Tips Melindungi Data Pribadi Dari Kejahatan Siber



Melindungi Data Pribadi, Cyber Crime, Hacker


Begitu banyak layanan digital yang dibuat guna mempermudah berbagai aktivitas manusia. Banya di antaranya pula mengklaim telah memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Meski begitu, tetap saja sebagai pengguna, harus memperhatikan keamanan akun.

Karena, ada berbagai kemungkinan yang bisa terjadi untuk membobol informasi pribadi, seperti email, foto, video, dan data lainnya yang bisa dilihat bahkan diakses orang lain.

Melindungi data pribadi bukan hanya milik orang-orang terkenal, seperti publik figur, pejabat, politisi, dll, tapi juga kita sebagai masyarakat biasa yang tidak boleh abai terhadap hal tersebut.

Tips Melindungi Data Pribadi di Dunia Maya

Melindungi data pribadi memang tidak mudah, namun juga tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Kamu hanya perlu mengikuti 4 tips berikut, agar data pribadi tetap aman dan tersimpan dengan baik, yakni:

1. Buat Kata Sandi Berbeda

Mayoritas orang akan menggunakan kata sandi atau password yang sama pada akun mereka. Alasannya, supaya lebih mudah diingat. Kenyataannya, kamu harus membedakan password akun satu dengan akun lainnya.

Akan lebih baik lagi, jika kata sandi yang kamu buat memiliki keunikan. Hal ini lah yang cukup mengecoh para penjahat siber sehingga kemungkinan terjadi kebobolan sangat kecil.

Setelah memastikan dan mencatat kata sandi setiap akun yang dimiliki, saran terbaik lainnya adalah dengan mengganti kata sandi minimal 3 - 6 bulan sekali, sehingga proteksi akun lebih terjamin.

2. Perhatikan Keamanan Internet di Rumah

Selain pentingnya membedakan kata sandi, hal penting lain yang harus diperhatikan untuk melindungi data pribadi adalah pada keamanan internet di rumah.

Jika hacker berhasil membobol internet di rumah, maka dengan mudah pula ia mengakses data pribadi yang terdapat dikomputer, laptop, smartphone bahkan perangkat lainnya.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus mengubah kata sandi bawaan (password default) internet rumah yang digunakan. Dengan begitu, hacker tidak mudah meretas jaringan internet rumah.

3. Jangan Sembarangan Mengunduh Software

Ketika mengunduh pemindai anti-virus atau software jenis lain di website, pastikan website tersebut terpercaya. Jika tidak, sangat besar kemungkinan software itu akan berbahaya bagi komputer atau perangkat Anda.

Untuk mencegahnya, salah satu cara yaitu uncheck atau jangan centang semua fitur tambahan yang biasanya disertakan secara dafault ketika software akan dipasang. Hal ini bisa mengurangi risiko yang ditimbulkan jika ternyata yang Anda unduh adalah software berbahaya.

4. Periksa Email yang Mencurigakan

Email yang dikirimkan oleh orang tak kenal kadang bisa mengancam keamanan akun. Para hacker biasanya melampirkan file, yang jika diunduh akan melakukan proses enkripsi pada komputer kamu.

File yang harus diwaspadai adalah .exe dan .bat, tapi tidak menutup kemungkinan tipe yang lain seperti PDF, juga bisa berbahaya. Cara terbaik ketika kamu menerima email yang mencurigakan adalah menghapusnya atan menandai sebagai spam.

Dengan menerapkan tips di atas, setidaknya akun kamu terjamin keamanannya, sehingga data pribadi pun tidak mudah dibobol. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan bermanfaat ya.



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Nah bener nih. Jangan sembarangan install aplikasi. Artikel yg bagus. Ini kayak kejadian film Korea Unlocked tuh. Reviewnya sudah kubahas juga di blogku. Kapan2 main d blogku ya. Thankyou

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggungjawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya. Terima kasih!

Biro Perjalanan Wisata Bali