Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari



Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari, Manfaat Internet

Manfaat Internet dalam Kehidupan Sehari-hari - Keberadaan internet zaman sekarang sangat membantu pengguna jagat maya untuk mendapatkan berbagai informasi. Internet yang berfungsi sebagai sumber informasi, sumber ide, sumber data, dan sebagainya ini semakin berkembang pesat kebergunaannya.

Namun terkadang, manfaat internet tidak dioptimalkan dengan bijak. Pasalnya, perkembangan teknologi digital yang terjadi saat ini menyebabkan munculnya berbagai informasi yang tidak relevan. Sehingga, pengguna internet sulit untuk mengetahui informasi yang akurat.

Untuk itu perlu diketahui manfaat internet yang sesuai dengan kebutuhan. Agar penggunaan internet tidak sia-sia atau tanpa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan masa datang.

Internet itu..

Interconnection Networking, adalah kepanjangan dari internet. Internet berarti, jaringan komunikasi yang terhubung melalui satu media elektronik ke media elektronik lain. Internet sangat berkaitan erat dengan jaringan komputer melalui global Transmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP). Dengan sistem inilah kita dapat berkomunikasi dengan mudah, bahkan mencakup hingga seluruh dunia tanpa batas. 

Manfaat Internet dalam Kehidupan

Mulanya, penggunaan internet hanya sebatas komunikasi antar pasukan militer saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, inovasi teknologi semakin canggih, internet dibuat sebagai alat komunikasi untuk segala aspek kehidupan.

Berikut adalah manfaat dari penggunaan internet yang wajib kita ketahui:

1. Sebagai Media Hiburan

Zaman sekarang, menikmati berbagai hiburan cukup melalui layar handphone yang terhubung dengan jaringan internet. Bisa diakses oleh semua kalangan. Namun, harus tetap bijak dalam memilih tayangan, terutama untuk anak-anak. Dampingi selalu anak dalam menggunakan internet sesuai dengan usianya.

2. Memudahkan Proses Pelaksanaan Sistem Akademik

Memudahkan proses pelaksanaan sistem akademik. Misalnya saja dalam lembaga pendidikan, sistem administrasi akan mudah diterima pihak sekolah atau universitas dimanapun berada, tanpa harus mengantarkan dokumen secara fisik. Bahkan dalam dunia kerja, proses perekrutan akan lebih mudah dijalankan.

3. Menambah Wawasan Ilmu dan Pengetahuan

Internet juga memudahkan dalam mencari ilmu serta pengetahuan tentang apapun di dunia ini. Kita bisa mengakses berbagai pengetahuan yang tidak kita tahu sebelumnya. Internet sangat bermanfaat supaya kita dapat mengetahui informasi seluas-luasnya.

4. Menghemat Biaya dan Waktu

Tak bisa dipungkiri, penggunaan internet sangat menghemat biaya dan waktu. Karena, internet dapat mengirim berbagai data dan dokumen elektronik dalam waktu singkat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja. Begitupun dalam melakukan komunikasi antar sesama pengguna jaringan internet, kita tidak perlu menghabiskan banyak biaya. 

5. Pertemanan yang Tak Terbatas

Internet juga memudahkan terhubung dengan banyak orang, termasuk menambah pertemanan baru dengan banyak orang dari seluruh dunia. Bisa diakses secara publik maupun private. Cara ini dapat dilakukan melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan sebagainya.

6. Mengembangkan Bisnis dan Usaha

Di era digital ini, internet sangat memberikan manfaat besar kepada para pebisnis dan pelaku usaha, baik toko offline maupun toko online. Internet disini berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli secara virtual. Kegiatan ini sangat memudahkan melakukan transaksi pembayaran.

Maka dari itu, internet sangat berperan penting bagi pebisnis dan pengusaha, karena mendatangkan traffic yang signifikan dan dapat menghasilkan uang dari internet dengan cara cepat, namun tetap dengan proses terjamin dan terpercaya.

Manfaatkan Layanan Web Hosting

Selain manfaat di atas, internet juga berpengaruh besar terhadap perkembangan dunia hosting. Beberapa orang telah mempercayakan bisnis, usaha atau personal brandnya dengan membuat website di Niagahoster, penyedia layanan hosting yang telah menjadi partner ribuan orang meraih kesuksesan online.

Berpusat di Yogyakarta sejak 2013, Niagahoster merupakan perusahaan penyedia layanan web hosting yang telah melayani 29 juta lebih pelanggan yang berasal dari 178 negara di dunia. Dengan jaminan dukungan support 24 jam, kualitas uptime server 99.9%, dan harga termurah sesuai kelasnya.

Niagahoster mempunyai misi membantu banyak orang untuk memanfaatkan peluang dalam dunia internet, mengembangkan kesuksesan online dengan menggunakan layanan web hosting yang mudah diakses dan senantiasa stabil.

Semoga kita bisa dengan bijak memanfaatkan internet. Silakan berbagi kepada siapapun. Sampai jumpaa..

Gif: https://newsroom.cisco.com/
Reff: https://id.wikipedia.org/, https://www.niagahoster.co.id/


Posting Komentar

15 Komentar

  1. Sebagai orang yang suka kepo, aku merasakan banget sih manfaat internet. Bisa tahu berita lebih cepat dan lengkap (sekaligus dari berbagai sudut pandang dan bisa mengecek kebenarannya), apalagi di masa sekarang. Bener sih, bisa juga jadi sarana pendukung dalam menghasilkan pendapatan ya, walaupun aku belum telaten-telaten banget menjalaninya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes mbak Nir. ayo mulai menghasilkan dari internet mbak, apalagi blog mbaknya udah oke tuh isinya, semangat mbak!

      Hapus
  2. Masa pandemi yang penuh daring ini, fungsi internet jadi prioritas buat emak-emak dan anak sekolah. Selain sebagai media hiburan, menambah pertemanan, internet juga membuka cakrawala ilmu baru yang tak terbatas. Asal hati-hati badai info aja. Btw niagahoster memang solusi layanan web hosting terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha,, bener tuh mbak, badai info memang bahaya, kudu bisa memfilter berita.

      yes, Niagahoster mantul !!

      Hapus
  3. Bener banget mbak, internet ini ibarat pisau bermata dua. Jika tidak digunakan dengan bijak akan melukai diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren.. harus jaga-jaga ya mbak kii.. supaya nggak tertusuk :D

      Hapus
  4. Internet memiliki manfaat untuk mencari pundi2 rupiah hehe.. Alhamdulillah...

    Wuih aku pakai niagahoster juga nih, Des nanti mau perpanjang.. selama ini gak ada masalah, aman. Jadi ya lanjut aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. bettull.. dan kita udah buat itu di blog, ya Put, wkwk.. semoga mengalir deras yaa dolarnya, aamiin..hihi..

      waah.. lanjuuut doong :D

      Hapus
  5. bener banget, dengan internet kemudahan bisa merambah segala bidang. yang penting bisa memanfaatkan untuk kebaikan dan kemanfaatan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak. filter juga kabar-kabar hoaks, yaaa..

      Hapus
  6. Karena aku emang orangnya internet-minded banget dan dikit2 googling, teknologi ini emang kayak dua mata pisau. Kita kudu sebijak mungkin pakai internet. Jangan sampai manfaat positifnya ketutup sama dampak negatifnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey, Arai!

      yups, beneer.. aku juga gitu kok, karena memang komplit, semua bisa dicari di internet. dan bisa meminimalisasi kabar-kabar negatif.

      Hapus
  7. Aku pakai niagahoster nih mba hihi. Selama ini pelayanannya oke ngga pernah ada trouble. Kalau pun ada penyelesaiannya cepet bangett hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantul nih mbak Jii.. semoga lancar terus yaaa :D

      Hapus
  8. ga kebayang tetiba internet hilang di dunia saat ini ha... ha...

    Sepakat dengan kak rizky , semoga kita semakin bijak dalam penggunaan internet ya

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!