Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah, No. 8 Jangan Diabaikan!



Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Mudah, No. 8 Jangan Diabaikan!


Masalah bau badan sering kali membuat rasa percaya diri menurun. Beberapa orang bahkan beranggapan, bahwa bau badan disebabkan oleh keringat berlebih. Padahal, bukan keringat yang menyebabkan bau, namun dikarenakan bakteri yang hidup di area yang berkeringat.

Salah satu cara menghilangkan bau badan adalah dengan mengeringkan bagian tubuh yang berkeringat. Bakteri yang tumbuh dan menyebar di area tubuh yang lembap akan memecah sejumlah protein dalam keringat yang kemudian menjadikannya asam.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Untuk mengatasi bau badan tidaklah sulit, kamu hanya perlu menerapkan beberapa cara berikut, agar bau badan tak lagi datang, antara lain:

1. Mandi Secara Teratur

Cara paling mudah yang pertama adalah dengan mandi secara teratur minimal sekali sehari. Pastikan, kamu membersihkan dengan baik pada area yang rawan berbau dan berkeringat, seperti ketiak maupun selangkangan.

2. Mengeringkan Badan dengan Benar

Handuk

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah mengeringkan dengan benar area tubuh setelah mandi. Termasuk mengeringkan keringat setelah selesai berolahraga maupun beraktivitas cukup berat. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri akan terhambat, sehingga terhindar dari aroma tidak sedap. Satu hal lagi, handuk yang digunakan pun harus yang mudah menyerap, jadi tidak ada lagi bagian tubuh yang lembap.

3. Menggunakan Sabun Antibakteri

Sabun antibakteri dipercaya ampuh membasmi sekaligus mengendalikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan. Saat membeli sabun mandi, pastikan pada kemasannya tercantum keterangan antibakteri.

4. Menggunakan Deodoran/Antiperspiran

Deodorant

Umumnya setelah mandi, kamu bisa menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau badan. Meski tidak dapat mencegah keluarnya keringat, namun keharuman dari deodoran dipercaya ampuh mencegah timbulnya bau badan dan dengan tambahan kandungan antiperspiran diperuntukan bagi kamu yang memiliki keringat berlebih.

5. Tidak Sembarangan Mengonsumsi Makanan

Bukan hanya dicegah dari dalam, bau badan yang timbul jgua harus dicegah dari dalam melalui makanan yang dikonsumsi. Hindari mengonsumsi jenis makanan berminyak, mengandung lemak, hingga yang berbau seperti berbagai jenis bawang.

6. Menggunakan Pakaian yang Tepat

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya yaitu menghindari menggunakan jenis pakaian yang membuat gerah atau panas. Lebih baik, gunakanlah pakaian dengan jenis kain yang mudah menyerap keringat, misalnya katun.

Tidak hanya menggunakan pakaian yang tepat, kamu juga harus memperhatikan jenis bahan pakaian dalam yang dipilih. Pastikan memilih yang tidak terlalu tebal dan berbahan mudah menyerap keringat. Jika perlu, kamu juga dapat menggunakan kaos kaki berbahan katun yang nyaman, untuk menghindari munculnya keringat di area kaki.

7. Menjaga Kebersihan Pakaian

Pakaian Bersih

Cara mencegah bau badan berikutnya adalah dengan mengganti pakaian selepas beraktivitas, apalagi untuk kamu yang mudah berkeringat. Menjaga pakaian selalu bersih dapat mencegah munculnya bakteri. Selain itu, sering-seringlah pula mengganti kaos kaki dan sol sepatu untuk menghindari basah dan bau pada kaki.

8. Rutin Mencukur Rambut yang Tersembunyi

Kelenjar apokrin terkonsentrasi pada area yang tertutup rambut, seperti di area kemaluan dan ketiak. Rambut yang tumbuh dapat menjadi 'sarang' bakteri. Dengan rutin mencukur rambut di area tersembunyi, maka bau badan dapat dikontrol dengan lebih baik.

Cara menghilangkan bau badan di atas cukup mudah, bukan? Walau memang tidak ada cara mutlak agar bau badan hilang sepenuhnya, tetapi setidaknya kamu bisa menerapkan secara rutin cara-cara tersebut sehingga orang-orang di sekitarmu tidak sempat mencium aroma tidak sedap dari tubuhmu.

Ingin membaca lebih banyak informasi tentang kesehatan? Kamu bisa segera mengunjungi laman beranda.co.id, karena di sana terdapat beragam artikel menarik terkait berita terkini, ekonomi, bisnis, lifestyle dan inspirasi. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

16 Komentar

  1. Nah, ini info bagus untuk disebarkan, Mbak. Bau badan bukan dari keringat yang banyak, tapi karena adanya bakteri yang tumbuh di area berkeringat. Makanya, pas olahraga itu, walau mandi keringat, tidak bau.
    Kalau saya simpel saja. Mandi teratur, menghindari makanan yang berbau tajam, termasuk pakai baju yang nyaman. Saya sukanya pakai kaos yang menyerap keringat.

    BalasHapus
  2. Tapi memang urusan bau badan ini bukan hanya mengganggu pribadi tapi juga mengganggu orang lain sih. Makanya penting banget menjalankan tips di artikel ini

    BalasHapus
  3. Pasti sih aku jg rajin nyukur bulu itu wkwk. Kadang suka risih dan bikin gatel aja sih kalo udh lebat bgt. Sunnahnya sih 40 hari sekali tp ya kdg aku baru sempat 2 bln sekali atau kl udh agak lebat.

    BalasHapus
  4. Bau badan itu mengganggu banget, bikin kita gak PD. Perlu diperhatikan kebersihan badan dan menu makanannya, serta harus tepat memilih pakaian biar gak memicu bau badan berlebih.

    BalasHapus
  5. Kalau aku pake deodoran mba. Alhamdulillah langsung ilang bau badan. Betul juga kita harus menjaga makanan, lap bersih dengan handuk setelah mandi sampai kering

    BalasHapus
  6. Wah bener banget nih, aku suka ngerasa mulai bau badan ketika ada bulu-bulu yang belum dicukur. Ternyata sengaruh itu ya sama bau badan..

    BalasHapus
  7. Bau badan ini masalah yang mesti segera diatasi lho. Jangan sampai gara-gara bau badan yang semerbak juga membuat orang jadi terganggu kan. Salah satunya bisa pake deodorant, rajin mandi, dan kenali jenis kain yang tak cocok saat digunakan di tubuh.

    BalasHapus
  8. Bakteri emang sarang bau sih yaa, harus rajin cukur heuheu

    BalasHapus
  9. Punya temen yang BB nya ampuun bangettt, tp mau negur tuh sungkaan, ga enaaak gitu huhu, kayaknya bener itu tuh karen pakaian dia juga gitu

    BalasHapus
  10. Nomor 4 paling males wkwkwkw.
    Padahal itu cara paling simpel ya, cuma gatau deh namanya cowok tuh suka males banget pake deodoran.
    Sekarang sih aku lagi coba pake tawas, semoga aja ada perubahan

    BalasHapus
  11. Aku tuh risiiiiih banget mba kalo udah kecium bau sedikit aja. Pasti bawaan pengen mandi.

    Makanya yaa suka heran Ama orang yg ga sadar Ama bau badannya sendiri. Sementara kita yg disamping dia udh tahan napas sejak tadi 😔. Bingung, masa iyaa ga kecium

    Apa hidungnya mati rasa atau gimana 🤧

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu kalau rambut tersembunyi juga bisa menyebabkan bau badan. Terima kasih infonya kak.

    BalasHapus
  13. Katakan tidak pada bau badan ya kak. Biar kita juga PD sama kalo ada yg dekat sama kita juga bisa terua menghirup udara segar hihi.

    BalasHapus
  14. Dulu aku menyepelekan sabun antibakteri. Soalnya emg ga pernah gatal2 sih abis kerja. Paling ya cmn polusi aja yg ga betah plus keringetan yg bikin badan dan pakaian bau.

    Tp pas balik desa dan beraktivitas di sawah, sabun antibakteri ini ternyata butuh bgt. Aku yg biasa pakai sabun merek A dgn embel3 tnp antibakteri, ya ga bakal mempan atasi gatal2 di tubuh.

    BalasHapus
  15. Kalau jaga kebersihan atau merapikan rambut sih udah tertib, cuma yang suslit tuh jaga makanan, Kak. Kadang asal konsumsi aja padahal potensial bawa bau tak sedap. Makasih ya diingatkan.

    BalasHapus
  16. Tipsnya lengkap banget. Hal yang paling sering dilupakan biasanya makanan, makanan yang bisa bikin kita cepet keringetan dan juga makanan yang punya bau tajam kadang suka banget kelupaan. Akhirnya bau badan tanpa disadari udah tidak sedap.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!