Indra Penciuman dan Perasa Hilang? Begini Cara Mengembalikannya!



Indra Penciuman dan Perasa Hilang? Begini Cara Mengembalikannya!

Semenjak hadirnya pandemi corona, tidak sedikit yang kesulitan mencium dan menggunakan indra perasa secara normal. Cara mengembalikan indra penciuman dan perasa bisa dilakukan dengan beberapa cara. Jadi, kamu jangan dulu khawatir, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa solusi alternatif. Berikut rangkumannya untuk kamu!

Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa

Ketika indra penciuman tidak berfungsi dengan baik tentu timbul kekhawatiran. Namun, kamu jangan terlalu takut dan galau, karena terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan fungsinya. Simak informasi berikut ini!

1. Mengkonsumsi Makanan yang Memiliki Rasa Kuat

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa kuat. Mengapa demikian? Pasalnya, makanan jenis tersebut bisa menjadi stimulant untuk indra perasa agar bisa mengenali makanan yang dicicipi. Banyak makanan ataupun buah-buahan yang memiliki rasa kuat yang bisa dicoba.

Kamu bisa mencoba konsumsi makanan yang dimasak menggunakan bumbu dan herbal, seperti kayu manis. Selain itu, banyak jenis buah-buahan seperti halnya lemon, jeruk nipis yang memiliki rasa kuat. Semuanya patut untuk kamu coba. 

2. Mengutamakan Konsumsi Makanan Favorit

Selanjutnya, kamu bisa mengutamakan konsumsi makanan favorit. Hal ini tentunya menjadi salah satu cara yang akan kamu sukai. Konsumsi makanan favorit bisa meningkatkan selera makan. Secara perlahan, indra perasa bisa berfungsi secara normal.

Bagaimana jika makanan favoritnya tidak menyehatkan? Kamu bisa mengkonsumsinya secara berangsur-angsur. Namun, jika indra penciuman dan perasa tidak kunjung berfungsi, bisa berkonsultasi pada ahlinya yakni dokter. 

3. Lebih Sering Makan dengan Porsi Sedikit 

Cara lainnya yakni dengan lebih sering makan, tapi dengan porsi yang sedikit. Dengan cara ini, perlahan indra perasa bisa kembali. Meskipun, kamu merasakan mual, tapi porsi sedikit setidaknya harus bisa kamu makan.

Untuk jangka waktu makan, bisa 2 hingga 4 jam sekali. Prioritaskan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat hingga protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, bisa dilengkapi dengan camilan yang menyehatkan. 

4. Tingkatkan Konsumsi Air Mineral

Alternatif lainnya, kamu bisa mengkonsumsi air mineral dengan kuantitas yang lebih banyak. Cara ini menjadi salah satu langkah yang patut dicoba untuk bisa mengaktifkan kembali fungsi indra perasa. 

Teguklah beberapa gelas air mineral sebelum dan sesudah makan. Selain itu, hal ini bisa menghindari mulut kamu yang kering. Air mineral merupakan kebutuhan utama untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

5. Lebih Fokus Menggunakan Indra Lainnya

Cara mengembalikan indra penciuman dan perasa lainnya bisa dengan berfokus pada indra lainnya. Kamu bisa berfokus pada tekstur makanan/minuman yang dikonsumsi. Selain itu, berfokus pada indra penglihatan untuk melihat tampilan makanan. Cara ini menjadi salah satu alternatif untuk bisa menikmati makanan dengan cara yang berbeda.

6. Mengkonsumsi Bahan Alami yang Memiliki Rasa Asam

Kamu juga bisa mencoba untuk mengkonsumsi bahan alami yang memiliki rasa asam. Cara ini bisa meningkatkan produksi air ludah. Misalnya, bisa memilih buah lemon yang dikombinasikan dengan madu. Konsumsi secara teratur, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Nah, itulah beberapa cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang bisa dicoba. Hilangnya kedua indra tersebut, tentu membuat kamu tidak nyaman. Namun, jika usaha yang sudah kamu lakukan tidak kunjung berhasil, maka segeralah konsultasikan ke dokter. Kamu pun akan mendapatkan alternatif lain sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpaa..



Posting Komentar

2 Komentar

  1. tips yang bermanfaat disaat pandemi ini semoga kita semua sehat2 ya dan tidak hilang penciuman dan rasa

    BalasHapus
  2. kalau zaman sebelum corona, hilang indra penciuman udah biasa, karena kalau pilek kadang memang ga bisa cium aroma aroma.
    Nah pas pandemi hilang indra penciuman, dan aku test ternyata diagnosa positif.
    Beberapa hari kemudian udah normal. Alhasil isoman sebulanan

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa berkunjung kembali ya.