Jenis & Manfaat Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Haid

Pretty Black Cat

Jenis & Manfaat Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Haid




Jenis & Manfaat Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Haid


Halo semua. Masih pada semangat jalani hari dong. Kali ini, saya mau membahas tentang olahraga. Eits, jangan males dulu. Karena olahraga ini bisa dilakukan sekalipun kamu sedang dalam masa haid atau menstruasi. Kenapa harus berolahraga disaat haid? Karena, walaupun kamu sedang haid, kesehatan harus tetap dijaga.

3 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Haid

Sebagian perempuan akan merasakan sakit dibeberapa bagian tubuhnya, seperti kram perut, sakit pinggang dan pinggul, sakit kepala, dan lain-lain. Tentu saja rasa ini membuat tak nyaman. Maka dari itu, sangat penting melakukan olahraga ringan seperti pada poin-poin berikut ini:

1. Jalan kaki

Olahraga paling ringan nih nih. Nggak perlu jalan yang jauh-jauh, cukup disekitar rumah setiap pagi atau sore hari. Selain mudah dilakukan, berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan kekuatan jantung dan paru-paru.

Lakukan setidaknya 30 sampai 1 jam tanpa berhenti dan dalam waktu minimal 3 kali dalam satu minggu.

2. Yoga

Yoga juga merupakan olahraga yang baik dilakukan saat haid. Karena, membuat tubuh menjadi lebih relaks, sehingga mengurangi kram perut, nyeri otot, nyeri sendi, dan sebagainya.

Ada baiknya yoga dilakukan rutin selama enam hari berturut-turut ketika haid, dengan durasi 30 - 40 menit per harinya.

Namun, tidak semua posisi yoga baik dilakukan, seperti headstand atau handstand yang dapat membalikkan, menekan, menghentikan, atau menyumbat aliran darah di rahim. Jadi, lakukan gerakan yoga yang ringan saja.

2. Pilates

Hampir sama seperti yoga, pilates juga mampu mengurangi nyeri haid, karena beberapa gerakan pilates menggunakan otot-otot dasar panggul. Pilates juga akan membuat tubuh merasa lebih relaks.

Manfaat Berolahraga Saat Haid

Setelah mengetahui jenis olahraga apa saja yang baik dilakukan saat haid, ada banyak juga manfaat yang didapat ketika berolahraga saat masa haid. Apa saja ya.. Berikut ulasannya.

1. Mengatasi kram perut

Olahraga saat menstruasi yang dilakukan secara rutin justru dapat mengendalikan keluhan sakit perut saat haid yang parah akibat premenstruation syndrome (PMS). Kenapa begitu?

Pasalnya, tubuh akan menghasilkan endorfin saat berolahraga. Endorfin adalah senyawa kimia yang dilepaskan oleh otak untuk membantu meringankan rasa sakit yang dialami wanita saat haid. Penelitian dari Khorasgan Azad University di Iran juga sudah membuktikannya, yang melibatkan 40 koresponden perempuan yang sedang menstruasi.

Kelompok pertama diminta melakukan olahraga berenang selama 60 menit sebanyak tiga kali seminggu selama delapan minggu. Sementara, kelompok kedua diminta tidak melakukan apa pun untuk mengendalikan rasa sakit saat PMS. Hasilnya, kelompok pertama lebih merasa relaks dan nyeri pada tubuh berkurang.

2. Meringankan perut kembung

Pada saat menstruasi, perempuan biasanya mengalami perubahan nafsu makan. Kamu mungkin cenderung menginginkan jenis makanan yang manis selama menstruasi.

Perubahan pola makan tersebut yang dapat menyebabkan kembung. Dengan melakukan olahraga secara rutin, perut kembung akan berkurang, dan bonusnya bisa mengurangi lemak.

3. Memperbaiki mood (suasana hati)

Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin. Endorfin akan membantu kamu menjadi lebih relaks, merasa lebih baik, memperbaiki suasana hati (mood), dan tidak merasa stres saat PMS. 

Pastikan kamu mengetahui kondisi fisik diri terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga saat menstruasi. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter agar pilihan olahraga yang cocok dengan kondisi fisik kamu.

Satu hal yang terpenting adalah, jangan terlalu lelah melakukan olahraga selama masa haid. Tetap cukupkan waktu untuk beristirahat, agar tubuhmu tidak semakin lelah. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa..


ODOP DAY 7, ODOP, Jenis & Manfaat Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Haid

Gif: canva

Reff: https://bit.ly/2Lqcx15/AnAmIk



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Dulu saya boro2 pas haid, lagi bugar aja malas olahraga hahaha. Tapi Alhamdulillah sekarang udah mulai sadar pentingnya olahraga, meski baru 2-3x seminggu, mayan lah.
    Nice info kak, salam kenal ^^

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.