Belajar Bisnis Online untuk Pemula, Dijamin Efektif!



Belajar Bisnis Online untuk Pemula, Dijamin Efektif!


Belajar bisnis online bisa jadi pilihan awal untuk kamu pebisnis pemula yang  ingin memulai usaha online di masa pandemi seperti ini. Belajar bisnis online, dengan cara yang tepat, bisa menjadi langkah awal untuk menjadi pengusaha sukses ke depannya.

Belajar bisnis online zaman sekarang mungkin memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena, pasti akan banyak persaingan. Selain itu, kemajuan teknologi yang semakin canggih pun harus dapat kita pahami cara kerjanya, supaya tidak tertinggal.

Belajar Bisnis Online untuk Pemula, Dijamin Efektif!

Butuh kesabaran memang dalam menjalani segala jenis bisnis. Jatuh bangun yang pasti dirasakan, jangan jadikan alasan untuk lantas menyerah. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan atau hal lain yang berdampak buruk bagi bisnis kamu, simak yuk cara belajar bisnis online untuk pemula dengan tepat berikut ini, catat yaa..

1. Ketahui Masalah Pasar

Hal pertama yang harus dipelajari sebelum memulai bisnis online adalah ketahui masalah pasar. Karena, dengan mengetahui hal ini, kamu bisa menentukan harus seperti apa berstrategi ke depannya. Produk yang dijual juga merupakan hal utama yang sangat vital dalam sebuah bisnis. Dalam hal ini, kamu bisa melihat situasi pasar, seperti apa minat para konsumen.

2. Riset Pasar

Rampung memilih masalah pasar, selanjutnya adalah riset pasar. Melalui cara inilah, kamu dapat menemukan ide berbisnis seperti apa yang cocok dijalankan.

Belajar bisnis online sama halnya dengan membangun fondasi bisnis online supaya kuat dan memiliki karakter. Bukan sekadar mengumpulkan data-data berupa asumsi atau opini.

3. Menganalisis Kompetitor

Mempelajari kelebihan dan kekurangan kompetitor adalah termasuk hal terpenting dalam belajar bisnis. Mulai dari bagaimana cara mereka dalam mendekati konsumen sampai hal-hal kecil yang terlewat oleh mereka.

Ini merupakan peluang kamu untuk memulai bisnis online dengan cara yang bisa jadi cukup sempurna, karena berhasil menilik kompetitor.

4. Tentukan Model Bisnis

Menentukan model bisnis seperti apa yang akan kamu pilih, bisa jadi awal dari suksesnya perjalanan bisnis online. Mencari model bisnis yang sekiranya memiliki keuntungan cukup banyak.

Riset pasar tadi juga sangat erat hubungannya dengan poin ini, karena walaupun produk yang dijual sama persis, tapi bagaimana cara menjualnyalah yang membedakan.

5. Menentukan Target Pasar

Langkah-langkah riset di atas sudah terlaksana, sekarang saatnya kamu menentukan target pasar sesuai dengan produk yang akan dipasarkan.

Dalam poin ini, kamu memungkinkan akan menemukan sekumpulan orang dengan karakteristik yang tidak berbeda yang nantinya akan tertarik dan membeli produk kamu. Karena setiap produk memiliki keunikannya tersendiri.

Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah menyusun strategi secara detail hingga tak ada yang terlewatkan.

6. Cari Tahu Produk yang Dapat Dijual Online

Mungkin kamu menerka-nerka, produk apa saja yang bisa dipasarkan secara online? Nah, pasarkan saja apa yang menjadi minat atau kebutuhan konsumen. Data riset yang kamu buat di awal akan sangat berguna pada poin ini.

Lantas, jenis barang apa saja yang bisa dipasarkan secara online, ya?

Yang pertama ada produk fisik atau digital, seperti handphone, snack, alat-alat kesehatan, produk hand-made, hingga furniture. Selanjutnya adalah jasa pemesanan tiket, pengiriman barang hingga layanan online lainnya.

Apapun barang yang hendak dipasarkan, produknya harus terlihat unik dari kompetitor.

Yups, itulah tadi keenam poin belajar bisnis online untuk pemula yang dijamin efektif. Semoga bisa diterapkan dengan baik ya. Silakan berbagi jika bermanfaat. Sampai jumpaa..








Posting Komentar

1 Komentar

  1. ketahui masalah pasar dan mencari pangsa Pasar yang tepat inilah yang sebenarnya menjadi tantangan terbesar bagi saya mba Rizky, panjang prosesnya.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.