Blooming Sparkly Red Rose

Cara Menaikkan Berat Badan untuk Ibu Hamil yang Sedang Berpuasa




Assalamu'alaikum. Bumil mana suaranyaa.. Semoga selalu sehat ibu sama debaynya yaa..

Kamu termasuk bumil yang ikut puasa? Sudah sesiap apa sih? Tapi yang jelas, jangan dipaksain yaa.. Kalau nyerah lambaikan tangan aja dari jendela, hehe..

Pasti banyak persiapan untuk bumil menjalankan puasa Ramadhan. Selain persiapan fisik juga dibutuhkan persiapan batin yang kuat dan yakin yaa, supaya kehamilan nggak terganggu ataupun membahayakan. Setidaknya bumil bisa mengantisipasi agar kehamilan tetap sehat.
Tapi nggak jarang kalau berat badanlah yang jadi masalah saat bumil ikut puasa. Apalagi berat badan di bawah rata-rata. Padahal normalnya, setiap bumil pasti berat badannya akan naik setiap tri-semester. Karena berat tersebut adalah berat ibu dan bayi.

Bumil juga bisa langsung cek ke dokter, untuk memastikan keadaan kandungan baik-baik aja yaa..

Nah, berikut ini tips untuk bumil naikkan berat badan saat puasa, yang saya rangkum dari mana-mana.

1. Makan sedikit tapi sering

Tips ini sama persis dengan si kurus yang ingin gemuk, hehe..

Cobalah untuk makan saat berbuka, setelah tarawih, dan tambah dengan cemilan sehat sebelum tidur.

2. Minuman berkalori

Terkadang bumil nggak kuat kalau harus makan berkali-kali. Bumil bisa kok mengganti makan dengan meminum minuman berkalori, seperti smoothies, jus buah dan sayur. Bumil bisa meminumnya setelah tarawih, dan sebelum tidur.

Ini akan membantu bumil untuk tercukupinya mineral dan vitamin bagi tubuh.

3. Makanan tinggi kalori

Bumil yang memiliki berat badan di bawah rata-rata, dan memilih untuk berpuasa, berarti juga harus memperhatikan dengan benar asupan yang masuk saat sahur dan berbuka ya.

Untuk itu, cobalah makan makanan yang mengandung lebih banyak kalori dan gizi yang tinggi. Agar kenaikan berat badan bumil lebih maksimal.

Ingat, makan dengan porsi normal tetapi dengan gizi dan kalori tinggi tetap harus terpenuhi. Bukan makan banyak tapi kandungan kalori dan gizi terabaikan. Karena itu hanya akan membuat bumil kekenyangan.


4. Suplemen tambahan

Poin ini dilakukan hanya jika diperlukan aja ya. Bumil bisa mengonsumsi protein tambahan, baik dalam bentuk bubuk atau bar. Udah banyak kok produk suplemen yang dikhususkan untuk bumil. Tapi, harus tetap konsultasikan ke dokter ya. Supaya lebih aman untuk ibu dan bayi.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu bumil menambah berat badan normal saat mengandung ya, dan tetap sehat walaupun ikut berpuasa. Semangat!

Silahkan berbagi dengan bumil lainnya, semoga bermanfaat. Sampai jumpaa.. Wassalamu'alaikum.

Gif: tenor.com


Post a Comment

8 Comments

  1. Makan sebelum tidur, meski cemilan, itu banyak yang cerita, memang tips cepet untuk naikkan berat badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal cemilannya sehat ya bang, biar gemuknya padet bukan lemak :D

      Delete
  2. Tips selanjutnya, makannya jangan terlalu malem nnti gak bisa tidur huhuww.. ngalong terus ni :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa habis tarawihan paling jam 9 kang, hehe.. makan cemilan sehat ringan lho atau ganti sama smoothies aja :D

      Eh, lengkap lho disitu, hihi..

      Delete
  3. Tips nya bakal kepake nih kak kalo aku hamil lagi. Hihihi. Makasi ka. Artikelnya bermanfaat sekali 🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan. Semoga segera hamil lagi 😘😁 Aamiin..

      Delete
  4. Wah bisa juga nih tipsnya walopun q ga hamil yg pingin buangeeet naikin bb 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eits, artikel naikin BB pas puasa buat anak gadis ada juga kok 😁

      Delete

Kyndaerim: Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.