agamanya dengan lebih baik. Selain berpuasa dan berzakat, ibadah haji juga termasuk sebagian dari Rukun Islam yang dikerjakan ketika seseorang telah mampu.

Maka dari itu, ajak anak untuk berdoa supaya kelak bisa berangkat haji bersama keluarga, dan juga dapat memberangkatkan haji banyak orang.

4. Mampu Membangun Masjid

Masjid adalah tempat beribadah bagi umat muslim. Ajarkan kepada anak tentang tenangnya hati jika kita beribadah di dalam masjid. Dan ceritakan pula sejarah tentang masjid dari seluruh dunia, agar anak memahami bahwa masjid bisa menjadi tempat terbaik untuk beribadah.

Ajarkan doa kepada anak supaya suatu saat nanti mampu untuk membangun masjid, agar semakin banyak orang-orang yang beribadah ke masjid.

5. Beri Kesempatan Kepada Anak untuk Berharap Pada Rabbnya

Setelah mengajarkan banyak doa kepada anak, cobalah untuk memberi kesempatan kepada anak untuk mengucapkan harapan-harapannya yang terbaik bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk orang banyak.

Mengajarkan anak untuk berdoa sebanyak dan sebaik-baiknya, memohon deridhaan Allah SWT. atas harapan dan kebaikan yang ingin diraih. Insya Allah dengan begitu, Allah senantiasa akan membimbing anak untuk tumbuh dengan rasa saling peduli serta kesabaran yang luar biasa.

Sebagaimana dikatakan dalam Al-Qur'an, "Dan Tuhanmu berfirman, berdoalah kepada Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu." (QS Ghafir: 60)

Maka perbanyaklah berdoa kepada Allah SWT. Apalagi berdoa di waktu-waktu mustajab seperti saat turun hujan, saat setelah adzan berkumandang dan waktu lainnya. Jangan putus berdoa, jangan bosan untuk berdoa, tetap berikhtiar dan bersabar dalam berharap kepada Allah SWT. Satu hal lagi, semoga anak-anak kita kelak bisa menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah, aamiin.. 

Jika artikel ini membawa banyak manfaat, silakan dishare ya. Sampai jumpaa..


Ref:
https://www.farah.id/read/2021/04/15/6180/mampu-membangun-masjid-salah-satunya-ajarkan-5-doa-besar-di-bulan-ramadhan-ini-kepada-ananda
http://www.hajij.com/id/ramadan/item/80-menyayangi-anak-yatim-pesan-doa-hari-kedelapan-bulan-ramadhan-


Posting Komentar

0 Komentar