Tips Hidup Hemat di Jakarta, No. 8 Jangan Sampai Terlewat!



Ibu Kota Jakarta


Hidup di Ibu Kota Jakarta memang tidak mudah. Selain harus memiliki mental yang kuat, kamu juga dituntut untuk bisa memiliki kemampuan berhemat yang sangat baik. Pasalnya, Jakarta selalu diidentikkan dengan gaya hidup mewah dan gemerlap. Ingar bingar suasana Kota Jakarta pun ikut memengaruhi kehidupan warganya.

Melihat biaya hidup yang tidak murah, membuat siapa pun pasti akan berpikir dua kali untuk memilih tinggal di Jakarta. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat impianmu bekerja di Jakarta pupus. Tetap semangat dan baiknya ikuti tips di bawah ini, yuk!

Tips Hidup Hemat di Jakarta

Terlepas dari apapun penilaian tentang Ibu Kota, berikut delapan tips yang boleh sekali kamu terapkan untuk dapat hidup hemat di Jakarta, yaitu:

1. Hindari Gaya Hidup Mewah

Jakarta memiliki fasilitas lengkap yang dibutuhkan manusia, seperti mal yang menyediakan berbagai barang-barang branded dari fashion ternama. Berupayalah untuk tidak mudah tergoda dengan beragam hal tersebut, agar kamu dapat terhindar dari lifestyle atau gaya hidup yang serba mewah.

2. Mengelola Pemasukan dengan Matang

Mengelola Keuangan

Kamu harus bisa mengelola pemasukan dengan baik. Misalnya, untuk amal 10%, investasi 20%, hiburan 20%, dan kebutuhan hidup 50 % yang kesemuanya tentu tergantung besaran pendapatan yang diterima. Setelah mampu merencanakan keuangan dengan matang, yakinlah kalau kamu tidak akan kekurangan.

3. Pilih Tempat Tinggal Sederhana

Poin kedua ini cukup krusial untuk kamu yang ingin hidup hemat di Jakarta. Karena, kamu harus mencari dan memilih tempat tinggal sederhana tanpa fasilitas ini itu, syukur-syukur ada yang dekat dengan kantor. Hitung-hitung sekalian hemat uang dan tenaga juga, bener nggak?

4. Menggunakan Transportasi Publik

Transportasi Publik

Menggunakan transportasi publik menjadi tips hidup hemat di Jakarta yang selanjutnya. Walau banyak bermunculan alat transportasi online yang bisa menjangkau ke mana pun dengan lebih cepat, namun menggunakan transportasi publik akan sangat menghemat ongkos perjalananmu.

Ongkos naik transportasi publik hanya sekitar Rp6000 - Rp10000 saja perharinya. Nilai tersebut tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan transportasi online yang ongkosnya bisa mencapai Rp30000 per hari. Hayo, mau pilih mana?

5. Kurangi Makan di Luar

Biaya hidup di Jakarta yang cukup mahal tentunya memengaruhi harga makanan yang dijual. Sebagai solusi cerdas, kamu harus bisa memasak makanan sendiri. Karena, dengan mengolah makanan sendiri dengan bahan-bahan sederhana, maka akan jauh lebih menghemat pengeluaranmu dari pada harus makan di luar yang akan cepat menghabiskan gajimu.

Selanjutnya, kamu bisa mulai membawa bekal ke kantor. Selain berhemat, kamu juga pasti lebih sehat, karena makanan yang dimasak sendiri.

6. Mencuci Baju Sendiri

Mencuci Baju

Selain harus bisa memasak makanan sendiri, kamu juga harus bisa mencci baju sendiri. Kamu perlu mempersiapkan peralatan mencuci, seperti ember, brush, deterjen hingga pewangi pakaian. Lebih baik, simpan uangmu untuk hal yang lebih penting, misalnya untuk belanja kebutuhan bulanan. Jauh lebih bermanfaat dari pada jika menggunakan jasa laundry yang jelas biayanya akan jauh lebih mahal, dan tidak bisa menjamin juga kalau hasil cucinya bakal lebih bersih, bener, nggak?

7. Mulailah Berinvestasi

Zaman sekarang, berinvestasi bisa menjadi cara tepat untuk merencanakan masa depan, bahkan bisa membuatmu meraih kebebasan finansial sejak dini. Kamu bisa memilih jenis investasi jangka panjang atau jangka pendek, seperti emas, deposito, reksadana, dan sebagainya. Pastikan jenis investasi yang kamu pilih benar-benar aman dan menguntungkan.

8. Mendaftar Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa

Sebagai manusia, kita patut melindungi diri dengan sebaik-baiknya. Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa mendaftar asuransi jiwa. Pastikan juga agar kamu memilih nilai premi yang sesuai dengan kemampuan finansial. 

Untuk mendapatkan jenis asuransi terbaik, silakan kunjungi cekpremi.com, karena terdapat berbagai penawaran yang menguntungkan dan bisa kamu manfaatkan sebagai solusi meraih masa depan yang lebih baik. Ayo segera cekpremi dan jangan tunda lagi!

Itulah tadi delapan tips hidup hemat di Jakarta. Semoga bisa kamu terapkan dengan baik, agar kamu bisa hidup dengan nyaman di Ibu Kota. Silakan berbagi tips ini ke media sosial. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!



Posting Komentar

2 Komentar

  1. sangat bagus sekali untuk kesehatan dan kesehatan isi dompet di dalam ke hidupan ekonomi lemah, akan bisa di telapkan selanjutnya di kehidupan besok dan besoknya lagi.. https://rencanaumroh.com/

    BalasHapus
  2. Saya pernah tingga di jakarta, ngekost doang bayarnya 1,4 jt perbulan. Tapi nyaman sih kamarnya. udh gt kendaraan bawa sendiri. klo mw hemat susah banget. paling hemat ya, menghemat makan pagi aja. klo siang susah hemar, soalnya makan di resto terus sm temen temen. tp tulisan ini, cukup menginspirasi. makasih ya sarannya

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!