Manfaat Membangun Ikatan Emosional Orang Tua dan Anak, Salah Satunya Menjaga Sistem Imun!



Manfaat Membangun Ikatan Emosional Orang Tua dan Anak, Salah Satunya Menjaga Sistem Imun!


Ikatan emosional antara orang tua dan anak merupakan hal terpenting yang harus dijaga. Bahkan, ketika anak baru lahir, kedekatan secara emosional keduanya akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Ikatan emosional yang terjalin sejak dini, ternyata memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Seperti apa manfaat yang dimaksud? Baca artikel ini sampai habis ya..

Manfaat Membangun Ikatan Emosional Orang Tua dan Anak

Agar anak tumbuh optimal, bukan hanya nutrisi hariannya saja yang harus dipenuhi. Akan tetapi, penting juga membangun ikatan emosional terhadap anak, yang bisa diterapkan sejak usia dini.

Bagaimanakah cara menjalin kedekatan tersebut? Orang tua dapat lebih intens melakukan kontak mata bersama si kecil melalui percakapan maupun memberikan pelukan hangat.

Selain itu, berikut manfaat menjalin ikatan emosional orang tua dan anak, yakni:

1. Membantu Mengoptimalkan Perkembangan Otak Anak

Sebuah penelitian mengungkap bahwa, bayi yang baru lahir memiliki seratus juta sel lebih dalam otaknya. Akan tetapi, sel-sel tersebut masih belum terhubung dan berfungsi secara sempurna.

Meski begitu, sel-sel tersebut secara perlahan akan semakin matang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Namun, proses perkembangan sel ini dapat dipercepat dengan cara menjalin interaksi melalui ikatan emosional yang kuat kepada anak.

Kontak yang terjadi khususnya antara ibu dan bayi, akan memicu munculnya hormon oksitosin, di mana perasaan ini akan menenangkan sekalgus memberikan kebahagiaan.

Kondisi semacam ini pun membuat semakin stabilnya denyut jantung bayi, sehingga peredaran oksigen dan sari makanan dalam darah dapat tersebar secara baik ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak yang akan berkembang secara optimal.

2. Mampu Meningkatkan Kinerja Sistem Imun Anak

Ikatan emosional yang terjalin, terlebih saat bayi menyusu pada sang Ibu, akan menimbulkan perasaan yang nyaman. Hal ini pun akan menyebabkan sistem imun pada anak akan berfungsi dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ASI memiliki segudang vitamin, mineral serta zat antibodi yang memang dibutuhkan oleh bayi pada tahap awal pertumbuhannya. Selain itu, sang Ibu pun harus menjaga asupannya, agar kualitas ASI semakin baik pula.

3. Mampu Membantu Bayi Mencapai Berat Badan yang Ideal

Menurut studi di Neonatal Network, interaksi Ibu dan anak melalui sentuhan dan pelukan, akan membantu bayi mencapai berat badan yang ideal sesuai dengan tahapan usianya.

Sederhananya,anak cukup menerima perasaan hangat yang disampaikan melalui sentuhan dan pelukan orang tua. Sementara energi alami yang dihasilkan dari tubuh anak, dapat digunakan untuk proses tumbuh kembangnya.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Rasa percaya diri anak mungkin bisa tumbuh seiring dengan bertambahnya usia, termasuk dalam pergaulannya kelak. Namun ternyata, ikatan emosional yang kuat juga mampu memupuk rasa percaya diri anak sejak dini.

Ini berarti, anak akan percaya kepada sosok orang tuanya disegala situasi. Keyakinan yang tumbuh sejak dini inilah yang harus dibangun pada wal pertumbuhan anak.

Selain itu, orang tua akan dengan mudah merawat mendampingi sekaligus menikmati setiap tumbuh kembang anak.

Itulah tadi keempat manfaat membangun ikatan emosional orang tua dan anak. Selalu dampingi anak disaat-saat terbaik menuju tumbuh kembang yang sempurna. Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar