Terapkan 3 Kata Sederhana Ini dalam Keseharianmu


Kamu termasuk orang yang gengsi atau enggak? Atau mungkin kamu susah sekali mengungkapkan sesuatu? Itu tandanya kamu masih belum paham dengan apa yang kamu perbuat. Kebanyakan orang memang sangat susah untuk mengungkapkan apa yang mereka rasa atau akibat dari sesuatu yang mereka lakukan.

Sebenarnya, segala sesuatu yang kita perbuat, baik dari lingkungan keluarga atau lingkungan di luar keluarga, sangat berpengaruh besar bagi pribadi kita sendiri. Kita harus tahu dan bisa memilih mana yang baik dan yang buruk.

Selain itu, sesederhana apapun kebaikan yang kita dapat atau yang kita berikan, kita harus mampu untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu perbuatan ataupun perkataan.

Kali ini, kynda akan bahas 3 kata yang berpengaruh terhadap pribadi kita dan harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. MAAF
Menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia), MAAF berarti, pembebasan seseorang dari hukuman (tuntutan, denda, dan sebagainya) karena suatu kesalahan. Sebagian orang akan gengsi mengucapkan satu kata ini. Dalam pikirannya, mungkin kata MAAF terlihat rendah. Namun sebenarnya, kata MAAF bukan hanya digunakan untuk mengakui kesalahan. Bisa saja kata MAAF diucapkan saat seseorang tidak berhasil mencapai sesuatu, dan diucapkan kepada diri sendiri. Dalam penerapannya sehari-hari, kata MAAF lebih sering digunakan untuk hal-hal kecil, seperti tidak sengaja menumpahkan air di lantai, atau lupa menyiram tanaman, dsb. Intinya, kata MAAF harus selalu diucapkan apabila seseorang merasa perbuatannya tidak sesuai dengan isi hatinya.

2. TOLONG


Menurut KBBI, kata TOLONG berarti bantu. Pada umumnya, kata TOLONG selalu digunakan saat seseorang memerlukan bantuan karena seseorang tersebut sedang dilanda bencana atau kesulitan. Namun sebenarnya, dalam keseharian, kata TOLONG lebih sederhana lagi penggunaannya. Misalnya, meminta TOLONG mengambilkan sesuatu. Dan alangkah lebih baik lagi, kata TOLONG di dahulukan dengan kata MAAF. Misalnya, MAAF, TOLONG ambilkan air minum. Susunan kalimat semacam itu akan lebih enak di dengar, dan benar-benar menghargai seseorang yang di mintai TOLONG.

3. TERIMA KASIH


Menurut KBBI, dua kata ini, TERIMA KASIH, berarti ucapan rasa syukur. Dalam garis besar, TERIMA KASIH sering di gunakan sebagai ungkapan rasa syukur karena menerima sesuatu yang berharga. Ungkapan ini juga bermakna besar dalam kehidupan sehari~hari. Contohnya dalam hal sederhana seperti, saat kita membersihkan rumah, ternyata anak kita ikut membantu, tanpa di mintai tolong. Nah, kita sangat boleh mengucapkan TERIMA KASIH padanya karena telah bersedia membantu. Namun, jika kita yang memintanya untuk membantu, alangkah baiknya kita ucapkan kalimat sepeti ini, 'MAAF nak, TOLONG ambilkan air untuk menyiram tanaman ya, TERIMA KASIH'.

Kata~kata sederhana di atas memang memiliki makna besar bila di ungkapkan. Mulailah dari hal kecil, dan dari kegiatan sehari~hari yang kamu lakukan dimanapun dan kapanpun. Hargailah orang~orang di sekitarmu. Hormati sesuai usianya. Ya begitulah kira~kira, hehe..

Maaf sudah menulis hal kecil sangat sederhana.
Tolong bagikan tulisan sederhana ini jika di rasa berfaedah.
Terima Kasih telah membaca tulisan sederhana ini.

Sampai jumpa..




Blog:
Dibuat oleh: Tukang WEB, Didukung oleh: Tukang SEO

2 Comments

  1. 3 golden words ya...memang betul, sederhana. Sayangnya, yang sederhana itu tidak selalu mudah dilakukan.

    Ada yang egonya ketinggian akhirnya enggan melakukan hal sederhana ini. Ada juga yang mindernya nggak karuan sampai-sampai takut mencoba hal sederhana ini.

    Mungkin ada baiknya kita mulai membiasakan mengucapkan 3 Golden Words ini ke diri sendiri.

    Menurut mbak gimana?

    ReplyDelete
  2. Yes, setuju sih. Segala sesuatu yg baik memang harus di mulai dari diri sendiri. Sip!

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak. Mohon tidak menyertakan link aktif atau komentar spam. Terima kasih :)