4 Cara Menabung dengan Metode Kakeibo ala Orang Jepang



Cara Menabung


Cara menabung ternyata bukan hanya save your money ke dalam celengan. Akan tetapi, menabung juga memerlukan teknik yang pas dan konsisten dijalani, agar tabungan cepat terkumpul.

Menurut Dyah Lestari Agustini yang merupakan seorang perencana keuangan, cara menabung yang tepat adalah dengan menggunakan teknik menabung ala orang Jepang yang dikenal dengan istilah Kakeibo, yang artinya catatan keuangan rumah tangga, di mana cara menabung ini akan mengutamakan perencanaan sekaligus pencatatan keuangan dalam rumah tangga.

Cara menabung dengan metode Kakeibo ternyata sangat mudah, karena hanya membutuhkan kertas dan pena saja. Intinya, segala bentuk pemasukan dan pengeluaran akan dicatat secara manual.

Saya jadi ingat salah satu adegan dalam serial kartun Doraemon, di mana Ibu beberapa kali terlihat mencatat keuangannya pada kertas atau buku. Walau kadang sedikit mengeluh karena pengeluaran yang membengkak, tapi pernah juga Ibu sangat bahagia dikala ia bisa berhemat besar-besaran, hehe..

Tapi, cara menabung dengan metode Kakeibo ini dipercaya bisa menghemat pengeluaran sampai 25 persen, lho. Mau tahu bagaimana cara menabung ala orang Jepang ini? Baca artikel ini sampai habis yaa..

Cara Menabung dengan Metode Kakeibo

Selama ini, beberapa orang mungkin meremehkan hal-hal kecil seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran. Padahal jika dihiting-hiting, akan ada manfaat yang luar biasa.

Jadi, yuk ikuti cara menabung dengan metode Kakeibo berikut ini:

1. Mencatat Semua Pemasukan

Memcatat Pemasukan

Saat awal bulan kamu harus mencatat semua pemasukan, baik dari pendapatan rutin bulanan seperti gaji maupun pendapatan tambahan.

2. Menyisihkan Sejumlah Uang

Sebelum mengalokasikan pemasukan untuk beberapa pengeluaran, baiknya kamu langsung menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung.

Berapa pun jumlahnya, yang jelas, uang tersebut harus rutin dan konsisten dikumpulkan setiap bulannya.

3. Membagi Sejumlah Uang yang Tersisa

Setelah menyisihkan pemasukan untuk ditabung, langkah selanjutnya adalah membagi sisa uang untuk kebutuhan pengeluaran.

Dalam metode Kakeibo, terdapat empat kategori pengeluaran, yakni:

- Survival, termasuk semua kebutuhan pokok seperti biaya untuk makan kebutuhan harian, segala tagihan dan kewajiban yang lain.

- Optional, merupakan kebutuhan sekunder seperti hiburan, kegiatan di luar, dan lain-lain.

- Culture, adalah kebutuhan untuk menambah wawasan seperti membeli buku, menonton film, dan sebagainya.

- Extra, pengeluaran ini termasuk membeli kado, berkabung, bersedekah, dan lain-lain.

Susunlah kategori di atas sesuai urutan prioritas ya.

4. Hindari Belanja Berlebihan

Belanja Online

Poin terakhir, biasanya terjadi secara tak terduga, misalnya saja godaan untuk belanja online ditanggal cantik setiap bulannya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kamu kontrol dengan mengingat kembali tujuan jangka menengah dan jangka panjang dari sejumlah uang yang berhasil disisihkan.

Cara menabung dengan metode Kakeibo ala warga Jepang ini cukup mudah diikuti, bukan? Kamu hanya perlu mengingat setiap tujuan awalnya saja agar kamu dengan senang hati menerapkannya dan tidak mudah tergoda dengan hal yang tidak begitu penting. Selamat menabung!



Posting Komentar

0 Komentar