Menantang Diri Untuk Keluar Dari Zona Nyaman? Siapa Takut!

Pretty Black Cat

Menantang Diri Untuk Keluar Dari Zona Nyaman? Siapa Takut!



Menantang Diri Untuk Keluar Dari Zona Nyaman? Siapa Takut!
Halo semuaa.. Masih tetap semangat jalani hari yaa.. Sebagai manusia yang selalu tumbuh dan berkembang, baik dari segi fisik, ilmu, kehidupan bermasyarakat, karir, keuangan, dan lain sebagainya, kita harus bisa menghadapi dan menjalaninya dengan penuh rasa mampu. Kalau gagal, coba lagi. Kalau jatuh, bangkit lagi. Begitu terus sampai terkadang lelah pun tak sempat terpikirkan, tapi yakinlah pasti kita akan dapatkan hasil yang terbaik.

Dari berbagai tantangan yang sedang kita hadapi, semuanya pasti memiliki proses. Namun terkadang, ada saja alasan yang membuat seseorang jadi malas dalam menjalani proses. Bahkan, kebanyakan dari mereka akan lebih memilih ada di zona nyaman, padahal seringnya zona nyaman tersebut "terpaksa" untuk dibuat nyaman. Inti dari permasalahan ini adalah, ketakutan untuk menghadapi tantangan itu sendiri. 

Istilah kasarnya, belum apa-apa sudah takut duluan, takut memulai, takut nanti gagal, takut nanti di hina, di anggap jelek, dan sebagainya. Naah.. Sebagai manusia yang diberikan akal dan pikiran, kita harus bisa menggunakannya dengan sebaik-baiknya, supaya kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang.

Menantang Diri Untuk Keluar Dari Zona Nyaman? Siapa Takut!

Zona nyaman itu adalah sebuah keterpaksaan yang berbalut kebosanan. Kenapa? Karena, kita pasti melakukan hal yang sama di setiap waktu. Seolah enggan melirik kanan kiri, melihat depan belakang hanya untuk menghindari hal-hal yang membuat kita takut untuk memulai sesuatu.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk memulai keberanian dan keluar dari zona nyaman agar hidup jadi lebih baik.

1. Bertemu Dengan Orang Baru

Membangun kebiasaan bertemu dan berteman dengan orang baru. Ini bukan hanya untuk menambah teman, tetapi bagaimana membuat kehidupan sosial menjadi lebih berkualitas.

Semakin berkualitas kehidupan sosial seseorang, semakin hidup lebih berwarna dan menyenangkan. Ini membuat seseorang merasa ada dan penting dalam kehidupan itu sendiri.

Hal ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada proses panjang dan tentunya dengan melatih diri mengembangkan skill people. Dengan melatih skill people, seseorang bisa belajar banyak hal tentang pergaulan itu sendiri.

Bagaimana ia menyesuaikan diri dengan orang baru, dengan tipe kepribadian yang berbeda, bagaimana membuat pembicaraan bisa terus mengalir sampai menjadi teman baik. Bagaimana bahasa tubuh tertentu memberikan pesan berbeda, bagaimana seseorang bisa mendapakan informasi yang ia butuhkan serta mempromosikan diri hanya dengan modal berbicara.

Semua ini tentu membutuhkan fokus untuk mengembangkan people skill dalam diri orang seseorang. Ia harus belajar dari orang lain tentang people skill dan belajar sendiri melalui membaca buku komunikasi.

2. Traveling

Traveling adalah satu cara cerdas menantang diri untuk bertumbuh. Dengan treveling akan membawa banyak pengalaman baru yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup kamu.

Dengan pengalaman baru ini, kamu ditantang untuk belajar hal baru. Seperti cara menggunakan peta, berkomunikasi dengan orang baru, dengan bahasa yang berbeda, mengenal budaya dan tradisi baru, kesempatan untuk menikmati suasana baru seperti makanan dan keindahan alam.

Semakin berkesan traveling yang kamu lakukan, tanpa disadari akan menarik diri untuk belajar hal baru seperti belajar bahasa asing, resep kuliner, sampai budaya setempat.

Traveling akan mendorong kamu untuk menjelajahi tempat baru yang lebih menantang. Jika kamu benar-benar menginginkannya terjadi, mau atau tidak, kamu akan dipaksa untuk bertumbuh untuk mencapai target-target yang perlu dicapai.

3. Latihan Fisik

Latihan fisik seringkali dikatkan dengan cara untuk tetap sehat dan bugar. Memang itulah kenyataannya. Tapi, jika kita melihat dari sisi lain, latihan fisik juga memberikan manfaat yang tidak kalah penting untuk mendorong seseorang keluar dari zona nyaman mereka.

Alasannya, saat seseorang melakukan latihan fisik, mereka membutuhkan banyak usah, energi, perhatian dan upaya sadar. Tidak masalah, apakah mereka sendang melatih otot lengan, berlari, lompat tali dan kegiatan fisik lainnya yang melibatkan fisik dan mental.

Dengan latihan fisik secara teratur, bukan hanya melatih bagian otot tertentu, melatih kecakapan, kecepatan, ketepatan tetapi juga melatih pikiran mereka untuk tetap sadar melakukan latihan fisik tersebut.

Saat itu mereka sedang melatih kekuatan tekad, niat, kemauan, disiplin diri, ketekunan, konsistensi dan sifat-sifat penting lainnya. Sangat disarankan untuk kamu melakukan latihan fisik mulai dari sekarang. Ini bukan sekedar untuk kesehatan. Tapi, manfaat lain yang mempengaruhi kepribadian kamu.

4. Membaca Buku

Banyak orang mengeluh ketika diminta untuk membaca buku. Mereka memiliki banyak alasan lain yang lebih masuk akal yang membuat membaca menjadi kegiatan yang tidak penting.

Tahukah kamu, membaca tidak kalah pentingnya dengan latihan fisik yang telah kita bahas di atas? Sama dengan manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan latihan fisik. Terutama dalam melatih kekuatan niat, tekad, kemauan, disiplin dan konsistensi.

Bedanya, jika latihan fisik menguatkan otot kamu secara langsung, tapi dengan membaca menguatkan otak melalui informasi yang diserap melalui buku-buku yang dibaca.

Untuk membuat membaca menjadi tidak membosankan, maka kamu perlu membuat tujuan yang jelas saat akan membaca. Bukan hanya itu, kamu juga membutuhkan teknik membaca yang membuat membaca menjadi lebih menantang dan menarik.

Ingatlah, bahwa membaca menjadi satu peran penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Dengan membaca akan membuat proses bertumbuh menjadi lebih cepat dan terhindar dari kesalah-kesalahan yang pernah dibuat orang lain.

Itulah mengapa orang sukses tidak bisa lepas dari buku. Mereka semua memiliki satu kesamaan yang unik, yaitu membaca buku. Apakah kamu sudah membaca hari ini?

5. Mencapai Karier Terbaik

Buatlah tujuan besar di karier kamu yang benar-benar menantang untuk menjadi yang terbaik. Tujuan yang akan mendorong kamu untuk terus belajar dan bertumbuh.

Ini bukan sekedar posisi atau jabatan semata. Tetapi seberapa besar pengaruh dan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan, seberapa bisa kamu menyukseskan proyek yang sedang kamu pegang, dan bagaimana perusahaan terus membutuhkan kamu.

Dengan mencapai tujuan tersebut, kamu bisa mendapatkan semua yang banyak orang inginkan dalam hidup. Seperti materi, uang, jabatan ataupun komunitas yang berkualitas. Semua ini, jelas bisa membantu kamu mengembangkan diri melalui keahlian kamu.

Gimana, sudah siap menerapkan cara-cara di atas untuk menantang diri agar menjadi pribadi yang lebih baik? Coba komen di bawah dong, sudah sejauh apa pencapaian kamu dalam menantang diri sendiri dan keluar dari zona nyaman.

Semoga beemanfaat, sampai jumpaa..


ODOP DAY 9


Gif: tenor.com



Posting Komentar

0 Komentar