5 Peran Teknologi Untuk Mencerdaskan Anak



Teknologi


Dalam era digital seperti saat ini, anak-anak memiliki akses ke berbagai jenis teknologi dan informasi yang sangat luas. Hal ini memungkinkan mereka untuk belajar dan mengakses pengetahuan dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Meski begitu, manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari harus tetap dimaksimalkan dan terus dipantau oleh orang tua, agar teknologi benar-benar bisa menambah kecerdasan anak dan menunjukkan segala potensinya.

Ini Alasan Kenapa Teknologi Dapat Membantu Orang Tua untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Jangan hanya orang tua yang dapat memanfaatkan keberadaan teknologi, namun juga harus bijak menggunakannya untuk meningkatkan kecerdasan anak. Bagaimana bisa? Berikut kelima alasannya:

1. Akses Informasi yang Lebih Cepat dan Luas

Dengan akses ke internet dan berbagai perangkat digital, anak-anak dapat dengan mudah mencari informasi dan memperoleh akses ke berbagai sumber daya pendidikan. Mereka dapat mengakses buku elektronik (e-book), video pembelajaran, dan materi pembelajaran online.

Dengan memaksimalkan manfaat internet cepat pula, otomatis anak bisa belajar banyak hal baru dengan lebih cepat sekaligus dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan mereka.

2. Mempermudah Proses Pembelajaran

Mempermudah Proses Pembelajaran Anak


Di era digital, pembelajaran dapat berlangsung secara online, jarak jauh atau bahkan secara mandiri. Apalagi saat ini, anak-anak dapat mengakses bahan pembelajaran secara mandiri tanpa harus bergantung pada guru atau sekolah.

Karena memang, sudah tersedia pula materi-materi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sehingga anak-anak tidak mudah bosan.

3. Meningkatkan Kreativitas

Kesempatan memanfaatkan era digital ini juga dapat mengembangkan keterampilan dalam bidang yang mungkin tidak terjangkau tanpa teknologi, seperti coding dan pemrograman.

Selain itu, mereka juga dapat belajar tentang desain grafis, fotografi, dan video editing, sehingga dapat membuat video pendek, animasi, atau presentasi untuk menunjukkan kreativitas mereka.

4. Menyediakan Akses ke Program Pembelajaran Khusus

Menyediakan Akses ke Program Pembelajaran Khusus


Akses ke program pembelajaran khusus dapat membantu anak-anak dengan kebutuhan khusus. Misalnya, kamu sudah menjadi pelanggan IndiHome, maka anak-anak di rumah bisa mendapatkan akses ke platform belajar online, seperti Ruangguru, Rumah Belajar, Khan Academy, atau menggunakan Kahoot! Premium untuk bermain kuis.

5. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Anak-anak juga dapat mengakses berbagai materi edukasi dalam bahasa Inggris yang tersedia di internet, seperti dalam bentuk video, audio, dan buku elektronik (e-book).

Selain itu, anak-anak juga dapat berinteraksi dengan penutur asli bahasa Inggris melalui aplikasi dan platform media sosial. Seru sekali, bukan?

Tak terlepas dari semua yang telah disebutkan di atas, orang tua juga butuh akses internet cepat dan stabil untuk menunjang itu semua.

Untuk itu, kamu dapat menggunakan ISP IndiHome yang bisa menjadi solusi kebutuhan internet dan media edukasi dengan harga yang terjangkau serta dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Misalnya saja kebutuhannya untuk edukasi ke anak-anak, IndiHome menawarkan paket dengan fitur edukasi lengkap.

Fitur Paket Edukasi Pada ISP IndiHome 

IndiHome menyediakan beberapa paket internet dengan fitur edukasi untuk anak sesuai referensi di situs tekno, antara lain:

- IndiHome Edukasi

Merupakan layanan yang menawarkan akses online ke konten pendidikan dari SD hingga SMA, termasuk video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online. Dengan adanya layanan ini, anak-anak dapat memahami dan menguasai materi pelajaran dengan lebih mudah.

- IndiHome Study

Dirancang khusus untuk memudahkan proses belajar anak. Beberapa fitur yang ada dalam layanan ini sangat efektif untuk anak-anak belajar di rumah, seperti Online Class, Online Exam, dan Virtual Library.

- IndiHome Kids

IndiHome Kids


Menyediakan konten edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak, seperti layanan video pembelajaran, permainan edukasi, dan lagu anak, agar anak-anak dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dengan memanfaatkan beragam fitur dan layanan yang disediakan oleh IndiHome dari Telkom Indonesia, orang tua dapat mempermudah proses belajar anak agar prestasi meningkat.

Oleh sebab itu, memilih layanan e-learning atau platform belajar digital yang berkualitas sangatlah penting, sebagai orang tua yang peduli terhadap pendidikan anak. Semoga bermanfaat!




Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kadang banyak orang tua yang ga paham teknologi, jadinya yah anak dilepas gitu aja kalo udah pegang hp. Padahal, konsepnya tetep harus pantau anak lagi buka apa aja. Untungnya ada fitur paket edukasi dari IndiHome ya, jadi orang tua bisa pantau sekaligus lihat perkembangan belajarnya.

    BalasHapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!