Tips Memilih Susu Bubuk untuk Membuat Kue Lezat, Bonus Resep!



Tips Memilih Susu Bubuk untuk Membuat Kue Lezat, Bonus Resep!


Membuat kue merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi, jika pembuatan kue mengikuti resep dengan takaran bahan yang pas, maka akan menghasilkan kue yang lezat. Salah satu bahan penting dalam pembuatan kue adalah susu bubuk, karena pemberian susu bubuk pada kue dapat menciptakan rasa gurih dan creamy.

Selain itu, susu bubuk juga dapat membantu mengikat adonan kue agar lebih kenyal dan tidak mudah pecah, sehingga hasilnya pun maksimal. Akan tetapi, tidak semua susu bubuk cocok dalam pembuatan kue, karena hanya ada beberapa jenis susu bubuk yang dapat digunakan.

Tips Memilih Susu Bubuk untuk Membuat Kue

Supaya adonan kue menjadi lebih kenyal dan hasilnya pun maksimal, berikut beberapa tips memilih susu bubuk untuk kue:

1. Pilih Susu Bubuk yang Berkualitas Baik

Susu bubuk yang berkualitas baik biasanya memiliki warna yang putih bersih, tekstur yang halus, dan aroma yang harum.

2. Pilih Susu Bubuk yang Sesuai dengan Resep

Ada berbagai jenis susu bubuk tersedia di pasaran, pastikan kamu memilih susu bubuk yang sesuai dengan resep kue yang akan kamu buat, berikut ketiga jenisnya:

- Susu Bubuk Full Cream

Susu bubuk jenis ini memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga akan menghasilkan rasa kue yang gurih dan creamy. Susu bubuk full cream yang cocok digunakan untuk membuat kue-kue yang membutuhkan rasa gurih yang kuat, seperti brownies, cake, dan muffin.

- Susu Bubuk Skim

Susu bubuk jenis ini memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga menghasilkan kue dengan rasa yang lebih ringan. Susu bubuk skim cocok digunakan untuk membuat kue-kue yang membutuhkan rasa yang lebih lembut, seperti sponge cake, chiffon cake, dan cookies.

- Susu Bubuk Rendah Lemak

Susu bubuk jenis ini memiliki kandungan lemak yang sedang, sehingga menghasilkan rasa gurih, namun tidak terlalu berat. Susu bubuk rendah lemak cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis kue.

3. Pertimbangkan Penggunaan Susu Bubuk Lain

Selain susu bubuk full cream, kamu juga dapat menggunakan susu bubuk lain, seperti susu bubuk cokelat, susu bubuk vanila, atau susu bubuk keju. Penggunaan susu bubuk lain dapat memberikan cita rasa yang unik pada kue dan semakin lezat.

4. Perhatikan Cara Penyimpanan Susu Bubuk

Susu bubuk harus disimpan di tempat yang kering dan sejuk agar tidak cepat basi. Kamu juga dapat menyimpan susu bubuk dalam lemari es agar lebih awet.

Resep Brownies Kukus Mudah dan Lezat

Resep Brownies Kukus


Jika sudah memilih susu bubuk untuk kue yang tepat, berikut resep brownies kukus yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan:

- 200 gram tepung terigu

- 100 gram gula pasir

- 2 butir telur

- 100 ml susu cair

- 50 gram susu bubuk full cream

- 1/2 sendok teh vanili bubuk

- 1/2 sendok teh baking powder

- 1/2 sendok teh baking soda

- 50 gram cokelat batang, cincang kasar

Cara membuat:

- Campur tepung terigu, gula pasir, telur, susu cair, susu bubuk, vanili bubuk, baking powder, dan baking soda dalam satu wadah. Aduk rata hingga adonan tidak menggumpal.

- Masukkan cokelat batang cincang ke dalam adonan, aduk rata.

- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak dan ditaburi tepung terigu.

- Kukus adonan selama 30 menit atau hingga matang.

- Angkat, dan biarkan brownies dingin sebelum dipotong.

Dengan memilih susu bubuk untuk kue yang tepat hingga cara penyimpanan susu bubuk yang benar, maka kapan pun kamu dapat membuat kue yang lezat, mudah dan menggugah selera. Selamat mencoba resepnya juga!



Posting Komentar

1 Komentar

  1. brownies kesukaanku, pengen coba bikin sendiri ah :D terimakasih resepnya ya kak

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!