Makna dan Fungsi Seragam. Nomor 4 Pembeda Status Sosial? | Kyndaerim

Blooming Sparkly Red Rose

Makna dan Fungsi Seragam. Nomor 4 Pembeda Status Sosial?



seragam, seragam sekolah, seragam kantor, seragam dinas, seragam kelompok

Makna dan Fungsi Seragam. Nomor 4 Pembeda Status Sosial? - Halo semua.. Semoga selalu sehat dan semangat menjalani hari yaa.. Ngomongin tentang sekolah, per tanggal 13 Juli kemarin para siswa sudah kembali belajar yaa. Walaupun sistem belajar masih tetap online, jangan patah semangat ya. Semuakan demi masa depan kamu, jadi harus rajin-rajin belajar, okay!

Tapi jujur deh, siapa nih yang kangen pakai seragam sekolah? Hehe.. Talk about seragam sekolah, di Indonesia mulai dari TK sampai SMA, punya seragam dengan warna tersendiri ya. Seperti halnya di negara-negara lain yang juga memiliki seragam dengan berbagai warna dan model. Nggak cuma di sekolah, seragam juga biasanya dipakai orang kantoran atau sebuah komunitas. Tapi, kamu tahu nggak sih, apa gunanya kita pakai seragam? Apakah cuma sekedar sebagai identitas aja?

Yuk, kita bahas semuanya disini.

1. Sebagai pembeda tingkatan

Seragam, berarti satu ragam. Kebanyakan seragam dipakai diberbagai tingkatan, untuk membedakan tingkatan satu dengan tingkatan lain. Jadi, bukan hanya untuk sekolah aja ya. Seragam juga terkadang dimiliki oleh suatu perkumpulan dan berbagai aspek lain.

2. Seragam membuat kita jadi lebih disiplin

Kedisiplinan perlu dibangun dengan niat. Tanpa niat, sikap disiplin tidak akan pernah bangkit. Butuh adanya sedikit paksaan agar kedisiplinan bisa terlaksana. Selain waktu, memakai seragam juga menjadi salah satu penyemangat saat sekolah atau melakukan kegiatan berkelompok. Jadi, jika tidak berseragam, terasa ada yang hilang yaa..

3. Seragam sebagai pembentuk identitas

Seperti yang telah dibahas di atas, seragam membedakan tingkatan. Misalnya dalam sekolah, dengan mengetahui warna dari seragamnya, maka identitas sekolah kamu akan dengan cepat diketahui banyak orang.

Begitupun dengan suatu kelompok, mereka akan lebih cepat dikenal karena menggunakan seragam khas kelompok tersebut.

4. Untuk menghindarkan kesenjangan sosial

Bayangkan jika, setiap sekolah atau kelompok memiliki seragam berbeda tergantung status sosial orang yang memakainya. Hal itu akan menimbulkan kesenjangan sosial yang terlalu memaksa. Maka dari itu, seragam dibuat untuk menyatukan, bukan memisah berdasarkan status sosial.

5. Seragam membentuk profesionalisme

Dengan adanya seragam, kita jadi tahu harus bersikap sesuai dengan seragam yang dipakai. Misalnya seragam sekolah, harus bersikap sebagaimana layaknya seorang siswa berperilaku. Sama halnya seperti seragam poilisi, seragam guru, dsb.

Nah, semoga sudah paham ya tentang keberagaman dalam seragam. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa..

Gif: pinterest


Posting Komentar

6 Komentar

  1. tapi terkadang orang yang berstatus tinggi seragamnya selalu terlihat kinclong dan licin hihihi

    BalasHapus
  2. Jadi kangen sekolah pakai seragam. Jadi kangen kerja pakai seragam. Jadi kangen kumpul komunitas pakai seragam. Tapi saat di rumah aja gini ya nggak pakai seragam nggak apa-apa asalkan pakai baju bersih dan rapi. Aduh jadi curhat deh aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rumah pake seragam emak-emak dong mbak, alias daster, hehe..
      Gpp curcol tiada akhir yaa.. haha..

      Hapus
  3. Iya nih a ak sekolah udah mulai masuk lagi. Walaupun masih belajar online. Tapi anakku sekarang belajar online pun sekarang pakai seragam, beda sama semester lalu yg dibebasin. Aku pribadi lbh suka klo belajar online ga pake seragam sebenarnya, biar ga nambahin cucian padahal cuma dipake bentar. Hahaha..

    Paling utama menurutku seragam untuk menghindari kesenjangan sih memang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener sih, nambahin cucian emak aja, wkwk.. Biar kerasa beneran sekolahnya lho mbak, haha..

      Kalangan mana tuh yaa yg suka begituuu, hihi..

      Hapus

Sponsored by Digital Marketing Agency Bali

Silahkan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.