Memasang Menstrual Cup yang Harus Dicermati!



Memasang Menstrual Cup yang Harus Dicermati!

Menstrual cup adalah alat kebersihan feminin yang berbentuk seperti cawan kecil, terbuat dari silikon atau karet lateks. Menstrual cup digunakan untuk menampung darah menstruasi di dalam vagina.

Memasang menstrual cup bisa jadi hal baru yang menakutkan. Butuh kecermatan, latihan dan mengetahui tips yang tepat, supaya kamu bisa melakukannya dengan mudah hingga terbiasa.

Kelebihan dan Kekurangan Menstrual Cup

Sebelum mengetahui bagaimana cara memasang menstryal cup den tepat, cari tahu terlebih dulu kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan Menstrual Cup

  • Ramah lingkungan: Menstrual cup dapat digunakan kembali hingga 10 tahun, sehingga dapat mengurangi limbah menstruasi.
  • Lebih nyaman: Menstrual cup tidak memiliki benang yang dapat mengganggu dan tidak perlu diganti setiap 4-8 jam sekali.
  • Lebih hemat biaya: Menstrual cup dapat menghemat biaya jangka panjang karena dapat digunakan kembali.

Kekurangan Menstrual Cup

  • Membutuhkan waktu untuk membiasakan diri: Beberapa wanita mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri memasang menstrual cup.
  • Dapat bocor: Jika tidak dipasang dengan benar, maka menstrual cup dapat bocor.
  • Tidak cocok untuk semua wanita: Menstrual cup tidak cocok untuk wanita dengan kondisi medis tertentu, seperti endometriosis atau vaginismus.

Cara Memasang Menstrual Cup

Cara Memasang Menstrual Cup

Karena memang sangat jauh berbeda dari pembalut biasa, berikut adalah cara memasang menstrual cup yang perlu dicermati, yaitu:

  1. Cuci tangan kamu dengan sabun dan air hangat.
  2. Sterilkan menstrual cup dengan cara merebusnya dalam air mendidih selama 5-10 menit atau menggunakan sterilizer khusus.
  3. Pilih fold yang tepat, karena ada beberapa fold yang berbeda, seperti punch-down fold dan c-fold. Bereksperimenlah untuk menemukan yang paling nyaman bagi kamu.
  4. Rileksasi dengan cara bernapas dalam-dalam. Hal ini akan membantu kamu lebih rileks dan memudahkan proses pemasangan.
  5. Jepit cup di bagian bawah dengan satu tangan.
  6. Dorong cup ke dalam vagina secara perlahan-lahan. Kamu mungkin ingin membungkuk atau mengangkat satu kaki untuk kenyamanan.
  7. Arahkan cup ke belakang vagina, menuju tulang ekor.
  8. Lepaskan cup dan biarkan terbuka secara alami di dalam vagina kamu hingga membentuk segel.
  9. Putar cup sedikit untuk memastikannya terpasang dengan benar.
  10. Tarik batang cup dengan lembut untuk memastikannya terpasang dengan aman.

Setelah tahu cara memasang menstrual cup, selanjutnya adalah cara mengosongkan menstrual cup yang bisa kamu lakukan di kamar mandi. Namun, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat sebelum memulai.

Lalu, tekan bagian bawah cup untuk membuka segelnya. Keluarkan darah menstruasi dari cup dan buang ke toilet. Cuci cup dengan sabun dan air hangat, lalu masukkan kembali ke dalam vagina.

Menstrual cup dapat digunakan selama 6-12 jam sekali. Setelah menstruasi selesai, sterilkan kembali menstrual cup kamu dan simpan di dalam pouch kecil, letakkan di tempat yang kering, bersih dan aman.

Memasang menstrual cup mungkin memang tidak mudah. Karena, butuh persiapan yang matang dari dalam diri. Jadi, selamat beralih ke menstrual cup!


Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator


Posting Komentar

0 Komentar