Tips Memilih Baja Ringan dan Inovasinya untuk Interior Ruangan



Tips Memilih Baja Ringan dan Inovasinya untuk Interior Ruangan

Memilih baja ringan yang tepat, bisa jadi hanya diketahui oleh sebagian orang saja. Bukan hanya itu, kualitas baja ringan juga harus diketahui dengan baik. Material baja ringan saat ini memang semakin populer untuk memperkokoh bangunan. Seperti menjadikannya material pada dinding bangunan dana atap.

FYI, memilih baja ringan yang tepat, harus sesuai dengan jenis dan bahan pada pelapisnya. Sebut saja, Galvalum, baja ringan yang bermaterial 55% alumunium, 1,5% silicon dan 43,5% zinc sebagai bahan pelapisnya. Kekuatannya pun terbukti 4 kali anti karat.

Tips Memilih Baja Ringan

Ada dua poin penting saat memilih baja ringan yang tepat, antara lain:

1. Baja Ringan plus Pelindung Karat

Memilih baja ringan dengan pelindung karat yang minimum mengandung Alumunium Zinc (AZ) 100gr/m² yang mampu mencegah karat 4 kali lebih baik.

Selain itu, ketahanan baja ringan dari karat akan semakin baik pula karena ketebalan masa pelindungnya. Sehingga, masa pakainya pun lebih tahan lama, bahkan dapat mencapai 10 - 40 tahun.

Memilih baja ringan yang tepat juga harus disesuaikan dengan lokasi serta fungsi dari bangunannya. Jika berada pada area dekat bibir pantai, maka diperlukan penggunaan baja ringan dengan masa lapisan lebih kurang AZ150.

Sementara itu, untuk bangunan dengan kondisi yang normal, baik dari segi cuaca atau kelembapan, maka diperlukan penggunaan baja ringan dengan masa lapisan kurang lebih AZ100.

Untuk mengetahui masa lapisan pelindung baja ringan, kamu bisa mengeceknya dalam kode printing pada produk.

2. Baja Ringan dan Ketebalannya

Setelah memastikan masa pelindung yang sesuai, memperhatikan ketebalan saat memilih baja ringan dan pastinya rekomendasi Internasional dan ber-SNI juga sangat penting.

Seperti Truss, jenis baja ringan ini memiliki beragam pilihan yang dapat disesuaikan kegunaannya. Sebagai contoh, Galvalum Kanal C, S atau W, Hollow Galvalum dan Reng Galvalum.

Umumnya, Galvalum Hollow digunakan sebagai interior (partisi/plafon). Sedangkan, Reng Galvalum dan Galvalum Kanal C, sering digunakan untuk struktur atap bangunan.

Keunggulan Material Baja Ringan

Material baja ringan pasti dipilih karena memiliki keunggulan. Keunggulan seperti apa? Simak poin-poin berikut ini:

1. Ringan

Sesuai namanya, baja ringan memiliki bobot yang ringan, namun tidak mengurangi kekuatan tariknya.

2. Kuat

Walaupun terbilang ringan, baja ringan memiliki kekuatan cukup tangguh dibandingkan konstruksi konvensional.

Hal ini diperkuat dengan baja ringan yang mampu menahan deformasi lebih besar, namun tidak mengakibatkan keruntuhan beban tarik disepanjang proses konstruksi, fabrikasi mau pun transportasi.

Baja ringan bahkan sanggup menerima beban kejut, geser dan kelenturan. Oleh sebab itu, bentuknya pun lebih fleksibel.

3. Konsisten

Baja ringan merupakan produksi pabrik. Maka dari itu, bentuk dan tingginya akan lebih konsisten dan berkualitas.

4. Anti Keropos dan Anti Karat

Baja ringan juga dikenal awet dan anti keropos. Jadi, nggak perlu lelah cari cara membasmi rayap. Perawatan dan pemeliharaan baja ringan pun terbilang cukup mudah dan lebih hemat daripada jenis baja lainnya.

Selain itu, material baja ringan juga anti karat, walaupun berbahan dasar metal. Hal tersebut membuat baja ringan mudah didaur ulang dan digunakan kembali.

5. Menghemat Waktu

Bobotnya yang ringan, presisi dan konsisten, membuat baja ringan mudah dipasang, sehingga lebih menghemat waktu. Proses penyambungannya pun cukup mudah, sebab hanya membutuhkan keling, baut, atau dilas saja.

Penggunaan Baja Ringan untuk Interior Ruangan dan Pilihan Warna yang Tepat

Baja ringan bukan hanya dapat diaplikasikan untuk rangka atau penutup atap bangunan saja. Namun, juga dapat digunakan sebagai partisi dinding rumah, lho.

Memilih baja ringan sebagai inovasi interior ruangan, bisa jadi ide menarik untuk memberikan karakter kuat pada ruangan.

Penasaran, seperti apa ya pilihan warna yang tepat untuk interior ruangan menggunakan baja ringan yang cocok diaplikasikan pada kitchen counter, dinding, ornamen interior, mezanine, dan sebagainya ini? Berikut rekomendasi terbaik dari BlueScope Zacs.

1. BlueScope Zacs Cool

Tips Memilih Baja Ringan, Baja Ringan, BlueScope Zacs Cool
BlueScope Zacs Cool Warna Merah Carita

Ingin memberikan kesan maskulin untuk interior rumah kamu? Pilihan BlueScope Zacs Cool berikan aksen maskulin dengan desain industrial pada rumahmu. Bersama pilihan warna yang trendy untuk suasana hangat yang hemat energi, tahan lama dan selalu sedap dipandang.

Terdapat pilihan warna coklat jati, hijau borneo, merah merapi, merah carita dan biru bromo.

2. BlueScope Zacs Natural

Tips Memilih Baja Ringan, Baja Ringan, BlueScope Zacs Natural
BlueScope Zacs Natural Warna Merah Gaharu

Bagi kamu yang senang dengan hal-hal berbau alam, BlueScope Zacs Natural bisa jadi pilihan tepat, nih. Pilihan warna-warna minimalis yang modern serta tekstur kulit jeruknya membuatnya terlihat unik dan pastinya awet.

Terdapat pilihan warna hitam rokan, hijau rasamala, coklat amara dan merah gaharu.

Alasan Memilih Baja Ringan dari BlueScope Zacs

Sebagaimana pada pembahasan di atas, material baja ringan memiliki banyak keunggulan dan memiliki fungsi beragam dalam pengaplikasiannya. Untuk itu, pilihan material baja ringan dari BlueScope Zacs merupakan langkah tepat untuk konsep rumah industrial kamu, agar bangunan lebih kuat, awet dan menarik.

Baja ringan BlueScope Zacs, diproduksi menggunakan teknologi Australia serta dirancang dengan presisi yang berstandar Internasional. Hal ini tentu saja akan menambah nilai kekuatan dan investasi bangunan.

Jadi, jangan asal memilih baja ringan sebagai material bangunan rumah kamu. Pilih yang tahan lama, berkualitas dan tentu saja sesuai SNI.

Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat  sekaligus menginspirasi kamu. Sampai jumpaa..




Posting Komentar

0 Komentar