Masker Rambut Alami untuk Perawatan Rambut Kering

Pretty Black Cat

Masker Rambut Alami untuk Perawatan Rambut Kering



Masker Rambut Alami untuk Rambut Kering


Masker Rambut Alami untuk Perawatan Rambut Kering - Rambut adalah mahkota perempuan yang harus dijaga kesehatannya. Namun, memiliki rambut kering dan susah diatur bisa menghilangkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi rambut kering dan susah diatur, bahkan terasa kaku dan bercabang, kamu bisa menggunakan masker rambut yang mengandung minyak alami, yang berfungsi untuk melembapkan rambut.

Seperti, argan oil, sunflower seed oil,camelia oil, dan olive oil. Bahan-bahan alami ini dipercaya dapat melembapkan rambut secara alami, melapisi tiap helai rambut, serta membantu memperbaiki tekstur rambut agar terasa lebih halus dan lembut.

Keratin yang terkandung dalam rambut, mampu menjaga kesehatan rambut secara alami, dan mampu membuat rambut lembut mudah diatur. Namun, seiring bertambahnya usia seseorang, serta penggunaan hair styling dapat menyebabkan berkurangnya kandungan keratin, dan bahkan dapat membuat rambut menjadi rusak.

Masker rambut yang mengandung silikon dapat menjadikan rambut lembut dan ringan. Silikon untuk rambut ini bersifat tidak padat seperti silikon untuk bedah kecantikan. Silikon yang mengandung hydropobic waterproof dapat melindungi rambut dari penyerapan panas berlebih, dapat mengunci kelembapan rambut, dan melapisi rambut agar terjaga kehalusannya, sehingga sangat mudah diatur.

Masker Rambut Alami

Merawat rambut kering nggak harus ke salon lho. Ada banyak bahan alami disekitar kita yang mengandung membuat rambut terjaga kelembapannya. Jadi, kamu nggak perlu ke salon hanya untuk perawatan rambut kering. Bahan-bahan alami yang dapat mengembalikan kelembapan rambut diantaranya:

1. Yoghurt dan Olive Oil

Kombinasi yoghurt dan olive oil dapat membantu memperbaiki rambut rusak, seperti rambut kering dan bercabang.

Cara membuat masker yoghurt dan olive oil:

~ 125 ml yoghurt tawar

~ 2 sdm minyak  zaitun

~ 6 tetes minyak esensial seperti argan, melati atau lavender

Cara penggunaan:

~ Campurkan semua bahan, aduk rata.

~ Aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi.

~ Kemudian tutup rambut dengan handuk tipis, diamkan selama 20 menit.

~ Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih

~ Lakukan hingga 2 - 3 kali seminggu agar rambut tetap lembut.

2. Alpukat, Madu, dan Minyak Zaitun

Kandungan dalam alpukat terdiri dari asam lemak esensial, mineral, dan kaya akan vitamin, yang membantu menjaga kilau rambut dan terasa lebih lembut. Jika alpukat dikombinasikan dengan minyak zaitun dan madu, dapat membantu memperbaiki rambut kering cenderung rapuh atau mudah patah.

Cara membuat masker alpukat, madu dan zaitun:

~ 1 buah alpukat matang

~ 1 sdm madu murni

~ 3 sdm minyak zaitun

Cara penggunaan:

~ Ketiga bahan utama dicampur lalu haluskan hingga berbentuk seperti pasta.

~ Basahi rambut, lalu aplikasikan campuran tersebut, sambil memijat rambut perlahan, diamkan selama 20 menit.

~ Setelah itu, bilas hingga bersih dengan menggunakan sampo.

3. Mayones

Riset dari Livestrong, Greta Breedove, penulis buku Herbal Treatments for Healthy Hair, mayones dipercaya mampu mengatasi rambut kering parah. Karena bahan-bahan mayones bermanfaat untuk kesehatan rambut, yang terdiri dari minyak, cuka, dan telur.

Cara penggunaan:

~ Ambil mayones secukupnya ke dalam mangkuk

~ Basahi rambut dengan air hangat.

~ Oleskan mayones ke rambut secara merata dari pangkal hingga ujung rambut, sambil dipijat perlahan agar mayones terserap dengan baik hingga ke akar rambut disetiap helainya.

~ Tutup rambut dengan handuk tipis, diamkan selama 30 menit.

~ Lanjutkan dengan mengusap saampo secara merata ke rambut tanpa membasahinya, agar kandungan dalam sampo dapat mengurai minyak dalam mayones ke setiap helai rambut, tunggu sesaat.

~ Kemudian, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

Selain menggunakan masker rambut, asupan kamu juga harus dijaga, misalnya dengan mengonsumsi cukup air, memakan makanan mengandung omega 3 seperti tuna, alpukat, atau kacang-kacangan, yang berfungsi menjaga kesehatan rambut agar menghindari kering, dan terjaga kelembapannya.

Satu lagi, kurangi penggunaan hair styling yang mengandung uap dan panas, untuk mencegah kerusakan pada rambut, seperti rambut rapuh, bercabang, dan sebagainya.

Ada tambahan lain? Ceritain dong pengalaman kamu menjaga kelembapan rambut. Silakan berbagi ya. Sampai jumpaa..

Gif: pinterest
Reff: https://my-best.id/120693, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/


Posting Komentar

14 Komentar

  1. Aku baru tahu kalau mayo bisa dipakai sebagai masker rambut 😱
    Sesuatu yang nggak disangka-sangka, sebab biasanya mayo kan jadi teman makan salad atau nasi goreng 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. aku juga baru tau sih kak. jadinya kayak salad rambut ya, iiyyuh, haha..

      Hapus
  2. Aku sih sering pake olive oil kak, tapi mungkin akan coba yang laen nih, biar aroma rambutku ganti-ganti, haha..

    Btw, kalo pake mayones aku pernah denger nih, bagus memang buat rambut kering, pakenya cukup 2 kali seminggu.

    Itu sih kata temenku ya kak, aku sih belom pernah coba, wkwk..

    Tapi rambut temenku itu memang bagus banget, jadi agak lebat gitu, terus nggak gampang kusut rambutnya.

    Makasih banyak untuk tipsnya ya kak ^^

    BalasHapus
  3. Baru tau kalau mayonaise bisa untuk rambut. Kalau yogurt sayang pakenya. Mendingan di makan hahaha
    Paling umum buat aku itu olive oil

    BalasHapus
  4. Alpukat dan madu wah makanan kesukaan nih, tinggal tambahin minyak zaitun jadi deh masker rambut ya hehe

    BalasHapus
  5. Kalau pakai mayo kayaknya kudu ekstra pas nyuci dan ngebilas rambut ya haha. Aku penasaran coba yang madu, alpukat dan minyak zaitun nih. Nanti mau nyelundupin satu alpukat punya Ibuku deh

    BalasHapus
  6. lidah buaya dan kemiri kak belum masuk, hihi..

    aku beberapa kali disuruh orang utk ngasih minyak rambut ke nahla nih gara2 rambutnya tipis, ya padhal karena emaknya tipis juga kan. kok dimasalahkan gitu lho? #eh

    tapi mayones ini yang berasa apa gimana mbak? agak lengket nggak sih makenya,.

    BalasHapus
  7. Baru tau kalo mayonaise bisa buat masker rambut. Kalo berhasil pakai mayo mah udah fix ini ga perlu kesalon, perawatan rambut di rumah aja ini mah 😁

    BalasHapus
  8. Eh ternyata mayones bisa dijadiin masker buat rambut rupanya. Enak banget soalnya dijadiin bahan cocolan salad sayur atau buah makanya selalu ada di rumah.

    BalasHapus
  9. Weehh. Mayo bisa buat masker rambuttt.. baru tau dah akuuu

    Pengen nyobain tapi kok kayak aneh yaaa yang biasa dimakan kayak mayo diolesi ke rambut hahaha

    Nice info mksih kak

    BalasHapus
  10. Nggak nyangka loh ternyata alpukat bsa jadi masker rambut, caranya jauh lbh alami yah, pengen coba nanti

    BalasHapus
  11. ternyata bahan-bahan didapur bisa dimanfaatkan untuk kecantikan rambut juga ya mbak, bisa berhemat uang jatah ke salon nih, hehe

    BalasHapus
  12. Slalu gafok sama gigf nya mba ky, aku tipe yg suka praktis pake masker kemasan aja mba,skali2 bsa nyoba yg alami jga nih

    BalasHapus
  13. Ya ampun mayonaise bisa ya, rasanya gimana ya hahaha rambut kita. Aku belum pernah coba, kalau yang lain beberapa udah pernah.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.