Tips Memakai Parfum Agar Awet Seharian



Tips Memakai Parfum Agar Awet Seharian

Saat ini, parfum telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Tanpa parfum, seperti ada yang kurang untuk melengkapi berbagai aktivitas, baik formal maupun informal. Misalnya saat hangout atau acara pesta.

Parfum biasanya digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri, bahkan tak jarang juga untuk mengekspresikan diri. Jadi nggak heran, kalau beberapa orang bisa memiliki banyak parfum.

Jenis-jenis Parfum

Berdasarkan kadar essential oil-nya, parfum dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

1. Eau de Parfum (EDP)

Eau de parfum memiliki kadar essential oil antara 20%-30%. Eau de parfum memiliki aroma yang lebih lembut dan tahan lebih lama hingga 8-12 jam. Parfum jenis ini bisa menjadi pilihanmu untuk acara-acara formal.

2. Eau de Toilette (EDT)

Eau de toilette memiliki kadar essential oil antara 10%-20%. Eau de toilette memiliki aroma yang lebih ringan, dan tahan cukup lama hingga 6-8 jam. Jenis parfum ini bisa digunakan pada acara santai.

3. Eau de Cologne (EDC)

Eau de cologne memiliki kadar essential oil antara 2%-5%. Eau de cologne memiliki aroma yang paling ringan dan tidak tahan lama hanya 2-3 jam saja.

Cara Memilih Parfum yang Tepat

Cara Me.ilih Parfum yang Tepat
Sumber: Canva

Memilih parfum layaknya memilih pasangan hidup, kamu harus memilih yang tepat bukan hanya dari segi aromanya saja, namun juga beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti:

1. Pahami Jenis Parfum

Ada berbagai jenis parfum yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan konsentrasi aroma yang berbeda. Setidaknya, kamu harus memahami jenis parfum terlebih dahulu agar sesuai dengan selera dan karaktermu.

2. Pilihlah Jenis Parfum Sesuai Kebutuhan dan Aktivitas

Kamu bisa memilih jenis parfum dengan wangi tahan lama sebagai teman beraktivitas seharian. Atau pilih jenis parfum untuk aktivitas lain dengan durasi lebih sedikit.

Perhatikan pula waktu dan tempat pemakaian parfum. Jika kamu akan menghadiri acara formal, pilihlah parfum dengan aroma yang lembut dan elegan. Jika kamu akan berolahraga, pilihlah parfum dengan aroma yang ringan dan tidak terlalu menyengat.

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah, pastikan parfum tidak mengiritasi kulit. Kamu bisa memilih jenis parfum yang bebas alkohol.

3. Perhatikan Notes dalam Parfum

Parfum terdiri dari tiga lapisan aroma, yaitu top notes, middle notes, dan base notes. Top notes adalah lapisan aroma yang pertama kali tercium, biasanya bertahan selama 1-3 jam. Middle notes adalah lapisan aroma yang tercium setelah top notes memudar, biasanya bertahan selama 2-4 jam. Sedangkan base notes adalah lapisan aroma yang tercium terakhir dan bertahan paling lama, biasanya hingga 8-12 jam.

Pilihlah parfum yang memiliki notes yang kamu sukai. Misalnya, kamu menyukai aroma yang segar dan ringan, pilihlah parfum dengan top notes yang beraroma citrus, herbal, atau aquatic.

Kemudian, jika kamu menyukai aroma yang lembut dan manis, pilihlah parfum dengan middle notes yang beraroma bunga, buah, atau kacang-kacangan. Terakhir, jika kamu menyukai aroma yang kuat dan maskulin, pilihlah parfum dengan base notes yang beraroma kayu, musk, atau amber.

4. Coba Pakai Langsung

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kamu menyukai aroma parfum tertentu adalah dengan mencobanya langsung pada kulit kamu. Jika kamu membelinya langsung ke toko parfum, mintalah untuk mencoba beberapa jenis parfum.

Cobalah parfum di bagian pergelangan tangan, lalu gosokkan ke belakang telinga. Biarkan parfum tersebut meresap selama beberapa menit sebelum menilai aromanya.

5. Pertimbangkan Harga

Harga parfum bisa bervariasi, tergantung pada merek, jenis, dan konsentrasinya. Pilihlah parfum yang sesuai dengan anggaran kamu dan jangan terlalu memaksa.

6. Cek Testimoni dan Rekomendasi

Bacalah testimoni dan rekomendasi dari orang-orang yang telah menggunakan parfum tersebut. Hal ini bisa membantu kamu untuk menentukan apakah parfum tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Tips Memakai Parfum Agar Awet Seharian

Tips Memakai Parfum Agar Awet Seharian
Sumber: Canva

Ingin tampil maksimal dengan wangi parfum lebih tahan lama? Berikut beberapa tips pakai parfum agar awet seharian yang harus kamu coba, yaitu:

1. Pilih Parfum dengan Konsentrasi yang Tinggi

Parfum dengan konsentrasi tinggi, seperti eau de parfum (EDP) akan lebih tahan lama daripada parfum dengan konsentrasi rendah, seperti eau de toilette (EDT) atau eau de cologne (EDC).

2. Gunakan Parfum Setelah Mandi

Kulit yang lembap akan membantu parfum menyerap lebih baik, bahkan tahan lebih lama.

3. Semprotkan Parfum ke Titik-titik Nadi

Semprotkan parfum pada titik-titik nadi, seperti leher, belakang telinga, pergelangan tangan, dan siku, sehingga aroma parfum akan tahan lebih lama.

4. Semprotkan Parfum dari Jarak yang Tepat

Semprotkan parfum dari jarak sekitar 15-25 cm agar lebih menyebar dan untuk menghindari parfum yang terlalu pekat.

5. Simpan Parfum dengan Benar

Parfum sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering, serta terhindar dari sinar matahari langsung.

Sudah mengetahui jenis-jenis parfum, cara memilih parfum yang tepat serta tips memakai parfum agar awet seharian, sekarang saatnya merekomendasikan produk parfum dari Buttonscarves Beauty.

Buttonscarves Beauty
Sumber: Website Buttonscarves Beauty

Ada banyak jenis Eau de Perfume dengan berbagai aroma yang dapat disesuaikan dengan karakter atau ciri khas wanita masa kini. Dapatkan segera beragam jenis parfum wanita hanya dari koleksi Buttonscarves Beauty untuk tampil lebih percaya diri!



Posting Komentar

17 Komentar

  1. Oalah selama ini daku semprot parfumnya terlalu dekat. Ternyata minimal 15 cm ya jaraknya.

    Belum pernah nih pake parfum Buttonscarves. Coba ahh. Ternyata jualan mereka banyak ya gak hanya kerudung voal.

    BalasHapus
  2. Selama ini saya semprotkan parfum justru bukan di badan, tapi di baju dan kerudung. Hehe ... Pantas gak tahan lama ya wanginya

    BalasHapus
  3. Aku termasuk yang suka ganti2 jenis wangi parfum. Suka pengen ganti-ganti gitu dan bosen dengan wangi yang itu-itu melulu. Makanya kalau mau beli parfum emang suka cobain juga di kulit wanginya tahan lama atau nggak, hehe.

    BalasHapus
  4. ternyata ada trik tersendiri biar parfum tahan lama. selama ini aku ya semprot2 secukupnya aja wkwk

    BalasHapus
  5. Pemilihan dan penggunaan parfum yang tepat, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal ya. Baru tau nih ada parfum cewek dari Buttonscarves Beauty. Kalo saya sih prefer wangi parfum yang cenderung soft, bukan yang menyengat seperti tipe sport. Very nice info

    BalasHapus
  6. Pemilihan dan penggunaan parfum yang tepat, pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal ya. Baru tau nih ada parfum cewek dari Buttonscarves Beauty. Kalo saya sih prefer wangi parfum yang cenderung soft, bukan yang menyengat seperti tipe sport. Very nice info

    BalasHapus
  7. baru tahu juga tata cara memeakai parfume yang baik dan benar terimakasih untuk ilmu nya kan tar saya coba cara-caranya

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau parfum juga ada jenis-jenisnya. Hehehe... kemungkinan kalau yang harganya murah itu. Mungkin yang dibawah angka 60ribuan tapi bjsa dapat banyak, masuknya jenis Cologne de parfum ya Mbak?

    BalasHapus
  9. Jadi pengen Eau de Perfume dari Buttonscarves nih biar lebij awet

    BalasHapus
  10. Pernah denger, katanya parfum kalo dimasukkan ke dalam kulkas gak hanya bikin seger pas dipakai tapi juga bikin wangi tahan lama.

    BalasHapus
  11. Ternyata ga bs sembarangan ya kak utk beli parfum. Ga bs sekadar suka baunya aja tp jg hrs disesuaikan dgn jenis termasuk dgn karakter kita. Plus tempat nyemprot parfum jg ga bs seenaknya. Kbnykn malah nyemprot di pakaian sih. Padahal biasanya hrs di bagian tubuh tertentu.

    BalasHapus
  12. aku lebih demen dengan EDP sih kalau untuk digunakan seharian, kalau untuk rumahan aku tetep pake parfum cologne... kalau harum seharian bikin goodmood banget sih.

    BalasHapus
  13. Bener tu kalau mau pake parfum dan biar wanginya awet, langsung pakenya sesaat setelah mandi. Kalo aku bisa setengah harian tahan wanginya (selama gak berkeringat berlebihan).

    BalasHapus
  14. wah milih parfum juga ternyata banyak yang perlu diperhatikan ya. aku selama ini taunya beli tuh yang menurutku wanginya enak aja dan ga menyengat 😅

    BalasHapus
  15. Thankyouu mba Kyyy tipsnyaa. aku emang seringnya pakai di titik2 nadi sih jadinyaa beneran aweeet kadang 7 jam masih berasa baunya

    BalasHapus
  16. Aku juga pingin wangi sepanjang hari.
    Salah satunya caranya dengan memilih jenis parfum dan wangi yang sesuai serta memilih jenis EDP.

    BalasHapus
  17. Wah, tipsnya berguna banget nih buat yang suka pake parfum! Sering bingung kenapa wanginya cepet ilang, ternyata ada trik semprotin parfum ke titik-titik nadi dan pake setelah mandi. Nanti deh coba tips ini pake parfum dari Buttonscarves Beauty. Semoga wanginya awet seharian! 💖🌸

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!