Seni Membuat Musikalisasi Puisi Menyentuh dan Keren

Pretty Black Cat

Seni Membuat Musikalisasi Puisi Menyentuh dan Keren



Tips Membuat Musikalisasi Puisi Menyentuh dan Keren

Musikalisasi puisi yang saya buat pertama kali sekitar satu tahun lalu. Walaupun masih amatir, haha.. Tapi lumayanlah bikin saya senang, apalagi denger suara sendiri, PD nggak PD juga sih, hihi..

Tapi buat kamu yang mau belajar bikin musikalisasi puisi, caranya gampang kok. Yuk ikuti step-step berikut ini:

Apa Itu Musikalisasi Puisi?

Musikalisasi puisi adalah cara lain berpuisi yang dibacakan seorang penyair dengan diiringi musik. Terjadinya kolaborasi antara sastra dengan musik yang bertujuan agar penikmat puisi (audiens) bisa memahami pola yang tersusun dari gambaran puisi yang dibawakan penyair.

Musikalisasi puisi memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

1. Membangkitkan imajinasi audiens.

2. Setiap baitnya lebih mudah dipahami cenderung bermakna dimata audiens.

3. Penyair dan audiens sama-sama bisa lebih menghayati bait demi baitnya.

4. Musikalisasi puisi juga bisa menjadi hiburan untuk penyair dan audiens.

Cara Membuat Musikalisasi Puisi

Setelah tahu definisi, tujuan, dan juga manfaat musikalisasi puisi, tertarikah kamu untuk mulai membuat musikalisasi puisi?

Kalau pengalaman saya sih, beberapa tempat blogger yang masih sekolah, mereka sempat mendapatkan tugas membuat musikalisasi puisi ini. Jadi, seperti apa sih cara-cara membuat musikalisasi puisi? Ini dia poin-poinnya:

1. Memilih puisi

Memutuskan untuk membuat atau memilih puisi yang benar-benar cocok untuk diiringi dengan musik. Untuk pemula, sebaiknya cari pusi yang mudah dulu saja, sebagai bahan belajar. Bisa memilih puisi karya orang lain dengan syarat tuliskan sumber referensinya ya. Atau, bisa membuat puisi karya kamu sendiri.

2. Memahami setiap bait puisi

Dari puisi yang terpilih atau yang telah dibuat, ada baiknya kamu membacanya perlahan, dan pahami dengan seksama setiap bait yang tertulis. Dalami setiap kosa-katanya, agar perasaan muncul ketika membacakan puisinya. Perhatikan pula tema, rima, dan suasana yang dapat mendukung terhayatinya puisi.

3. Menentukan jenis alat musik

Biasanya sih alat musik yang digunakan untuk mengiringi sebuah puisi, tergantung dengan tema puisi itu sendiri. Tapi kebanyakan sih orang-orang menggunakan gitar, atau piano. Walaupun sebenarnya,  bisa menggunakan alat musik apapu sebagai media penyampaian.

4. Menciptakan notasi nada

Tahap ini merupakan tahap di mana kamu mengaransemen notasi nada untuk mengiringi puisi. Pilihlah nada yang cocok dengan makna yang ada di setiap bait. Maka dari itu, kamu harus paham dulu bagaimana karakteristik puisi yang akan kamu musikalisasi. Setiap nada akan mewakili perasaan tertentu, seperti senang, sedih, resah, dan lain-lain. Walaupun tahap ini agak sulit, tapi kamu pasti bisa melewatinya. Apalagi bila kamu rajin mengulik nada untuk mengiringi puisi.

Jika masih belum mampu untuk menciptakan aransemen musik sendiri, kamu bisa menggunakan karya orang lain, dengan catatan, pastikan bebas copywrite atau sertakan nama penciptanya.

5. Menampilkan hasil karya musikalisasi puisi

Tahap akhir adalah, publikasikan karya mukalisasi puisimu. Bagikan melalui media sosial milikmu, atau komunitas penulis. Jangan takut dianggap tidak bagus ya, harus percaya diri dong.

Puisi Sahabat | Kyndaerim

Tips Membuat Musikalisasi Puisi

FYI, ternyata puisi merupakan karya sastra yang istimewa lho. Karena cuma puisi yang dapat dimusikalisasi, sedangkan karya sastra lain tidak. Akan tetapi, ingat, iringan musik harus sesuai dengan makna dari setiap bait puisi. Jangan sampai puisi yang sudah dibuat malah berubah makna karena salah pilih aransemen musik. Terlihat sulit? Tenang saja, kami punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan. Ini dia tipsnya! 

1. Pilih puisi yang kamu suka

Tips yang pertama adalah memilih puisi yang kamu suka. Tidak hanya soal kalimat yang ditulis di tiap bait, tetapi juga makna yang tersurat di dalamnya. Hal ini sebenarnya sederhana, namun sering dilupakan. Apabila kamu suka dengan suatu puisi, maka kamu juga akan semangat saat menguliknya. Hasil musikalisasi puisi yang kamu buat pasti akan bagus hasilnya.

2. Gunakan alat musik yang sederhana

Tips selanjutnya adalah gunakan alat musik yang sederhana. Mengapa begitu? Pada saat musikalisasi puisi, kamu harus menghindari alat musik yang keras dan kasar. Pilihlah alat musik sederhana yang bisa menghasilkan irama lembut dan merdu. Ini juga bertujuan agar audiens nyaman saat mendengar pertunjukanmu.

3. Buat aransemen yang cocok dengan makna puisi

Tips berikutnya adalah membuat aransemen yang cocok dengan makna puisi. Ini adalah hal yang penting. Jangan sampai kamu gagal menyampaikan makna puisi hanya karena aransemen buatanmu tidak cocok dengan makna. Tidak perlu buru-buru saat memilih notasi nada, yang penting hasilnya memuaskan.

4. Cari referensi sebanyak-banyaknya

Tips terakhir adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya. Apabila kamu memiliki banyak referensi, tidak menutup kemungkinan kamu menjadi lebih kreatif saat mengulik makna dan nada puisi. Saat ini kamu akan lebih mudah menemukan karya musikalisasi puisi di internet, salah satunya di YouTube.

Gimana, nggak susahkan bikin puisi musikalisasi? Bisa dong langsung dipraktekin buat kamu yang doyan bikin puisi dan musik. Semoga bermanfaat.. Sampai jumpaa..


Seni Membuat Musikalisasi Puisi Menyentuh dan Keren


Ref: https://bit.ly/2XMSjBr
Gif: canva/kynda


Posting Komentar

7 Komentar

  1. Pernah baca puisi. Pernah lihat pertunjukan musikalisasi puisi. Tapi gak kebayang kalau saya yg bikin...

    BalasHapus
  2. Musikali puisi ini enak banget didengar pas waktu santai. Aku sering denger di radio pada waktu-waktu tertentu

    BalasHapus
  3. wah menarik banget nih tipsnya kak. saya juga pernah bikin musikalisasi puisi, tapi kesalahan utama saya kadang sering minder dan tidak mempublikasi karya karena ga pede dengan suara saya mirip anak kecil hihihi

    BalasHapus
  4. Keren mbak riz musikalisasi puisinya! aku mulai suka puisi itu berawal dari film AADC yang dibacakan si cinta itu yang "pecahkan saja gelasnya" wkwkwwk, semakin kesini sungguh menikmati puisi, meskipun belum bisa buat puisi. Semangat berkarya ya mbak riz

    BalasHapus
  5. Puisi yg ditulis aja sudah indah, apalagi klo diungkapkan dan dibuat dalam musikalisasi puisi gini ya. Sungguh indah

    BalasHapus
  6. saya juga masih belajar nulis puisi juga nih mbak, waah kalau bikin puisi musikalisasi bagus juga nih, cuman saya belum pernah membuatnya. Paling saya cuman pernah bikin video baca pusi untuk share ke youtube

    BalasHapus
  7. Keren deh mbak Ky. Aku belum pernah musikalisasi puisi, bisa dicoba nih tipsnya

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.