Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris



Aplikasi Belajar Bahasa Inggris


Siapa nih yang mau kemampuan berbahasa Inggrisnya semakin hari semakin meningkat? Walau beberapa orang menganggap tidak penting, tetapi setidaknya kamu harus tahu dasar-dasar berbahasa Inggris yang baik dan benar. Yah, kali aja someday bakal ada bule yang nanya something sama kamu, biar nggak sekadar tau yes or no aja, hehe..

Kalau zaman dulu, belajar bahasa Inggris harus ikut kursus offline ya, misalnya pas zaman sekolah nih, kamu pasti punya jadwal khusus buat les bahasa Inggris. Benar, nggak?

Nah, kalau zaman sekarang, belajar bahasa Inggris tuh bisa lewat online, lho. Bahkan, sudah dibuat aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa diakses kapan pun dan di mana pun.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Sebuah studi di Eton Institute mengatakan bahwa, mempelajari bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan memori dan otak. Kamu bahkan bisa jadi lebih mudah melakukan banyak hal dengan lebih fokus serta melakukan pekerjaan multitasking.

Nggak cuma itu, ahli Bilingua juga menyebut bahwa, menguasai bahasa Inggris akan membuka banyak kesempatanmu untuk mengembangkan karir melalui bidang mana pun.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Supaya semakin mudah dalam mengasah kemampuan berbahasa Inggris, kamu harus pilih dan download aplikasi belajar bahasa Inggris dan berikut rekomendasinya:

1. Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa paling terkenal dan memiliki rating yang sangat bagus, lho. Dalam aplikasi Duolingo, kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari level yang mendasar (intermediate) sampai fluent. 

Keunggulan Duolingo adalah, kamu bisa menentukan target belajar bahasa di setiap harinya. Misalnya saja, kamu ingin belajar bahasa Inggris 1 jam/hari, Duolingo akan mengingatkan kamu untuk membuka aplikasi sesuai dengan waktu yang sudah kamu tentukan.

Selain itu, fitur User interface Duolingo juga tidak membosankan, sehingga kamu terus tertarik untuk belajar.

2. Babbel

Hampir seruoa dengan Duolingo, hanya saja Babbel lebih fokus kepada conversation dan vocabulary. Aplikasi Babbel memang terbilang belajar dalam waktu singkat, namun tetap informatif dan interaktif.

3. Beelinguapp

Aplikasi belajar bahasa Inggris selanjutnya ada Beelinguapp. Mengusung konsep story-telling, kamu bisa membaca beberapa cerita dalam bahasa Inggris dan di sebelahnya ada versi bahasa kamu sendiri, karena di sini tersedia 14 bahasa yang bisa kamu pelajari.

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur karaoke-style, di mana kamu bisa membaca sekaligus mendengarkan pronunciation dari bacaan tersebut.

Desain dan ceritanya pun dibuat sebegitu menarik, supaya kamu semakin semangat belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

4. Busuu

Busuu merupakan aplikasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu bahkan dari berbagai aspek. Mulai dari vocabulary, grammar, hingga speaking.

Kamu bahkan bisa mendapatkan feedback dari pembicara native bahasa Inggris di aplikasi ini, lho. Jadi, kamu akan le ih mudah dan mendapatkan banyak masukan untuk mengevaluasi apa-apa saja yang harus diperbaiki.

5. Grammarly

Mencari aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa mengoreksi tulisan bahasa Inggrismu? Grammarly, bisa jadi pilihan tepat untuk itu.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kamu hanya perlu meng-install keyboard Grammarly di gadget apapun, lalu secara otomatis Grammarly akan membenarkan kesalahan dalam penulisan tersebut. 

Keunggulan lain dari Grammarly ialah, kamu dapat mendeteksi ‘nada’ tulisan yang akan kamu kirim. Seperti formal, netral, dan bersahabat. 

Aplikasi ini juga dapat kamu gunakan saat ingin mengirimkan email dalam bahasa Inggris, baik formal maupun informal.

Dari kelima aplikasi belajar bahasa Inggris di atas, adakah salah satunya yang pernah kamu coba? Komen di bawah, dong!

Selain menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris mudah dengan mendengarkan lagu atau menonton film. Cara ini bisa melengkapi dan lebih menyempurnakan bahasa Inggrismu juga, lho. So, happy learning your English!



Posting Komentar

26 Komentar

  1. zaman sekarang bener bener dimudahkan dengan adanya teknologi, belajar bahasa inggris bisa online dan dimana aja. Aku sendiri di tahun 90an, baru belajar bahasa inggris waktu SMP.
    Dulu udah ngehayal cas cis cus bahasa inggris, meskipun sering les tapi aku merasa masih biasa aja kemampuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Mungkin karena kurang praktik aja yah, Mbak

      Hapus
  2. Iya. Aku keinget pas jaman sekolah kudu kursus bahasa inggris, naik sepeda biar pinter. Sekarang mah apa-apa mudah ya. Ada aplikasi buat belajar bahasa inggris. Tinggal kita pilih mana yang sesuai untuk kebutuhan kita saja. Cucok....

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya untuk belajar bahasa Inggris ini, selama ini saya pakainya Grammarly tapi hanya digunakan untuk cek benar atau tidkanya dalam grammar saja, padahal bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya ya

    BalasHapus
  4. Banyak banget ya aplikasi buat belajar bahasa Inggris. Belum lagi yag nawarin kelas tatap muka online. Memang penting banget sih belajar bahasa yang satu ini.

    BalasHapus
  5. Sebenarnya sejak dulu belajar Bahasa Inggris sangat penting ya, Mbak. Karena akan saat menunjang saat dunia kerja juga. Misalnya saudara saya, karena tidak bisa Bahasa Inggris, jadi jabatannya tidak bisa pindah ke urusan yang berhubungan dengan klien dari luar negeri.
    Jadi generasi sekarang harus semangat belajar Bahasa Inggris. Apalagi sekarang dimudahkan dengan hadirnya aplikasi belajar Bahasa Inggris online.

    BalasHapus
  6. Makasih informasinya. Anak-anakku belajar bahasa Inggris sejak SD di sekolah. Kalo di rumah belajar dari youtube. Mau coba download salah satu aplikasi di atas ah biar makin bagus bahasa Inggrisnya.

    BalasHapus
  7. Duolingo dan Grammarly jadi aplikasi andalan belajar bahasa Inggris nih. Tinggal mesti konsisten aja belajarnya biar cepat bisa. Apalagi yang Duolingo kan diminta tiap hari buka dan latihan di aplikasinya

    BalasHapus
  8. baru pernah coba duolingo nih diriku, mbak sedang yang lain malah baru dengar sekarang namanya. kalau gramarly sering lihat iklannya juga sih tapi belum pernah coba

    BalasHapus
  9. Sekarang banyak pilihan aplikasi belajar bahasa Inggris ya, tiggal kemauan belajarnya. Mana bahasa Inggris sudah kebutuhan dalam pergaulan zaman now.

    BalasHapus
  10. yang babbel ini aku baru tahu wkwkw
    pernah cobain yang grammarly doang sih, tp emang bener banyak yaa yg gratisan asal mau memanfaatkan dgn maksimal aja, eaak

    BalasHapus
  11. Sepertinya saya tertarik dengan aplikasi Grammarly nih. Supaya bisa mengoreksi tulisan inggris secara saya masih banyak kesalahan kalau menulis dalam bahasa Inggris itu...

    BalasHapus
  12. nomor 1 dan 5 cukup familiar oleh daku.
    kadang yang nomor 5 daku pakai buat membantu kerjaan hehe

    BalasHapus
  13. Bahasa Inggris bukan lagi pra syarat, namun sudah menjadi bagian yang tidak bisa tidak. Mau tidak mau harus bisa, apalagi di dunia online ini, kita bisa interaksi dengan berbagai kalangan antar negara bermodalkan bahasa Inggris. Tapi tidak perlu bingung ya, Kak karena kita bisa belajar dengan mudah sekarang.

    BalasHapus
  14. Duolingo dan Grammarly selalu jadi rujukanku buat belajar bahasa sih. Selain bhs Inggris, ada jg bahasa lain tuh. Jd kita pny banyak pilihan utk bljr di sana. Ada poin dan level yg hrs kita kejar buat belajar. Mkn semangat tuh.

    BalasHapus
  15. Dari semua list, tahu yang duolingo sama grammarly. Kalau grammarly itu asli enak, tapi berbayar ya kalau ngga salah

    BalasHapus
  16. memang makin mudah ya jaman sekarang mau belajar apa aja, tinggal orangnya aja nih mau belajar apa engga hehe

    BalasHapus
  17. Bahasa inggris sangat sangat penting di era saat ini, sejak kecil anak2 dibiasakan belajar bahasa english supaya terbiasa.

    Lembaga les bahasa english banyak sekarang tidak seperti jaman saya dulu apalgi di daerah saya dulu.

    BalasHapus
  18. sejauh ini aku cuma eungeuh sama grammarly dan duolingo aja sih Kak. Eh ternyata ada banyak aplikasi yang bisa dijajal biar bisa fasih berbahasa inggris ya. Kan bahasa dunia. Walau sedikit-sedikit, tapi bisa dimanfaatkan sudah bagus ya.

    BalasHapus
  19. Asik nih belajar bahasa Inggris bisa via aplikasi, jadi orang tua tetap bisa mengawasi anak-anak saat belajar bahasa Inggris. Nunggu gede dikit anak-anak saya, bisa coba deh aplikasi ini

    BalasHapus
  20. Wahyuindah22:56

    Pas banget nih nemu artikel ini. Pengennya belajar bahasa Inggris online. Kalau ke tempat kursus offline kan malu ya udah tua masih belajar bahasa Inggris. Thanks mbak, mau nyobain aplikasinya

    BalasHapus
  21. ada banyak website buat belajar bahasa inggris yaa.. sekarang udah bukan zamannya untuk tertinggal dan gabisa bahasa inggris :D

    BalasHapus
  22. duolingo sih yang paling sering aku tau mah sebagai aplikasi belajar bahasa inggris. kalau grammarly, yaahh untuk koreksi tulisan aja. eh tap iya sih bisa juga jadi ikut belajar grammar nya

    BalasHapus
  23. Sekarang makin banyak ya aplikasi belajar Bahasa Inggris. Aku dulu tahunya cuma duolingo aja sih. Dan zaman now, harus bisa sih bahasa inggris.

    BalasHapus
  24. Terima kasih infonya ya, ga kepikiran bisa belajar bahasa inggris menggunakan aplikasi, mau coba ah supaya tambah pinter

    BalasHapus
  25. Aku setuju sih kak kalau menguasai bahasa Inggris itu jadi membuka jalan kita buat dapet banyak kesempatan kerja sama. Nah aku suka belajar di duo lingo. Sisanya belum pernah. Jadi penasaran mau coba juga

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!