Ingin Lebih Produktif? Coba Kurangi Kebiasaan Berikut

Pretty Black Cat

Ingin Lebih Produktif? Coba Kurangi Kebiasaan Berikut



Ingin Lebih Produktif? Coba Kurangi Kebiasaan Berikut

Sebagai seorang blogger, terkadang banyak kebiasaan buruk yang saya lakukan dan menghambat produktivitas dalam menulis. Hihi.. Bahasanya itu lho..

Dari situlah saya jadi berpikir, bener juga sih ya. Intinya sih, terlalu banyak membuang waktu menulis (tentunya di luar aktivitas sebagai ibu rumah tangga yaa, kalo ini sih prioritas, hihi).

Mungkin ada yang sama seperti saya, yang sering kali nggak sadar bahwa banyak waktu yang telah terbuang percuma? Jadi nggak bisa menghasilkan banyak tulisan, jarang mampirin blog teman-teman, huhu..

Berikut ini, adalah beberapa kebiasaan yang sejenak menghentikan kegiatan ngeblog yang sering kali saya lakukan tanpa sadar, haha.. mohon maap sekeluarga ya blooggg..

Ingin Lebih Produktif? Coba Kurangi Kebiasaan Berikut

Jangan kaget ya kalau saya sering melakukan hal-hal kurang penting di bawah ini, haha.. Ada yang sama? Coba komen di bawah.

Scrolling atau Explore Media Sosial

Yakinlah, bahwa kegiatan satu ini nggak akan ada habisnya, wkwk.. Apalagi buat kaum rebahan (bukan saya), hal (yang katanya) menarik ini, bisa membuat waktu kamu benar-benar habis dengan percuma. Gimana lagi yang terus kepoin akun Instagramnya, tanpa sadar udah terlewati satu jam, dua jam dan seterusnya. Nah itu parah sih, haha..

Jujurly, saya memang terkadang suka scrolling atau explore berbagai hal di medsos khususnya Instagram. Tapi, beberapa kali saya cari ide konten blog sih, jadi niatnya ya ke situ. Cuma kalau lagi ada yang lucu atau berbau makanan gitu, kadang suka berhenti buat nengok sampai habis, kebablasan ceritanya, hihi..

Multitasking

Dibeberapa kesempatan, multitasking memang diperlukan ya. Terutama buat yang namanya ibu-ibu, hal ini seakan menjadi lumrah untuk dilakukan. Tapi, di luar daripada itu, contohnya dalam dunia menulis, sering kali saya (sok-sok-an) merasa sanggup menulis dibanyak blog. Padahal nyatanyaaa.. menulis disatu blog aja suka keteter mikir idenya, duuh..

Tapi kadang saya disuruh bikin konten dibeberapa web yang dibuat dan dikelola suami saya yang notabene adalah anak web. Jadi ya mau nggak mau harus bisa ngerjain semuanya dalam satu atau beberapa waktu.

Terlalu Banyak Grup / Notifikasi

Grup keluarga, grup SMA, grup SMP, grup SD, grup support medsos, grup kakak-adik, grup goyang racunShopee, grup SEO, 3 grup antologi, grup job (yang datang silih berganti). Sebetulnya, saya juga hanya aktif dibeberapa grup aja. Tapi ya itu, kadang kalau lagi asyik bales-balesan chat di salah satu grup, kadang suka lupa waktu, jadi nggak ada yang menghakhiri, haha.. Dan dibeberapa grup saya  lebih sering jadi silent reader, yang hanya kalau ada perlu aja komen. Memang harusnya begini sih ya, wkwk..

Terlalu Sering Menunda

"emm.. nanti mau nulis tema sadar buat 1minggu1cerita, ah.."

a few moments later..

lipat baju, rebahan, cuci piring, main sama anak, bantuin suami update webnya, daaan lain-lain..

Sama halnya ketika saya ingin mengerjakan pekerjaan rumah. Ya gitu, adaaa aja yang dikerjain selain niat utamanya. Saya rasa hal ini wajar ya. Intinya jangan menunda aja dan niat kerjaan awal tetep diselesaikan, hihi..

Kurang Tidur

Dan yang terakhiiir.. Ini nih yang sampai sekarang masih belum bisa saya hilangkan kebiasaannya. Idealnya kan tidur itu 7-8 jam perhari ya. Tapi saya masih suka tidur kurang dari itu. Bahkan lebih sering tidur larut dan hampir begadang, huhu.. Kecuali, kalau udah ngerasa pusing berat, atau mata udah lelah sangat, tidurnya bisa 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Memang hal-hal di atas bisa jadi pemicu menurunnya produktivitas kita ya. Untuk itu, mari secara sadar diri mengurangi hal-hal yang membuat waktu kita terbuang dan menjadikan kita manusia yang unproduktif. Semangat membangun niat dan menghasilkan banyak karya yang bermanfaat, yuk! Sampai jumpaa..


Ref: http://bit.ly/3cxVofE

Gif: canva



Posting Komentar

3 Komentar

  1. Di antara semua itu, yg paling kerass itu Scrolling sosmed 😆 Misal pas mau tidur, niatnya cuma mau liat sosmed bentar2. Eh tau2 udah sejam lebih 🙈🙈 Pdahal waktu segitu udah bs dipake buat ngeblog, BW, baca, atau tiduur 😅 Racun memang. Hehehe..

    BalasHapus

  2. Kayaknya saya lagi struggle sama too much groups dan terlalu suka menunda. Semoga bisa segera melejitkan level produktivitas. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  3. Kesemuanya sedang saya alami akhir" ini, khususnya kurang tidur. Dan betul kak kyn, produktifitas saya khususnya menulis di blog jadi berkurang.

    Alhasil sekarang ini saya berusaha menjauhi sosial media yang gak penting" amat. Pola tidur juga mulai diatur lagi meski masih agak membandel sih. 😫

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.