Macam-macam Hama dalam Rumah dan Cara Mencegahnya Datang



Pest Control, Pembasmi Hama, Pengendalian Hama


Hama adalah sekumpulan hewan atau serangga, yang bisa memberikan dampak buruk bagi kehidupan manusia. Terlebih, jika hama berada di dalam rumah, sudah pasti akan merugikan, bahkan mengancam kesehatan para penghuninya.

Umumnya, macam-macam hama muncul sebagai pengganggu tanaman di area pertanian. Namun, tak sedikit macam-macam hama tersebut sering muncul di dalam rumah, sehingga membuat lingkungan kotor dan tidak sehat.

Macam-macam Hama dalam Rumah dan Cara Pencegahannya

Setidaknya, ada lima macam hama yang sering muncul di dalam rumah dan dengan segera harus dicegah kedaang?j*duiii, antara lain:

1. Tikus (Rat)

Dijuluki sebagai hewan pengerat, keberadaan tikus di dalam rumah dirasa sangat mengganggu. Bagaimana tidak? Sekelompok tikus biasanya hidup di dalam selokan yang kotor dan penuh dengan kuman.

Hama Tikus

Selain itu, tikus yang masuk ke dalam rumah, kerap kali merusak perabot, seperti lemari, hingga kabel-kabel listrik. Hal ini tentu saja mengundang bahaya konsleting listrik.

Cara mencegah masuknya tikus ke dalam rumah yaitu dengan menutup semua lubang yang memungkinkan dijadikan jalan masuk tikus, seperti saluran pembuangan air baik di kamar mandi maupun wastafel, pintu, jendela, asbes yang rusak hingga lubang angin.

Selalu bersihkan juga sisa makanan saat mencuci piring di wastafel, hindari membuang sisa makanan ke dalam lubang, karena itu bisa mengundang tikus naik ke wastafel.

2. Kecoa (Cockroach)

Kecoa menjadi salah satu hama dalam rumah yang harus dibasmi keberadaannya. Biasanya, kecoa muncul dari celah-celah pintu kamar mandi, saluran air, lubang angin, bahkan dari dalam toilet.

Kemunculan kecoa pun terkadang ditandai dengan adanya aroma tidak sedap. Sebagai serangga terbang, kecoa juga sering hinggap pada perabotan, peralatan dapur hingga makanan. Itu sebabnya, kecoa dapat menjadi sarang penyakit.

Untuk mencegah kedatangan kecoa, kamu harus menutup celah-celah yang memungkinkan sebagai jalur masuk kecoa dan menjaga kelembapan suhu ruangan, sebab kecoa menyukai tempat-tempat cukup lembap.

3. Rayap (Termite)

Hama meresahkan dalam rumah selanjutnya adalah rayap. Termasuk ke dalam jenis serangga yang sering pula disebut semut putih ini, rayap sangat sering ditemukan dibagian dalam kayu yang lembap.

Namun begitu, rayap juga terkadang muncul dalam rumah sebagai hama yang merusak furnitur berbahan kayu maupun struktur bangunan kayu. Akibatnya, kayu akan mudah rapuh dan keropos.

Salah satu cara mencegah rayap muncul yakni dengan rutin membersihkannya atau menyemprotkan dengan obat anti rayap. Intinya, pastikan untuk selalu menjaga kelembapan ruangan, supaya rayap enggan muncul.

4. Nyamuk (Mosquito)

Selanjutnya ada nyamuk yang ternyata bisa menjadi hama dalam rumah yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Sebagaimana yang kita tahu, gigitan nyamul dapat menyebabkan gatal-gatal hingga bintik-bintik merah pada kulit.

Hama Nyamuk

Selain itu, nyamuk merupakan serangga penyebab utama penyakit malaria, yang dapat membawa kematian. Oleh karenanya, rutin membersihkan air dalam tempat penampungan, sebab dari situlah nyamuk berkembang biak.

Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, pastikan tidak ada genangan air di lingkungan rumah. Atau dapat dicegah pula dengan rutin memberikan obat pembunuh jentik nyamuk.

5. Semut (Ant)

'Ada gula, ada semut', pepatah ini sangat cocok menggambarkan hama semut yang sangat menyukai makanan manis. Apabila ada sedikit saja sisa makanan yang jatuh ke lantai atau di atas meja, maka kawanan semut akan segera datang dan mengerumuni sisa manakan tersebut.

Bahkan tidak hanya itu, semut juga sering kali mengerumuni serangga atau biantang yang sudah mati, karena semut menganggapnya makanan besar yang lezat.

Untuk mencegah kawanan semut muncul, hindari atau bersihkan segera sisa makanan yang jatuh. Jangan membiarkan makanan begitu saja, sebaiknya amankan di dalam kulkas atau melakukan trik 'merambang', yakni memberikan air dalam piring kosong dan meletakkan makanan di atasnya.

Kelima hama dalam rumah di atas mungkin akan muncul kembali dalam waktu yang tidak tentu. Selain rutin melakukan pembersihan dalam dan luar rumah, kamu juga bisa menggunakan jasa Pest Control.

AAG Pest Control


Salah satu jasa pembasmi hama terbaik adalah AAG Pest Control. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengendalian hama ini telah dikelola dan dioperasikan oleh tenaga profesional dan berpengalaman sejak 2002. Beralamat di Wisma PEDE 5th Floor, Jl. Let. Jend. MT. Haryono Kav. 17, Jakarta Selatan 12810, AAG Pest Control telah memiliki beberapa sertifikat nasional dan internasional sebagai jasa pengendalian hama terbaik dengan layanan unggulan.

AAG Pembasmi Hama
AAG Pest Control
Pimpinan dan Staff AAG Pest Control

AAG Pest Control telah mengembangkan program perawatan paling efektif dengan teknologi pembasmi hama yang sesuai. Memiliki staf ahli yang mendapatkan pelatihan terbaik dan berpengetahuan sesuai industri.

Bagi kamu yang memiliki masalah terhadap hama pengganggu dalam rumah, semoga bisa segera teratasi dan tidak ada lagi hama yang kembali. Semoga bermanfaat!



Posting Komentar

2 Komentar

  1. satu lagi, cicak mbak huhu.. paling tersebel kalau liat cicak nih, mana aku gak berani pula hehe.. hama banget, mulai dari kotorannya yang nempel kemana-mana, belum lagi ngincernya makanan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, iya ya.. Lupa. Padahal pelihara juga di rumah, wkwk..

      Hapus

Haii! Berkomentarlah dengan bijak dan relevan ya. Silakan baca artikel lainnya dan tinggalkan jejakmu. Terima kasih, sampai jumpa!