Tips Mudik Naik Bus? Baca Dulu 7 Hal Penting Ini!



Tips Mudik Naik Bus


Mudik naik bus sebagai transportasi jalur darat, pastinya memiliki pesonanya sendiri ya. Duduk dalam satu bus bersama pemudik lain, melewati berbagai kota menikmati pemandangan, tentu akan memberikan pengalaman mengasyikkan. Seperti coba naik bus dari Jakarta ke Solo, sepanjang perjalanan, kamu juga bisa melihat gemerlapnya lampu kota.

Mudik naik bus zaman sekarang sudah nggak seribet dulu, lho. Karena, semakin mudah dan praktis bahkan nggak perlu mengantri diloket. Ada beberapa hal lagi nih yang harus kamu perhatikan sebelum mudik naik bus. Simak yaa..

Tips Mudik Naik Bus? Baca Dulu 7 Hal Penting Ini!

Apabila kamu ingin mudik dengan mencoba naik bus dari Jakarta ke Solo, pastikan persiapan kamu sudah matang agar lebih nyaman menikmati perjalanan. Beberapa panduan di bawah ini, bisa kamu ikuti atau dijadikan checklist saat merencanakan perjalanan mudik!

1. Beli Tiket Praktis via Aplikasi Online

Tips paling penting yang harus kamu coba yaitu membeli tiket bus melalui aplikasi online. Selain bisa terhindar dari calo atau agen ilegal yang menjual tiket dengan harga mahal, memesan tiket perjalanan via aplikasi online seperti Traveloka juga lebih praktis dan banyak untungnya, lho. Yap, betul! Ada voucher potongan harga yang bisa kamu gunakan sehingga harga tiket jauh lebih murah dibanding pembelian on the spot.

Sistem pembayarannya juga sangat simple, kamu bisa menggunakan transfer bank atau paylater. Setelah tiket pesanan kamu berhasil dikonfirmasi, jangan lupa simpan bukti e-ticket untuk ditunjukkan pada kernet atau sopir bus sebelum perjalanan mudik dimulai. Gampang, kan?

2. Pastikan Destinasi Telah Sesuai

Rumah orang tua merupakan tujuan mudik paling istimewa. Tapi, kamu nggak lupa kan kalau di Solo juga banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga?

Pertama, ada Museum Batik Danar Hadi yang terkenal. Nah, buat menambah wawasan tentang ilmu sejarah, kamu bisa mampir ke tempat wisata bersejarah Keraton Surakarta Hadiningrat. Jangan lupa juga cicipi serabi khas Kota Solo yang terkenal, yakni Serabi Notosuman. Pastinya kamu nggak akan pulang ke Jakarta tanpa buah tangan istimewa, kan? Yuk, mampir ke Pasar Gede dan Pasar Klewer yang menjual aneka jenis batik dan oleh-oleh lainnya.

3. Perhatikan Jumlah Bawaan

Sudah yakin mau mudik saat libur Lebaran tahun ini? Ingat, masukkan barang bawaan ke dalam dua atau tiga tas agar perjalanan mudik ke Solo dengan bus tidak terasa melelahkan. Di samping itu, perhatikan jumlah barang bawaan pada masing-masing tas. Usahakan tidak membawa barang terlalu banyak.

Bawalah baju ganti secukupnya, peralatan mandi berukuran kecil atau travel size, gadget dan dompet, parfum supaya tetap wangi di sepanjang perjalanan, obat-obatan, uang pecahan Rp2.000 atau Rp5.000 untuk persiapan singgah di toilet, dan payung kecil. Sedia payung sebelum hujan itu penting, lho!

4. Datang ke Terminal Lebih Awal

Setelah membeli tiket bus, langsung catat waktu keberangkatan dan buat pengingat di handphone supaya kamu nggak ditinggal rombongan atau terlambat karena terjebak macet selama di perjalanan menuju terminal. Duh, malu banget kan kalau ditungguin penumpang lain karena kamu terlambat.

Tips paling aman, mau nggak mau berangkat lebih awal ke terminal, setidaknya 60-90 menit sebelum waktu keberangkatan bus.

5. Siapkan Bekal Makanan

Mau irit selama perjalanan mudik dengan bus dari Jakarta ke Solo? Cukup bawa bekal makanan secukupnya dan simpan di wadah yang tertutup rapat agar aromanya nggak mengganggu penumpang lain atau makanan yang kamu siapkan tumpah karena ditutup dengan asal.

Dengan estimasi perjalanan 12 jam, perut sudah pasti akan keroncongan dan mood berubah jadi berantakan kalau kamu kelaparan dan lupa bawa stok makanan. Supaya hal itu nggak terjadi, sempatkan mampir ke minimarket terdekat dan beli camilan favorit kamu juga ya!

6. Pastikan Kenyamanan

Kenyamanan adalah segala-galanya! Sudah terbayang kan, kalau mudik naik bus otomatis kamu akan melakukan perjalanan panjang hanya dengan duduk di kursi. Makan di kursi dan tidur pun di kursi. Jadi, ketika masuk bus, atur posisi barang bawaan kamu biar nggak mengganggu kenyamanan. Tas besar diletakan di atas, tas sedang di bawah kursi, dan tas kecil berisi dompet, gadget, juga obat-obat harus berada di atas pangkuan kamu.

Kalau mau lebih nyaman lagi, sebelum berangkat, pastikan kamu sudah men-download drama favorit untuk ditonton sepanjang perjalanan. Jika perlu, bawa bantal travel yang bisa dilipat kecil dan gunakan minyak aromaterapi dengan wangi menyegarkan untuk merilekskan badan serta pikiran.

7. Berdoa agar Selamat hingga Tujuan

Satu hal penting yang nggak boleh terlupakan saat kamu hendak berpergian ke mana pun lokasi dan tujuannya, apalagi kalau mau mudik keluar kota, yaitu berdoa. Ucapkan doa di dalam hati sesuai kepercayaan masing-masing agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lainnya. Doa yang tulus pasti akan menambah perasaan nyaman di hati dan membuat perjalanan terasa menyenangkan.
 
Bus bisa jadi salah satu pilihan transportasi yang nyaman untuk melakukan perjalanan mudik. Kamu juga nggak perlu sampai war tiket kalau mau mudik menggunakan bus ke Solo. Cukup booking sesuai waktu luang kamu aja. Namun, jangan mendadak ya supaya semua list di atas nggak ada yang terlewatkan!


Posting Komentar

0 Komentar

Promo Tour Bali Murah