Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Wawancara Kerja



Tips wawancara kerja, persiapkan diri sebelum wawancara kerja



Mempersiapkan segala hal sebelum interview kerja atau wawancara kerja, sering kali menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para pelamar kerja. Karena memang, hal ini merupakan hal pertama yang harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Bukan tanpa sebab, mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja bertujuan agar kamu terkesan lebih santai dan tidak terlihat terlalu gugup dihadapan tim HRD. Sebagian orang mungkin berpikir, kalau wawancara kerja itu sulit, padahal sebenarnya mereka hanya terlalu gugup, bahkan terkesan kaku, bukan hanya saat bertemu HRD, namun juga saat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Nah, tentunya kamu tidak ingin berada dalam situasi mencekam seperti inikan? Oleh karenanya, berikut terdapat 4 tips mempersiapan diri sebelum melakukan wawancara kerja yang wajib kamu catat. Jangan di skip, baca sampai habis yaa..

Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Wawancara Kerja

Beberapa hal penting untuk mempesiapkan diri sebelum menghadapi wawancara kerja berikut semoga bisa kamu terapkan ya, antara lain:

1. Pentingnya Membangun Kesan Pertama

Kesan pertama saat bertemu dengan pewawancara merupakan hal terpenting. Untuk itu, perhatikan kembali kerapian pakaianmu, rambut, kebersihan sepatu, memakai wewangian yang tidak terlalu semerbak wanginya.

Hal ini secara tidak langsung, akan memperlihatkan keseriusan kamu terhadap pekerjaan yang dilamar. Karena penampilan bisa jadi daya tarik tersendiri, dan tentunya berperan besar untuk menentukan karakter seseorang.

2. Deskripsikan Tentang Diri

Biasanya pada awal pertemuan, pewawancara akan menanyakan terlebih dahulu tentang siapa diri kamu. Ini merupakan peluang utama yang dapat memberikan gambaran penting kepada pewawancara terhadap kepribadianmu. Deskripsikan diri secara singkat namun tetap berbobot. Kamu bisa memulai dengan memperkenalkan diri, kemudian menceritakan tentang kegemaran sampai beberapa pengalaman kerjamu.

3. Menyebutkan Kelemahanmu

Perlu diperhatikan saat muncul pertanyaan seputar kelemahan diri. Jujur itu memang baik, tapi arahkan kejujuranmu untuk menceritakan kelemahanmu dari sudut pandang yang kuat. Kuncinya adalah menghargai kelemahan yang kamu miliki. Dari situlah pewawancara akan melihat bahkan dapat menentukan keberhasilan kamu ke depannya.

4. Merefleksikan Pengalaman Kerja Sebelumnya

Persiapan terakhir adalah, teliti secara ekstensif terhadap pengalaman kerja sebelumnya. Ceritakan seputar karirmu diperusahaan lain, sekaligus mengumpulkan opinimu terkait pekerjaan yang telah dilakukan, sehingga kamu bisa berada pada posisi ini. Sekalipun kamu adalah fresh graduate, ceritakan saja berbagai pembelajaran saat mengenyam bangku perkuliahan.

Karena sejatinya, tanpa pengalaman kerja yang telah kamu jalani, tidak akan ada kamu yang saat ini, yang terus berjuang agar menjadi seseorang yang lebih baik lagi di masa datang. Bukan begitu?

Setelah mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja sudah kamu kuasai, maka kamu juga harus mengetahui seputar pertanyaan-pertanyaan umum saat wawancara kerja, sekaligus mengetahui cara tepat menjawab pertanyaannya. Misalnya saja, kenapa perusahaan harus memilih kamu untuk mengisi posisi tersebut, atau kontribusi apa yang akan kamu berikan kepada perusahaan, dan sebagainya.

Dengan begitu, segala persiapan sesaat sebelum melakukan wawancara hingga saat wawancara pun dapat terlaksana dengan baik, dan kamu bisa segera dihubungi kembali untuk segera bekerja. Kuncinya santai, namun tetap terlihat profesional ya, walaupun kamu masih terbilang pemula, tapi yakinkan bahwa kamu ada kandidat terbaik yang perusahaan cari.

Yups, itulah tadi 4 tips mempersiapkan diri sebelum wawancara kerja. Untuk tahu seputar apa saja pertanyaan dan bagaimana jawaban saat wawancara kerja, kamu bisa baca di https://blog.skillacademy.com/pertanyaan-interview-kerja-dan-cara-menjawabnya, supaya lebih yakin dan percaya diri.

Buat kamu para pencari kerja, tetap semangat yaa.. Dan semoga bisa segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu. Jangan lupa berbagi artikel bermanfaat ini ke media sosial ya. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

0 Komentar