Pengalaman Blogger Menulis Antologi Berbagai Genre

Pretty Black Cat

Pengalaman Blogger Menulis Antologi Berbagai Genre



Pengalaman Menulis Antologi Berbagai Genre


Pengalaman menulis antologi yang sebenarnya baru akan mau terbit ini, banyak menimbulkan kegaduhan dalam diri, haha.. Kenapa begitu? Karena ternyata, menulis antologi itu memang nggak mudah. Apalagi buat saya yang baru tau soal perantologian sekitar setahun terakhir ini. Pasca mencoba untuk aktif kembali di dunia blogging.

Rasanya sih memang saya terlalu banyak membuang waktu di awal-awal ngeblog. Dimana saya hanya sekadar menulis tanpa mengeksplor dunia menulis di luar sana. Bukan semacam zona nyaman sih, tapi memang "buta" dan benar-benar nggak kepikiran buat "melempar" tulisan saya ke pasaran, wkwk.. Tapi ya saya juga nggak mikir, kalau sebenarnya tulisan kita tuh bisa digabungin jadi satu buku dengan penulis-penulis lain, secupu itu saya duluuu. ampundah..

Nah, di 2021 ini, ada beberapa pencapaian yang ingin saya fokuskan, terutama dalam dunia blogging. Seperti, menerbitkan antologi, lebih serius menerapkan SEO dalam blog, dan mencoba lebih banyak ikut lomba (bisa lomba blog, cerpen, puisi, dll), walaupun sebenarnya masih suka insecure duluan buat bisa menang, hihi..

Antologi Pertama

Antologi pertama saya itu adalah Thoughts dari kak Eno, hihi.. Yang 100% gratis sampai biaya kirimnya jugal hihi.. Tapi waktu itu, saya nulisnya kurang menghayati sih, jadinya ya jadi seadanya, karena juga pertaman kalinya nulis antologi. Jadi nggak tau harus nulis sepanjang apa, atau sedalam apa. Di antologi Thought ini, saya lebih menceritakan diri sendiri sih. Buat yang udah baca pasti taulah ya. Tapi buat yang belum baca, Sebuah Keterpaksaan, cus meluncur..

Antologi Selanjutnya

Kenapa selanjutnyaaa?? Ya karena bukunya belum pada terbit, masih pada diproses, hihi.. Ini dia nih tiga antologi yang sedang saya fokuskan buat menyelesaikannya.

Pertamaada antologi puisi, yang sudah sampai pemilihan cover, tadinya antologi ini sempat mandek nggak ada kabar sejak September 2020 lalu. Sampai akhirnya sang admin kembali dan mengabarkan alasan kenapa terjadi kemandekan yang cukup lama itu. Ada 15 penulis puisi nih yang akan berbagi perasaan melalui puisi.. Kira-kira pada bagus-bagus nggak ya puisinya.. Tunggu terbit aja deh yaa, saya juga penasaran sih, huhu.. Semoga setelah pemilihan cover, nggak ada penundaan lagi, aamiin..

Kedua, ada antologi yang di gagas salah satu komunitas menulis yang saya ikuti, 1minggu1cerita dengan tema parenting. Antologi ini masih pada tahap kurasi. Di dalam buku ini, ada sekitar 32 penulis yang yang juga merupakan member dari 1minggu1cerita.

Ketiga, ada antologi bertema SEO, tapi bukan SEO biasa, ini adalah SEO yang ditulis oleh sekumpulan blogger perempuan, ada 20 orang nih yang akan berkontribusi membagikan pengalamannya seputar penerapan SEO.

Yups, itu tadi ketiga antologi yang lagi ngantri dan Insya Allah akan segera terbit dalam waktu paling lama ya dua bulan dari sekaranglah yaa.. Semoga nggak terlalu lama menunggu lagi, karena saya juga udah nggak sabar sama wujud ketiga antologi ini, uwuuww..

Karena rasanya kalau ngeblog tanpa bikin buku itu rasanya ada yang kurang, hehe.. Eh tapi tergantung orangnya sih. Kalau kamu gimana?

Mohon doanya juga ya teman-teman.. Terima kasih,, Sampai jumpaa..

Gif: tenor.com


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wah keren Mba, berarti tahun ini Mba akan menerbitkan 3 buku antalogi ya? 😍 Mantaaab..
    Anatalogi 1m1c tentang tema parenting itu jg awalnya aku mau ikut. Tp sampe deadline aku ternyata ga sanggup buat beresin tulisan. Waktunya bener2 ga pas waktu itu dg segala kesibukan. Huhu.. Aku tunggu bukunya terbit aja nanti 😁

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.

Pembuatan Blog Murah!

Hobi nulis? Publikasikan tulisan pada personal blog dan hasilkan cuan dari blog mu sekarang!

Buat Blog di Sini !