1minggu1cerita: Pengalaman Seru Menjadi Tim Pembaca



Pengalaman Menjadi Tim Pembaca 1 minggu 1 cerita, Seru!

1minggu1cerita: Pengalaman Seru Menjadi Tim Pembaca - Pertama kali baca judulnya, pasti pada bingung yaa.. Maksudnya apa sih? Baiklah.. Kali ini saya akan berbagi pengalaman seru bersama kalian semuaaa..

Awal Mula "Kepoin" 1minggu1cerita

Siapa nih yang belum pernah dengar 1minggu1cerita? Jujur, saya baru tahu platform ini sekitar 3 bulan 24 hari, tepatnya tanggal 22 Maret 2020. Nahlo, pas sekali kan hitungannya, yaiyalah, wong setiap login selalu diingetin, haha..

Awal mula saya tahu 1minggu1cerita dari salah satu blogger asal Banjarmasin yang mengelola blog judulnya pohontomat. Waktu itu saya sempat komen disalah satu artikelnya, dan menemukan banner 1minggu1cerita. Tanpa pikir panjang, langsunglah saya klik dan mencoba bergabung menjadi anggota.

Terbentuknya 1minggu1cerita

Berawal dari pertengahan Juni 2014, beberapa orang seperti Rahyang, Anil, Guli, Selly Agustina, Jessis, dan Shelly Asmauliyah, berinisiatif untuk membuat sebuah komunitas blogger yang berkomitmen untuk menulis satu cerita dalam satu minggu. Lalu, disepakatilah komunitas menulis ini bernama 1minggu1cerita. Ide utama dibentuk grup ini adalah mengajak setiap blogger untuk menulis satu cerita dalam satu minggu.

Grup1minggu1cerita yang dibentuk dari segelintir orang ini terbukti mampu memicu kreativitas para anggotanya. Komunitas 1minggu1cerita merasa bukan hal yang sulit membuat orang mau memiliki kebiasaan menulis secara rutin. Apalagi disatukan dalam satu grup dengan minat yang sama dengan kata kuncinya ‘Menulis’ dan ‘Konsistensi’.

Kalau orang yang punya keinginan yang sama berkumpul, minimal bisa saling menyemangati (atau memarahi) jika ada anggota komunitas yang mulai jarang menulis.

Pada akhir tahun 2014, 1minggu1cerita berhasil mengumpulkan 70 tulisan dengan berbagai cerita dari beragam topik, seperti lingkungan, pernikahan, pengembangan diri, karir, travel, dan cerita lainnya. Melihat adanya perkembangan minat berbagi cerita, para admin grup berikut para anggotanya pun tak henti terus mengajak semua orang yang ada di luar sana untuk bergabung bersama 1minggu1cerita.

Menulis dan Berceritalah Bersama 1minggu1cerita

Merupakan sebuah komunitas blogger yang bersifat support group untuk mendorong para anggotanya menjadi lebih rutin menulis dan berbagi berbagai informasi.

Para anggotanya membagikan tulisan dengan berbagai bentuk, antara lain berupa tulisan edukasi, kampanye, informasi, pengalaman, acara/ kegiatan, traveling, kuliner, bahkan curahan hati.

Anggota komunitas1minggu1cerita menuangkan tulisannya di dalam blog masing-masing. Jadi, grup ini diharapkan dapat menjadi semacam komunitas yang berkomitmen untuk terus menulis. Sesuai namanya, minimal dalam satu minggu, ada satu cerita baru yang bisa dibagikan bersama komunitas 1minggu1cerita.

Siapa Saja Anggota 1minggu1cerita?

Komunitas 1minggu1cerita berisi para blogger dengan latar belakang yang begitu berwarna dan ciamik, seperti aktivis internasional, relawan, dosen/ pengajar, mahasiswa, praktisi yoga, traveler, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Setelah berkenalan dan membaca isi blog mereka satu persatu, kita akan mendapat begitu banyak inspirasi. Misalnya, pengalaman para relawan lingkungan, pengalaman belajar di luar negeri, kamu juga bisa "mendadak" memasak, belajar photography, turut mengolah jiwa dalam yoga, dan inspirasi lainnya.

Manfaat: Berbagi Cerita Setiap Minggu

Komunitas 1minggu1cerita ini bermanfaat bagi para blogger yang ingin meningkatkan keinginannya untuk terus menulis dan tidak membiarkan blog layaknya ruang hampa. Komunitas ini selalu menyemangati para anggotanya menulis paling tidak satu cerita dalam satu minggu di blognya masing-masing. Grup ini memiliki misi sebagai "pemecut" dan sekaligus pengendali mood dari para blogger untuk terus menulis secara konsisten.

Cara Mendaftar 1minggu1cerita

Registrasi Member

Mau ikutan? Yuk! Pendaftaran member dibuka sepanjang tahun. Tinggal isi form untuk bergabung ke web member ataupun join grup WhatsApp. Silakan isi form-nya disini.

Aturan Main

Ketentuannya gimana? Simpel banget. Cukup setor tulisan minimal 1x seminggu. Tulisan apa? Bebaaas, yang penting member bahagia. Tapi, akan ada saat dimana para member dipersilakan untuk memilih tema. Pilihan akan diberikan admin sehari sebelum masuk ke minggu berikutnya. Tema yang paling banyak dipilih akan menjadi tema ditulisan minggu berikutnya. Selengkapnya disini.

Setor Tulisan

Sudah gabung jadi member? Selamat! Silakan login ke akunmu lalu setorkan tulisanmu minggu ini. Bisa lihat setoran lain juga lho.

Tulisan Favorit

Setiap minggunya akan ada tulisan favorit yang dipilih oleh seluruh member 1minggu1cerita. Kesempatan ini bisa dimiliki siapa saja. Jadi, perbanyaklah menulis, siapa tahu tulisan kamu bisa jadi salah satu yang terfavorit.

Grup Pembaca 1minggu1cerita

Kenapa ada grup lagi? Grup apa ini? Jadi, para admin mengaku kelimpungan untuk setiap minggunya membaca tulisan dari para anggota yang nggak sedikit jumlahnya. Alhasil, antara pemilihan tulisan dengan minggunya nggak bisa bersamaan. Sampe sini pahamlah ya, haha..

Oleh karena itu, admin berembuk untuk membentuk grup #pembaca1m1c ini. Sabtu (11/07/2020), grup pembaca 1minggu1cerita resmi dibuka. Setelah sebelumnya para anggota mendaftar melalui gform yang di share oleh salah satu admin grup 1minggu1cerita, Teh Anil. Anggota grup pembaca ini dibatasi hanya 12 orang saja. Jadi, cepat-cepatan nge-klik link gform-nya dong, dan saya adalah salah satunya, woohoo..

Sempat di tahun lalu banyak yang hengkang, karena beragam alasan. Dan tim baca yang sekarang fix berjumlah 10 orang, ditambah 3 orang, 2 di antaranya admin 1m1c Teh Anil dan Uni Reisha, serta saya selaku koordinator baca sejak tahun lalu, hehe..

Biar nggak pada penasaran, siapa aja nih yang pernah menjadi tim baca dan yang masih setia menjadi tim baca sampai sekarang, yuk kenalan dulu..

Yang udah pada stop jadi tim pembaca, adalah:

- Prima (memundurkan diri),

- Muhammad Dito (izin pamit),

- Nurul Afiati (pamit ada urusan),

- Putri Kurniawati (istirahat ngeblog dulu),

- Peppy Febriandini (izin mundur karena suka telat baca, hihi),

- Abdul Hakim (mau fokus ngeblog dulu),

- Bayu Rakhmatullah (keknya juga mau fokus ngeblog atau apa ya lupa sih), dan

- Eka Fitriani Larasati (belum mau lanjut sebab lain hal).


dan berikut tim pembaca yang masih setia, adalah:

- Alfida Husna,

- Maya Rumi,

- Mega Novetrishka Putri,

- Isabella Kirei,

- Rani Oktapiani,

- Simiati Nurwakhidin,

- Siti Solihat,

- Wiwid Nurwidayati,

- Yani Anggraini, dan

- Sugianto (tim pembaca paling ganteng, nih.. hihi).


Akankah tim pembaca kelak akan berganti orang lagi? We'll never knows.

Peran Tim Pembaca 1minggu1cerita

1. Setiap minggu member Grup Pembaca 1minggu1cerita mendapat 'jatah' bacaan setoran member pada hari Selasa.

2. Masing-masing member memilih 1 tulisan terrrfavoritnya maksimal 2 minggu, diambil dari setoran minggu tema dan minggu bebas.

3. List yang dihasilkan dari Grup Pembaca 1minggu1cerita akan dikurasi lagi oleh admin 1m1c.

Ijin Cuti Pembaca 1minggu1cerita

Dalam waktu tertentu, member pembaca berhak untuk mengambil cuti baca. Setelah memberitahukan admin grup, nanti akan ada pengganti sementara waktu oleh anggota lainnya yang bersedia 'membacakan' daftarnya, sampai yang mengambil cuti siap untuk kembali lagi. Maksimal cuti hanya 2 minggu, jika lebih dari itu, maka akan di kick sementara, dan boleh kembali lagi kalu sudah siap bertugas, haha bahasanya yaa.

Pengalaman Menjadi Bagian Dari Tim Pembaca 1minggu1cerita

Karena saya dan teman-teman adalah orang-orang yang beruntung untuk menjadi anggota dari grup pembaca ini, jadi ada rasa kesenangan tersendiri. Seperti dipercayakan untuk memilih tulisan teeerrrciamik, teeerrrfavorit, teeerrrbagus, dan teerrrbaik versi masing-masing anggota grup pembaca 1minggu1cerita. Jadi bisa sekalian blog walking juga, hehe..

Jujur, saya dan teman-teman merasa bahagia sekaligus bingung untuk memilih (tapi nggak lebih susah dari milih jodoh kok), karena tulisan para anggota 1minggu1cerita bagus-bagus semua dong. Tapi ya mau nggak mau harus tetep pilih 1 cerita, huhu..

Selain ada rasa bangga, saya dan teman-teman jadi tahu gaya bahasa masing-masing blogger, nambah pengalaman membaca, dan nambah pengetahuan juga dong pastinyaaa..

Tapiii.. Kami juga berhak untuk tidak memilih satu tulisan pun, jika tulisan yang kami baca kurang sreg dihati. Jadi, mohon maaf sekeluarga, hohoii..

Naah, kalau kamu tipe orang yang "mageran" buat nulis, kamu sangat butuh membaca tips ampuh hilangkan jenuh saat menulis, dijamin bikin kamu kembali semangat buat nulis, heheyy.. Atau.. Buruan gabung di komunitas 1minggu1cerita doong..

Hoke baiklah, itu tadi segelintir cuap-cuap saya sampaikan. Semoga semangat menulis semakin membara. Menulislah walau 1minggu1cerita. Sampai jumpaaa...




Sumber: https://www.1minggu1cerita.id
Gif: tenor.com


Posting Komentar

67 Komentar

  1. Saya juga baru-baru ini gabung di 1M1C. Seneng banget karena bisa tahu banyak blogger lain, bw ke blog mereka dan belajar gimana bikin artikel yang nyaman dibaca.
    Dan emang jadi semangat ngeblog karena takut kalau di kick karena telat setor😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Semoga jangan pernah ter-kick ya kita kak.

      Semangaaaat!!

      Hapus
  2. Wah enggak nyangka lho kalau awalnya dari baca artikel di blog saya. Alhamdulillah akhirnya bisa ketemu 1m1c. Saya awalnya juga baca blog orang, terus nyari sendiri websitenya hihi.

    Kagum sama teman-teman yang "menyediakan" waktu untuk jadi grup pembaca ini. Terima kasih 🤗😍

    Semoga gak pusing baca tulisanku ya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. Terkuak disini ya kak.. Makasih loh, sampek lupa bilang, hehe..

      Blog kak Tri keren lah, jadi nggak mungkin bikin pusing :D

      Hapus
    2. Hihi belum lah Kak wkwk. Pokoknya terima kasih buat teman-teman semua yang sudah jadi grup pembaca. Semoga kita semua semakin semangat nulis, aamiin

      Hapus
    3. Aamiin 😊
      Terima kasih kembali kak Tri..

      Hapus
  3. Semoga teman teman di grup pembaca juga selalu semangat dan konsisten 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. makasih ibu Kafa. Beberapa minggu kemudian mungkin baru ambil jatah cuti nih, hehe..

      Hapus
    2. kenapa ambil jatah cuti buu? eh tapi selagi ada jatah cuti mah jangan disia-siakan yaaa :)

      Hapus
    3. Biar yang lain bisa ngerasain bingung-bingungnya milih buu :D

      Hapus
  4. Wah tulisan kebut semalam kah ini? Semangat banget kak nulisnya.. tularin dong ke aku huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iya nih Put. Aku juga heran napa bisa semangat gitu, hihi..

      Hapus
    2. Mantap, Selamat membaca dan semangat menulis untuk kita semua.

      Hapus
    3. Yuhuu.. Semangaaaat!! Jangan ada yg cuti dulu kalo gitu, haha..

      Hapus
  5. aku dulu pernah gabung member 1m1c
    terus keluar karena gak setor tulisan, padahal ya aku nulis sih tiap minggu

    makin keren ya 1m1c sekarnag
    ada program baru
    semangat yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak ros..

      Gabung lagi dong kak, makin seru lho di 1m1c.

      Iya nih, para admin butuh bantuan untuk "membaca", haha..

      Hapus
  6. Wah, aku baru tahu sejarah 1M1C nih. Terima kasih infonya lho kak 🤗

    Semangat menjadi tim membacanya! Aku tadinya mau ikutan tapi takut nggak bisa konsisten membaca 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. terima kasiih.. sama-sama..

      Seru lho, next harus ikutan deh!

      Hapus
  7. Asyik bisa nyangkut di grup pembaca 1m1c, jadinya banyak ilmu. Terus bisa lihat design blog temen-temen yang kece dan jadinya pengin upgrade template blognya. Hiayah...Seperti punya mbak kyn ini, template blognya keren. suka. Terus isinya banyak cerpen. udah lama saya nggak nyerpen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merasa beruntung gimana gitu yakan mbaak, hehe..

      Makasih loh mbak Wid :D

      Hapus
  8. Kalau aku pertama taunya dari Mbak Kartikatur. Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. sip kak Muna.

      Hapus
    2. Halo mbakk 😅😅😅 seru kan yaaa setelah bergabung, jadi diingetkan terus gitu buat update blog 😎😎😎

      Hapus
  9. Etdahhh, saya udah lama gabung sama grup ini, awal mula tahu dari blog Mba Ewa sih, terus saya gabung dan di add ke grupnya.

    Tapi kok ya saya ketinggalan info ini deh hahahahaha.

    Kebanyakan grup deh saya kayaknya, jadinya banyak info grup jadi nggak kebaca :D

    Tapi, jangankan grup ya, saya menulis setiap hari, tapi pernah bolos juga, soalnya lupa setor di web nya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, mbak Rey ada di grup khan yaa? Wkwk..

      Ya gpp mbak, asal nggak lupa setor ke web ajah, biar jangan bolos bolos lagi, hihi..

      Hapus
    2. Saya udah hampir 2 tahun lebih nih berarti gabung 1m1c yaa. Semenyenangkan itu sih emang grupnya. Santai tapi serius.

      Yang kusuka, nggak ketat utk aturan, dan orang2nya pada knowledge-well banget.

      Pernah ke-kick karena sibuk kelas bahasa, eh sebulan kemudian langsung daftar lagi karena merasa ada yg hilang. haha

      Hapus
    3. Wuiih.. Senior dong kak Ghin. Aku anak kemaren sore, hihi..

      Beneran bikin semangat nulis ya kak. jangan sampe di kick lagi lah :D

      Hapus
  10. Menarik buat ikut komunitas ini nih biar jadi lebih semangat nulisnya. Terima kasih infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. seru seru!
      Makasih mbak Kiky :D

      Hapus
  11. wah seru ya mbak. ada syarat khusus gak si untuk gabung? saya lagi belajar bikin blog nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ada syarat khusus kok mbak Dwi, yang penting doyan nulis dan suka baca :D

      Hapus
  12. Wah seru nih kak kayaknya 1M1C, saya kudu mempertimbangkan gabung juga sih. Secara ada banyak ide tapi males nulis, lewat 1M1C sepertinya bisa bikin terpacu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, aku kira kamu udah gabung, hehe..
      Ayo buruan gabung, bakalan banyak dapet "dorongan" buat semangat nulis loh :D

      Hapus
  13. Aihh kerennyaaaa. Belajar banyak banget dari para bloger bikin banyak ide juga ya kak. Aku kmrn mau daftar tapi lihat setumpuk list pekerjaan, takut keteteran. Seneng bisa baca ini, mudah2an sehat semuaa grup pembaca 😆😆😍 dan keluarga besar 1 minggu 1 cerita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya keren dunks🤩
      Yaudah, kak Jihan duduk manis aja nunggu list kandidat terbaek mingguan 1m1c keluar, hasil dari kerja keras para member pembaca 1m1c 😆😘

      Hapus
  14. wah aku juga tau 1minggu1cerita pas blogwalking ke blognya mbak hani. sayang aku malu kadang buat congkak tulisan di grup,hehe. jadi aku submit link jg formalitas..padahal nulis lebih dari 1 seminggu. yang kupost di link cm 1 hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin BW bikin banyak tau :D
      Gpp mbak In, kan judulnya 1 minggu 1 cerita, hehe..

      Hapus
  15. Aku juga belum lama gabung. Cuma emang belum sempat ikutan grup pembaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next boleh coba gabung ya mba Rina, nanti pas ada yang cuti :D

      Hapus
  16. Aku jg ada di grup 1minggu1cerita hehe. Tapi belum berani ikutan jadi pembaca nih. Takut gak amanah lagi banyak kerjaan. Nanti kalo senggang mau ah ikut. Makasih sharingnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.. Boleh mbak Steff. Nunggu jadwal cuti ya, hehe..

      Hapus
  17. Beberapa kali baca disebut di postingan teman tapi belum sampai mencari tahu lebih jauh. Bagus memang yaa buat saling menyemangati, jadi solusi juga untuk mengusir mager. Jadi tertarik juga tapi khawatir belum sanggup buat atur waktunya, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Duduk manis dulu dan rajin nulis aja ya mbak Leil, biar kami yang bekerja, hehe..

      Hapus
  18. Menarik ya... pengen ikutan tapi takutnya ga bisa konsisten nanti nya karena mood nulis itu selama pake nya the power of kefefet hahaha, jadi kalo ada tugas selalu mepet kalo mood nya ga bagus huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebuah kewajaran seorang blogger sih itu mbak, haha..

      Hapus
  19. selamat datang ke grup SI BAMBANG! wkwkwkwk. bambang selalu tiap minggu, hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Seketika si BAMBANG menjadi pengaruh besar dalam grup ini.

      Hapus
  20. Hihihi kayaknya memang sewru yaaa jadi tim pembaca 😎🤠 Waktu pendaftaran di buka sama teh Anil aku smpat mau ikut mbak, tapi kok ragu takut gak amanah. Klo semisal ada kloter baru aku mau ikutan ah, biar nambah pengalaman ☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuwhuuu.. Sewru abees :D
      Bulan depan ada yg cuti sepertinya, ditunggu ya kak Tik, hihi..

      Hapus
    2. Wah mantap mbak, saya juga awal mula gabung di 1m1c juga karna lihat ada logo 1m1c di salah satu blog teman saya, karna rasa penasaran yang tinggi akhirnya saya memutuskan untuk coba gabung. Benar banyak sekali manfaat yang diperoleh selama bergabung di 1m1c, selain mengenal banyak orang baru kita juga bisa tau bagaimana cara menulis yang baik belajar dari teman teman lain yang lebih berpengalaman.

      Hapus
    3. Hehe.. kok nggak pernah kelihatan di grup mas Pri? apa memang nggak gabung grup? apa memang jarang muncul aja? jadi bertanya-tanya kan saya, hihi..

      semoga semakin semangat menulis untuk kita!

      Hapus
    4. Masuk sih mbak digrup, kemaren sempat muncul ketika bahas tentang guru BK sebentar, Maklum saya masih malu untuk muncul hehe.

      Hapus
    5. oalah, hihi.. gpp sih muncul pas lagi rame-ramenya, sharing aja gitu, hehe..

      Hapus
  21. Serius baru tau sejarah berdirinya #1m1c, sampai ada tim pembacanya segala, kueren ini mah

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah, walau bru sebulan aku gabung di 1m1c, tp langsung ada kesan, trutama aku bebas nulis apa aja,
    Ngekeh aku td wakt baca ada ijincutimembaca 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. iya emang bisa ajuin cuti lho, udah ada 3 orang yang pernah cuti, termasuk aku, hihi..

      Semangat menulis untuk kita kak :D

      Hapus
  23. Waahhh, ternyata Mbak adalah sosok yg senior di grup tersebut yaak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.. bahasanya itu lho sosok senior, Maret ini pas setahun aku join di 1m1c nih, masih banyak yang lebih senior dong, haha..

      Hapus
  24. Iya..emang seru bisa nulis dan gabung di komunitas ini 🤗 eh, ya ternyata ada Tim pembaca nya juga ya. Kereen. Semangat terus, mbak!

    BalasHapus
  25. Aku juga pingin masuk ke grup pembaca tapi udh keburu full... belum beruntung sepertinya ☹ yakali suatu saat nanti butuh nambah personel yaaa, aminnn

    BalasHapus
  26. Aku juga seneng banget alhamdulillah bisa gabung di 1m1c, apalagi kalau waktu pas blog walking di list setoran, baca-baca artikel blogger lain jadi tau yang nggak aku tau sebelumnya karena jenis artikelnya banyak bangeeet. Kalau ada kesempatan lagi, pengen coba juga jadi tim pembaca :D

    BalasHapus
  27. Oooh jadi gitu awal mulanya. Keren juga bisa jadi bisa saling menyemangati klo hawa rebahan lagi kumat. Hihi..
    Alu kadang masih suka angot2 nih semangatnya

    BalasHapus
  28. Grup tersantuy yang pernah saya kenal. Pokoknya nggak absen selama 6 minggu berturut-turut, nggak bakalan di-kick. Bahkan udah di-kick pun, pintu untuk kembali masih terbuka selebar-lebarnya. Ya walaupun kehilangan nomor member berdigit minimalis sih jadinya.

    Anyway saya bukannya mengundurkan diri lho jadi pembaca, cuma pamit nggak ikutan lagi (lah serupa tapi tak beda ya).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju!

      Apa dah mas Prim, wkwk..

      Pintu grup pembaca juga masih terbuka selebar-lebarnya buat mas Prim, lho..

      Hapus
  29. ternyata 1m1c terbentuknya udah dari 2014 yaa, dan saya baru menemukan dan bergabung tahun 2021, ya ampun kemana aja saya selama ini.

    Pengen deh suatu saat bisa gabung jadi tim pembaca, setelah heticnya dunia kuliah kelar dulu

    BalasHapus
  30. Saya baru tahu klo 1m1c sudah lama sekali terbentuknya. BTW terima kaaih buat kaliam yg telah mau repot ngurusi komunitas ini. Terkhusus tim bacanya yg telaten.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!